PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 23, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Rewel Adalah..

Rewel adalah sikap yang sering ditunjukkan oleh seseorang yang sangat cerewet, mengeluh atau sulit dipuaskan dengan hasil atau kondisi tertentu. Orang yang rewel bisa merasa tidak nyaman dengan lingkungannya karena merasa segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginannya.

Penjabaran Rewel Adalah

Rewel Adalah Kata yang Sering Dipergunakan dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa Artinya?

Rewel adalah salah satu kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang tahu apa arti dari kata rewel itu sendiri. Kata ini seringkali juga ditujukan pada seseorang yang terlihat cemberut dan sulit untuk diatur hatinya. Nah, dalam artikel SEO kali ini, kita akan membahas apa sebenarnya arti dari kata rewel.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rewel memiliki arti sebagai berikut:

1. Kepribadian yang peteng dan sulit diatur. Kepala keruh dan selalu merasa tidak puas.

2. Merupakan sikap yang terlalu banyak mengeluh dan mengkritik.

3. Sumber ketidaknyamanan atau kekhawatiran.

Kita sering mendengar kalimat “jangan rewel dong”, “jangan terlalu rewel”, atau “nggak bisa diatur nih, orangnya rewel banget”. Artinya, kata rewel seringkali dipakai untuk menyatakan bahwa seseorang memiliki kecenderungan untuk merasa tidak puas dan terlalu banyak mengeluh.

Kadang-kadang kata ini dianggap sebagai cela bagi seseorang, sehingga sebagian orang tidak terlalu menyukai kata tersebut. Namun, ada juga sebagian orang yang menganggap hal ini sebagai karakter manusia biasa dan seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, terkadang kata rewel juga dipakai untuk menggambarkan kondisi anak yang sedang sakit atau tidak merasa nyaman dengan situasi tertentu. Biasanya, pada kondisi-kondisi seperti ini, orang dewasa akan lebih bersikap sabar dan memahami, karena memang anak-anak cenderung menjadi rewel dalam situasi-situasi tertentu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kata rewel seringkali membawa konotasi negatif, seperti manusia yang susah diatur hatinya dan mudah mengeluh. Namun, kita juga harus memahami bahwa setiap orang memiliki sikap yang berbeda-beda dan kita harus saling menghargai perbedaan tersebut.

Akhir kata, kita harap artikel ini bisa memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang arti dari kata rewel. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar kata tersebut. Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk terus mengikuti artikel SEO kami yang berikutnya.

Soal dan Jawaban Terkait Rewel Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan Rewel?
a. Baik hati
b. Pemarah
c. Santai
d. Berpengetahuan luas

2. Rewel sering kali meluapkan emosinya dengan cara:
a. Memeluk
b. Menangis
c. Berbicara dengan halus
d. Mengomel

3. Rewel sering kali sulit untuk:
a. Menyatakan perasaannya
b. Menahan emosinya
c. Bersatu dengan lingkungan sekitar
d. Menyelesaikan masalah dengan cepat

Contoh jawaban:

1. b. Pemarah
2. d. Mengomel
3. a. Menyatakan perasaannya

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa rewel adalah suatu sikap yang dapat membawa dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mengendalikan emosi dan bersikap bijak dalam menghadapi situasi yang sulit. Dengan demikian, kita dapat menciptakan hubungan yang sehat dengan orang lain dan menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan menyenangkan.