PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Probable Adalah..

Probable Adalah merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang berarti “mungkin atau kemungkinan besar”. Dalam konteks kesehatan, probable adalah status seseorang yang diduga positif terinfeksi suatu penyakit berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan awal, tetapi belum ada hasil tes laboratorium yang memastikan diagnosis.

Penjelasan Lengkap Probable Adalah

Probable adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia medis untuk menjelaskan kemungkinan suatu penyakit atau kondisi. Istilah ini merujuk pada suatu kondisi atau penyakit yang belum dapat dipastikan secara pasti, namun diduga terjadi berdasarkan gejala atau tanda yang ditunjukkan oleh pasien.

Ketika seorang pasien masuk ke rumah sakit atau berobat ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan keluhan yang dialami pasien. Dari hasil pemeriksaan dan wawancara dengan pasien, dokter dapat menyimpulkan kemungkinan penyakit atau kondisi yang diidap oleh pasien.

Namun, untuk memastikan penyakit atau kondisi yang dialami pasien, dokter perlu melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti tes darah, tes urine, atau tes jenis pemeriksaan lainnya yang sesuai dengan kondisi atau penyakit yang diduga.

Jika hasil tes menyatakan positif, maka pasien dapat dinyatakan positif mengidap penyakit atau kondisi yang diduga sebelumnya. Namun, jika hasil tes masih negatif, maka kondisi pasien masih dianggap probable.

Contoh penggunaan istilah probable adalah ketika seseorang mengalami batuk, pilek, dan demam. Kemungkinan besar, orang tersebut mengidap flu. Namun, untuk memastikan bahwa orang tersebut benar-benar mengalami flu, dokter perlu melakukan tes untuk melihat apakah virus flu terdeteksi dalam tubuhnya.

Dalam dunia medis, istilah probable digunakan untuk menggambarkan kemungkinan suatu penyakit atau kondisi. Meskipun kondisi tersebut belum benar-benar terkonfirmasi, dokter dapat meresepkan obat atau memberikan saran untuk mencegah dugaan kondisi tersebut menjadi lebih parah dan memperburuk kesehatan pasien.

Jadi, istilah probable sangat penting dalam dunia medis karena membantu dokter dalam memberikan diagnosis, perawatan, dan tindakan medis yang tepat untuk pasien.

Soal dan Jawaban Terkait Probable Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Apa arti dari kata probable?
a. Mungkin
b. Pasti
c. Tidak mungkin
d. Tidak pasti

2. Apa kebalikan dari kata probable?
a. Mungkin
b. Tidak mungkin
c. Pasti
d. Tidak pasti

3. Apa sinonim dari kata probable?
a. Sudah pasti
b. Dipastikan
c. Kemungkinan
d. Tidak pasti

4. Sebuah kejadian memiliki probabilitas sebesar 0,7. Apa yang dapat dikatakan tentang kejadian tersebut?
a. Pasti terjadi
b. Tidak mungkin terjadi
c. Kemungkinan besar terjadi
d. Kemungkinan kecil terjadi

Jawaban:
1. a. Mungkin
2. b. Tidak mungkin
3. c. Kemungkinan
4. c. Kemungkinan besar terjadi. Probabilitas sebesar 0,7 menunjukkan bahwa kemungkinan kejadian tersebut terjadi cukup besar. Namun tidak bisa dipastikan bahwa kejadian tersebut benar-benar akan terjadi.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, terdapat banyak penjelasan tentang kata “probable”. Biasanya, kata ini dipakai untuk menyatakan kemungkinan atau estimasi yang tinggi. Namun, penggunaan kata tersebut tidak selalu bersifat pasti dan sering kali dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Meski begitu, penting bagi kita untuk tetap memerhatikan konteks penggunaan kata probable agar tidak membuat kesimpulan yang keliru.