PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 22, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Perilaku Terpuji Adalah..

Perilaku terpuji adalah tindakan atau sikap yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan norma sosial yang baik. Perilaku terpuji bisa berupa kejujuran, rasa empati, toleransi, serta sikap rendah hati dalam berinteraksi dengan orang lain.

Penjabaran Perilaku Terpuji Adalah

Perilaku Terpuji Adalah Tanpa Kedok

Perilaku terpuji adalah salah satu hal yang dicari oleh banyak orang. Namun, tak jarang orang melakukan perilaku terpuji dengan kedok atau tujuan tertentu. Apakah perilaku terpuji yang seperti itu masih bisa dianggap sebagai perilaku terpuji? Tentu tidak.

Menjadi orang yang memiliki perilaku terpuji seharusnya dilakukan tanpa membawa kedok atau niat tertentu. Perilaku terpuji harus terlahir dari niat tulus yang murni untuk melakukan kebaikan tanpa mengharapkan balasan apapun. Hal ini akan semakin memperkuat kebesaran hati dan karakter seseorang.

Perilaku terpuji yang seharusnya kita lakukan antara lain adalah jujur, sopan santun, ramah, saling menghargai, dan banyak lagi lainnya. Perilaku tersebut merupakan bagian dari nilai-nilai luhur yang sudah dipegang teguh oleh masyarakat kita. Menjadi orang yang memiliki perilaku terpuji juga dapat memberikan dampak positif pada lingkungan, keluarga, dan masyarakat sekitar kita.

Namun, menjadi orang yang memiliki perilaku terpuji tidaklah mudah. Orang sering kali tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji karena mengikuti lingkungan sekitar atau karena dorongan nafsu yang kuat. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran diri yang kuat untuk dapat melawan nafsu dan keinginan berbuat tidak terpuji.

Kita juga harus belajar untuk menghargai dan menghormati perbedaan. Keberagaman merupakan kekayaan bangsa Indonesia, dan perilaku terpuji meliputi saling menghormati antara satu sama lain tanpa memandang status sosial, suku bangsa, agama, atau gender. Dengan menghargai perbedaan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan damai.

Di era digital seperti sekarang, kita seringkali dihantui oleh perilaku negatif seperti cyberbullying. Oleh karena itu, kita juga perlu memperhatikan etika dalam berinternet. Menggunakan media sosial dengan bijak dan menghindari memposting hal-hal yang merugikan orang lain adalah sebuah bentuk perilaku terpuji. Kita harus memanfaatkan teknologi untuk kebaikan dan tidak untuk menyakiti orang lain.

Jadi, perilaku terpuji adalah sebuah konsep penting yang harus dipegang teguh sebagai bagian dari nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat Indonesia. Saat melakukan perilaku terpuji, kita harus melakukannya secara tulus tanpa membawa kedok maupun tujuan tertentu. Kita harus senantiasa menghargai perbedaan antara satu sama lain, serta memperhatikan etika dalam berinternet. Dengan demikian, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Soal dan Jawaban Terkait Perilaku Terpuji Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud dengan Perilaku Terpuji?
2. Apa manfaat dari melakukan Perilaku Terpuji?
3. Berikan contoh dari Perilaku Terpuji yang dapat dilakukan sehari-hari.

Jawaban:
1. Perilaku Terpuji adalah tindakan yang baik, benar, sopan, dan memilki nilai-nilai positif yang baik bagi orang lain.
2. Manfaat dari melakukan Perilaku Terpuji antara lain dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain, menjadi contoh dan inspirasi bagi orang lain, dan memperbaiki citra diri.
3. Contoh dari Perilaku Terpuji adalah mengucapkan terima kasih atau meminta maaf ketika diperlukan, menjaga kebersihan lingkungan, membantu orang yang membutuhkan, berbicara dengan sopan dan menghargai pendapat orang lain, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sosial, perilaku terpuji sangatlah penting untuk kita terapkan. Dengan memiliki perilaku yang baik, kita dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, perilaku terpuji juga dapat membuat lingkungan sosial kita menjadi lebih harmonis dan positif. Oleh karena itu, mari kita mulai terapkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.