PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 24, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Peribahasa Yang Sesuai Dengan Ilustrasi Tersebut Adalah..

Gambar ilustrasi menunjukkan orang yang memanen buah di pohon. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi ini adalah “Rezeki tak akan kemana, walau di atas pohon sekalipun”. Artinya, keberuntungan atau rejeki akan datang atau tetap ada walau harus melalui usaha yang berat atau kesulitan yang tinggi.

Penjabaran Peribahasa Yang Sesuai Dengan Ilustrasi Tersebut Adalah

Peribahasa adalah ungkapan atau kata-kata yang sudah turun-temurun dan dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat dalam berkomunikasi. Peribahasa biasanya terdiri dari satu atau beberapa kata yang memiliki makna tersendiri dan dapat menyampaikan pesan atau arti yang lebih singkat dan mudah dimengerti. Setiap peribahasa dapat diilustrasikan dengan sebuah gambar atau kejadian yang sesuai dengan makna yang ingin disampaikan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tertentu. Contohnya adalah peribahasa “sambil menyelam minum air” yang berarti melakukan dua hal di waktu yang sama. Ilustrasi yang cocok untuk peribahasa ini adalah seorang penyelam yang sedang menyelam dan meminum air dari sebuah botol di bawah laut.

Peribahasa lainnya adalah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” yang berarti kerja keras dan ketekunan akan membuahkan hasil yang besar di masa depan. Ilustrasi yang cocok untuk peribahasa ini adalah seorang petani yang setiap hari menanam bibit tanaman dan merawatnya hingga tumbuh menjadi pohon besar di atas bukit.

Selanjutnya, ada peribahasa “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” yang berarti melakukan berbagai macam usaha untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Ilustrasi yang cocok untuk peribahasa ini adalah seorang nelayan yang berusaha mencari ikan dengan cara mengerahkan semua usahanya dengan menggunakan rakit dan berenang meraih ikan yang sudah teriakan di tepian.

Adapun peribahasa “sambil menyimpan umbi-umbian” yang berarti menyelidiki ada apa di balik suatu hal atau perbuatan dengan menyimpan ‘simpanan tersembunyi’ guna dijadikan modal atau cadangan di masa depan. Ilustrasi yang tepat adalah seorang petani yang menyimpan umbi-umbian pada sebuah tempat yang tersembunyi dengan tujuan penggunaan di masa depan.

Terakhir, peribahasa “di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan” yang berarti setiap orang pasti dapat mencapai tujuannya jika ia memiliki kemauan untuk melakukannya. Ilustrasi yang cocok untuk peribahasa ini adalah seorang pelari yang tidak pernah menyerah walaupun banyak rintangan dan kesulitan yang dihadapinya, dengan usaha dan kemauannya yang kuat ia dapat mencapai garis finish.

Inilah beberapa contoh peribahasa yang dapat diilustrasikan dengan kejadian atau gambar yang sesuai dengan maknanya. Dengan memahami dan mengaplikasikan peribahasa dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan kita dapat hidup lebih bijaksana dan bermakna. Oleh karena itu, ayo kita gemar menggunakan peribahasa dalam berkomunikasi dan menjadikannya sebagai bagian dari budaya kita sebagai bangsa Indonesia.

Soal dan Jawaban Terkait Peribahasa Yang Sesuai Dengan Ilustrasi Tersebut Adalah dalam Dunia Pendidikan

Ilustrasi: Seorang anak kecil sedang menangis karena kehilangan mainan kesayangannya.

Contoh Soal:

1. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…
a. Air susu dibalas dengan air tuba
b. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung
c. Orang hilang kerja, orang dapat rezeki
d. Air tenang menghanyutkan

Jawaban: d. Air tenang menghanyutkan

2. Makna peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…
a. Seseorang dapat mudah terbawa arus apabila tidak berhati-hati
b. Orang yang kehilangan barang kesayangannya akan selalu menangis
c. Tidak ada yang kekal dan abadi di dunia ini
d. Tiada gading yang tidak retak

Jawaban: a. Seseorang dapat mudah terbawa arus apabila tidak berhati-hati

Penutup

Dalam rangka memperkaya khasanah peribahasa, terbukti bahwa ilustrasi gambar dapat membantu dalam memahaminya. Dengan gambar yang sesuai, peribahasa dapat lebih mudah dipahami dan diingat. Selain itu, peribahasa juga dapat menjadi cerminan dari nilai-nilai dan cara pandang suatu budaya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mempelajari dan menghargai peribahasa agar dapat memperkaya khasanah budaya dan nilai-nilai positif.