PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Perhatikan Gambar Berikut Keliling Bangun Tersebut Adalah..

Gambar tersebut merupakan gambar bangun datar yang memiliki keliling. Keliling adalah jumlah panjang semua sisi pada bangun datar tersebut.

Penjelasan Lengkap Perhatikan Gambar Berikut Keliling Bangun Tersebut Adalah

Perhatikan Gambar Berikut Keliling Bangun Tersebut Adalah

Apakah Anda pernah mendengar atau mempelajari tentang keliling bangun? Keliling bangun adalah panjang semua sisi bangun datar. Keliling bisa dihitung dengan menjumlahkan panjang sisi-sisi bangun tersebut.

Pada gambar di atas, terdapat beberapa bangun datar dengan keliling yang berbeda-beda. Mari kita perhatikan satu per satu.

1. Segitiga
Segitiga adalah bangun dengan tiga sisi dan tiga sudut. Pada gambar di atas, terdapat segitiga dengan sisi-sisi berukuran 5 cm, 6 cm, dan 7 cm. Untuk menghitung kelilingnya, kita cukup menjumlahkan ketiga sisi tersebut, sehingga keliling segitiga tersebut adalah 5 + 6 + 7 = 18 cm.

2. Jajar Genjang
Jajar genjang adalah bangun datar dengan dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Pada gambar di atas, terdapat jajar genjang dengan sisi-sisi berukuran 8 cm dan 6 cm. Untuk menghitung kelilingnya, kita cukup mengalikan panjang salah satu sisi dengan 2, kemudian menjumlahkan dengan dua sisi lainnya, maka keliling jajar genjang tersebut adalah (8 x 2) + 6 + 6 = 28 cm.

3. Belah Ketupat
Belah ketupat adalah bangun datar dengan empat sisi sama panjang dan keempat sudut sama besar. Pada gambar di atas, terdapat belah ketupat dengan sisi-sisi berukuran 10 cm. Untuk menghitung kelilingnya, kita cukup mengalikan panjang salah satu sisi dengan 4, maka keliling belah ketupat tersebut adalah 10 x 4 = 40 cm.

4. Lingkaran
Lingkaran adalah bangun datar yang memiliki keliling dengan rumus khusus, yaitu K = π x d atau K = 2 x π x r. Pada gambar di atas, terdapat lingkaran dengan diameter 12 cm. Untuk menghitung kelilingnya, kita cukup gunakan rumus K = π x d, yaitu 3,14 x 12 = 37,68 cm.

Itulah beberapa contoh bangun datar beserta cara menghitung kelilingnya. Dengan memperhatikan gambar di atas, kita dapat lebih memahami tentang konsep keliling bangun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari matematika.

Soal dan Jawaban Terkait Perhatikan Gambar Berikut Keliling Bangun Tersebut Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Berapakah keliling bangun pada gambar di bawah ini?

![image](https://i.imgur.com/jCNAKj1.png)

a. 10 cm
b. 15 cm
c. 20 cm
d. 25 cm

Jawaban: c. 20 cm

Penjelasan:

Keliling bangun pada gambar di atas dapat dihitung dengan menjumlahkan panjang sisi-sisinya, yaitu 5 cm + 5 cm + 5 cm + 5 cm = 20 cm.

2. Diberikan gambar berikut ini. Jika panjang sisi-sisi bangun tersebut adalah 7 cm, berapakah keliling bangun tersebut?

![image](https://i.imgur.com/UNNsfTJ.png)

a. 21 cm
b. 28 cm
c. 35 cm
d. 42 cm

Jawaban: b. 28 cm

Penjelasan:

Keliling bangun pada gambar di atas dapat dihitung dengan menjumlahkan panjang sisi-sisinya, yaitu 7 cm + 7 cm + 7 cm + 7 cm = 28 cm.

Kesimpulan

Dalam mempelajari bangun datar, menggambar dan mengukur keliling bangun sangatlah penting. Dengan mengamati dan memahami gambar yang ditunjukkan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bangun datar dan bagaimana cara menghitung kelilingnya. Oleh karena itu, jika ada kesempatan, sebaiknya perhatikan gambar yang menunjukkan keliling suatu bangun agar pemahaman kita semakin bertambah.