PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 22, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Perbedaan Penyajian Kedua Kutipan Berita Tersebut Adalah..

Penyajian kedua kutipan berita tersebut berbeda dari segi cara pengutipan, tempat ditempatkan, dan penggunaan tanda baca. Pada kutipan pertama, kutipan langsung dikutipkan di dalam kalimat dengan tanda kutip dua dan tanda koma sebagai pemisah, sedangkan pada kutipan kedua, kutipan langsung ditempatkan di bawah atau setelah kalimat dengan tanda kutip dua dan tanda titik sebagai pemisah.

Pengertian Perbedaan Penyajian Kedua Kutipan Berita Tersebut Adalah

Ketika menyajikan berita, seringkali kita dapat menemukan dua jenis kutipan yang berbeda. Yang pertama adalah kutipan langsung, yaitu ketika kita menuliskan kata-kata yang diucapkan oleh narasumber secara langsung. Sedangkan yang kedua adalah kutipan tidak langsung atau berbentuk ringkasan, yaitu ketika kita menuliskan kata-kata yang diucapkan oleh narasumber dengan kalimat kita sendiri. Seiring berjalannya waktu, terdapat perbedaan penyajian kedua jenis kutipan tersebut.

Perbedaan pertama adalah dari segi tata bahasa. Kutipan langsung lebih formal daripada kutipan tidak langsung. Kutipan langsung biasanya diawali dengan tanda kutip dan diakhiri dengan tanda kutip sebagai pembatas. Sedangkan kutipan tidak langsung tidak membutuhkan tanda kutip di awal dan akhir kalimat.

Perbedaan kedua adalah dari segi kesahihan atau keotentikan penyampaian informasi. Kutipan langsung cenderung lebih akurat karena secara eksplisit menunjukkan ucapan atau pernyataan yang diucapkan oleh narasumber secara langsung. Namun demikian, kutipan tidak langsung dapat dengan mudah mengekspresikan suatu ide atau pandangan dengan cara kita sendiri.

Perbedaan ketiga adalah dari segi kesan yang ingin disampaikan oleh pengarang. Kutipan langsung memberikan kesan bahwa pengarang rela mengambil risiko karena ia tidak memiliki kontrol atas apa yang diucapkan oleh narasumber. Sedangkan kutipan tidak langsung memberikan kesan bahwa pengarang memilih untuk mengekspresikan pandangan narasumber dengan cara yang ia pahami.

Perbedaan terakhir adalah terkait dengan gaya bahasa yang digunakan. Kutipan langsung cenderung menggunakan gaya bahasa yang kontekstual dan disampaikan secara eksplisit, sedangkan kutipan tidak langsung cenderung menggunakan gaya bahasa ringkasan atau bahkan bisa menggunakan bahasa yang berbeda.

Berdasarkan penjelasan di atas, walaupun kedua jenis kutipan memiliki perbedaan dalam penyajian, namun keduanya sama-sama berguna untuk menyampaikan informasi kepada pembaca dengan cara yang efektif. Penting bagi penulis berita untuk memilih jenis kutipan yang tepat sesuai dengan konteks, gaya bahasa, dan tujuan kesan yang ingin disampaikan agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.

Soal dan Jawaban Terkait Perbedaan Penyajian Kedua Kutipan Berita Tersebut Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal: Apa perbedaan penyajian kedua kutipan berita berikut ini?

Kutipan 1: “Menurut sumber terdekat, pengadilan akan mengadakan sidang lanjutan pada minggu depan.”

Kutipan 2: “Pengadilan akan mengadakan sidang lanjutan pada minggu depan, menurut sumber terdekat.”

Jawaban: Perbedaan penyajian kedua kutipan berita di atas terletak pada posisi pengungkapan informasi mengenai pengadilan yang akan mengadakan sidang lanjutan pada minggu depan dan sumber yang menjadi acuan informasi tersebut. Pada kutipan 1, informasi pengadilan mengadakan sidang lanjutan pada minggu depan ditempatkan di awal kalimat, sedangkan sumber yang menjadi acuan informasi tersebut ditempatkan pada akhir kalimat. Sedangkan pada kutipan 2, informasi pengadilan mengadakan sidang lanjutan pada minggu depan ditempatkan di akhir kalimat, sedangkan sumber yang menjadi acuan informasi tersebut ditempatkan di awal kalimat.

Kesimpulan

Dari perbedaan yang dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua kutipan berita tersebut memiliki cara penyajian yang berbeda, baik dalam hal format maupun gaya penulisan. Oleh karena itu, pemahaman yang baik mengenai cara menyajikan kutipan berita yang benar dapat mempengaruhi kualitas sebuah karya jurnalistik.