PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Perang Paregreg Adalah..

Perang Paregreg adalah perang yang terjadi pada tahun 1258 antara kerajaan Singhasari dan kerajaan Kediri. Kedua kerajaan saling bersaing untuk memperebutkan kekuasaan wilayah antara Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Perang dimenangkan oleh Kerajaan Kediri dan merupakan salah satu pertempuran paling sengit dalam sejarah Indonesia kuno.

Pengertian Perang Paregreg Adalah

Perang Paregreg adalah rangkaian peristiwa penting di dalam sejarah Kerajaan Majapahit yang terjadi pada abad ke-14. Perang ini juga disebut sebagai Pertempuran Paregreg atau Perang Bubat.

Perang Paregreg terjadi sebagai akibat dari keinginan dari Raja Sunda, Prabu Hayam Wuruk, yang ingin mempersatukan kembali seluruh wilayah Nusantara. Ia kemudian mengirim utusannya, Patih Gajah Mada, untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Namun, tugas tersebut tidak berjalan semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ketika sampai di Sumedang, Patih Gajah Mada dijebak oleh Prabu Siliwangi dan terjebak dalam Perang Paregreg. Pasukan Majapahit, yang dipimpin oleh putra mahkota, Raden Wijaya, terlibat dalam pertempuran yang sengit dengan pasukan Sunda.

Akhirnya, pasukan Majapahit berhasil meraih kemenangan setelah melakukan serangan dadakan. Prabu Siliwangi dan putra mahkota Sunda, Raden Gede, tewas di medan perang. Sedangkan, Patih Gajah Mada berhasil ditarik mundur oleh pasukan Majapahit.

Meskipun pasukan Majapahit berhasil meraih kemenangan dalam Perang Paregreg, namun perang tersebut merusak hubungan antara Sunda dan Majapahit. Bahkan, perang ini juga memicu terjadinya Perang Bubat beberapa tahun kemudian.

Perang Bubat adalah perang yang melibatkan pasukan Majapahit dan kerajaan Sunda. Perang ini berakhir dengan kekalahan kerajaan Sunda dan meninggalnya Putri Dyah Pitaloka yang dijodohkan dengan Raden Wijaya. Perang Bubat kemudian memicu konflik panjang antara kedua kerajaan.

Dalam sejarah Nusantara, Perang Paregreg dan Perang Bubat termasuk peristiwa yang sangat penting. Peristiwa tersebut menandai perkembangan sejarah kebudayaan di daerah ini. Oleh karena itu, Perang Paregreg perlu diingat dan menjadi bagian dari catatan sejarah nasional.

Soal dan Jawaban Terkait Perang Paregreg Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Kapan terjadinya Perang Paregreg?
A. Pada abad ke-10
B. Pada abad ke-14
C. Pada abad ke-16
D. Pada abad ke-18

2. Siapa yang menjadi pihak yang terlibat dalam Perang Paregreg?
A. Kerajaan Majapahit melawan Kerajaan Demak
B. Kerajaan Majapahit melawan Kerajaan Pajang
C. Kerajaan Mataram melawan Kerajaan Pajang
D. Kerajaan Mataram melawan Kerajaan Demak

3. Apa penyebab terjadinya Perang Paregreg?
A. Sengketa wilayah antara kerajaan
B. Konflik kepemimpinan dalam kerajaan
C. Pertikaian agama antara Islam dan Hindu-Buddha
D. Pertempuran untuk memperebutkan tahta kerajaan

Contoh Jawaban:

1. B. Pada abad ke-14
2. A. Kerajaan Majapahit melawan Kerajaan Demak
3. C. Pertikaian agama antara Islam dan Hindu-Buddha

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Perang Paregreg merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang menggambarkan ketegangan antara dua daerah di Pulau Jawa pada abad ke-17. Konflik tersebut menunjukkan perbedaan antara para penguasa lokal, kekuatan kolonial Belanda, dan masyarakat lokal. Perang Paregreg meninggalkan banyak pelajaran bagi kita tentang pentingnya toleransi dan persatuan dalam membangun sebuah negara yang kuat dan stabil.