PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 24, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Per Oral Adalah..

Per Oral adalah istilah dalam dunia medis yang merujuk pada cara pemberian obat melalui mulut atau oral. Pemberian obat Per Oral dapat berupa tablet, kapsul, atau sirup, dan biasanya diikuti dengan minum air untuk membantu obat masuk ke dalam tubuh.

Pengertian Per Oral Adalah

Per oral adalah istilah medis yang berasal dari bahasa Latin yaitu “per os” yang artinya melalui mulut. Istilah per oral ini digunakan untuk menjelaskan suatu pemberian obat atau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut.

Pemberian obat melalui mulut atau per oral ini merupakan cara paling umum yang dilakukan oleh banyak orang karena dianggap mudah dan lebih nyaman. Namun, keefektifan dari obat yang diberikan per oral ini tergantung pada kondisi fisik seseorang dan pada jenis obat yang diberikan.

Pada suatu kasus, pemberian obat per oral bisa menjadi lebih sulit karena kondisi pasien yang tidak bisa menelan. Pada kasus ini, pemberian obat bisa melalui selang nasogastric atau selang gastrik yang dimasukkan melalui hidung.

Selain itu, pemberian nutrisi yang dilakukan per oral juga umum dilakukan oleh banyak orang. Misalnya pada kasus kekurangan gizi atau penyakit tertentu yang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat, maka diberikan suplemen atau makanan khusus yang dapat dikonsumsi per oral.

Namun demikian, pemberian nutrisi per oral juga dapat menjadi suatu kesulitan pada beberapa kasus. Terdapat kasus dimana pasien tidak bisa menelan atau mengalami masalah penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan. Pada kondisi ini, pemberian nutrisi per oral dapat dilakukan melalui infus, baik itu secara intravena maupun intra-arteri.

Dalam praktek medis, pemberian obat dan nutrisi melalui saluran mulut menjadi metode yang umum dilakukan. Namun, perlu dicatat bahwa metode ini tidak selalu efektif untuk semua kasus. Penting untuk mempertimbangkan kondisi fisik pasien sebelum melakukan pemberian obat atau nutrisi per oral sehingga khasiat dari obat tersebut dapat optimal.

Soal dan Jawaban Terkait Per Oral Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Apakah arti dari Per Oral?
A. Dapat dikonsumsi melalui mulut
B. Dapat dikonsumsi melalui hidung
C. Dapat dikonsumsi melalui kulit
D. Dapat dikonsumsi melalui saluran pencernaan

2. Apa keuntungan dari penggunaan obat per oral?
A. Efek obat lebih cepat dirasakan
B. Dosis obat dapat disesuaikan dengan kebutuhan
C. Tidak menimbulkan sampingan yang berbahaya
D. Tidak memerlukan resep dari dokter

3. Apakah jenis obat yang umumnya dikonsumsi secara per oral?
A. Obat tetes mata
B. Obat suntik
C. Obat inhalasi
D. Obat tablet atau kapsul

4. Apa risiko yang terkait dengan penggunaan obat per oral?
A. Terjadinya efek samping pada organ pencernaan
B. Terjadinya gangguan pada sistem pernapasan
C. Terjadinya keracunan akibat dosis yang berlebihan
D. Terjadinya iritasi pada kulit

Jawaban:

1. A, Dapat dikonsumsi melalui mulut
2. B, Dosis obat dapat disesuaikan dengan kebutuhan
3. D, Obat tablet atau kapsul
4. A, Terjadinya efek samping pada organ pencernaan

Penutup

Per oral adalah metode pemberian obat yang umum dilakukan di masyarakat. Meskipun terdapat beberapa kekurangan pada metode ini, seperti risiko efek samping dan ketidakpatuhan pasien terhadap pengobatan, tetapi metode ini tetap menjadi pilihan utama. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien untuk mematuhi aturan pengobatan yang telah ditentukan oleh dokter dan melakukan konsultasi jika terjadi ketidaknyamanan atau efek samping selama pengobatan.