PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Penyebab Utama Timbulnya Stratifikasi Sosial Pada Masyarakat Adalah..

Stratifikasi sosial pada masyarakat seringkali diakibatkan oleh faktor ekonomi, dimana adanya kesenjangan ekonomi yang signifikan antara orang kaya dan orang miskin. Selain itu, faktor budaya juga mempengaruhi stratifikasi sosial, seperti adanya kepercayaan bahwa kelahiran atau latar belakang keluarga menentukan status sosial seseorang. Faktor politik juga dapat memengaruhi stratifikasi sosial, seperti adanya sistem pemerintahan yang mendukung kelompok tertentu atau diskriminasi terhadap kelompok tertentu.

Penjabaran Penyebab Utama Timbulnya Stratifikasi Sosial Pada Masyarakat Adalah

Penyebab Utama Timbulnya Stratifikasi Sosial Pada Masyarakat Adalah

Stratifikasi sosial adalah suatu sistem klasifikasi dimana masyarakat dibagi menjadi beberapa lapisan dengan status sosial dan hak-hak yang berbeda. Stratifikasi sosial mempengaruhi kehidupan sehari-hari individu serta mempengaruhi kesempatan dan akses individu terhadap pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan pengalaman hidup lainnya. Stratifikasi sosial dapat terlihat di seluruh dunia, dan penyebab utama dari timbulnya stratifikasi sosial tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kekuasaan

Salah satu penyebab utama stratifikasi sosial adalah adanya perbedaan kekuasaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok tertentu atas individu atau kelompok lainnya. Kekuasaan ini biasanya terkait dengan status sosial dan ekonomi. Individu atau kelompok dengan kekuasaan yang lebih tinggi cenderung memiliki hak-hak dan kesempatan yang lebih besar daripada individu atau kelompok dengan kekuasaan yang lebih rendah.

2. Ekonomi

Perbedaan ekonomi juga menjadi salah satu penyebab utama dari timbulnya stratifikasi sosial pada masyarakat. Individu atau kelompok yang memiliki kekayaan atau aset yang lebih besar cenderung memiliki hak-hak dan kesempatan yang lebih besar dalam berbagai aspek kehidupan daripada mereka yang kurang mampu.

3. Pendidikan

Pendidikan juga memainkan peran penting dalam stratifikasi sosial. Individu yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi biasanya memiliki kesempatan yang lebih besar dalam berbagai bidang seperti pekerjaan, kesehatan, dan keuangannya. Mereka juga memiliki keuntungan dalam hal hak-hak sosial dan politik.

4. Kelamin

Perbedaan kelamin juga dapat menimbulkan stratifikasi sosial di mana pria atau wanita dapat memiliki hak-hak yang berbeda dan kesempatan yang lebih besar di beberapa bidang kehidupan.

5. Budaya

Budaya juga dapat mempengaruhi stratifikasi sosial. Individu atau kelompok yang memegang budaya yang lebih dominan atau kuat dapat memiliki hak-hak dan kesempatan yang lebih besar daripada individu atau kelompok yang budayanya lebih kecil atau kurang berkuasa.

Dalam kesimpulannya, banyak faktor yang dapat mempengaruhi stratifikasi sosial di mana status sosial dan hak-hak dapat dibedakan berdasarkan karakteristik individu atau kelompok tertentu. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengenali faktor-faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial dan berusaha untuk menghilangkan diskriminasi sosial yang dapat mempengaruhi kualitas hidup individu dan kelompok yang tidak berkuasa.

Soal dan Jawaban Terkait Penyebab Utama Timbulnya Stratifikasi Sosial Pada Masyarakat Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa penyebab utama timbulnya stratifikasi sosial pada masyarakat?
a. Adat istiadat
b. Keterampilan individu
c. Perbedaan pendapatan dan kekayaan
d. Keturunan keluarga

2. Apa yang dimaksud dengan stratifikasi sosial?
a. Pembagian masyarakat menjadi lapisan yang berbeda-beda
b. Pembagian masyarakat berdasarkan agama
c. Pembagian masyarakat berdasarkan wilayah geografis
d. Pembagian masyarakat berdasarkan profesi

Contoh jawaban:

1. c. Perbedaan pendapatan dan kekayaan
2. a. Pembagian masyarakat menjadi lapisan yang berbeda-beda

Kesimpulan

Dalam penutup, dapat disimpulkan bahwa adanya stratifikasi sosial pada masyarakat tidak dapat dihindari. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor yang kompleks, seperti perbedaan dalam hal ekonomi, pendidikan, dan status sosial. Meskipun demikian, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketimpangan dan memperjuangkan kesetaraan di dalam masyarakat. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman kita terhadap masalah stratifikasi sosial di dalam masyarakat.