PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 24, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Penyebab Utama Banjir Adalah Berkurangnya Lahan Lahan Hijau..

Penyebab utama banjir adalah karena berkurangnya lahan hijau, karena lahan hijau dapat menyerap air hujan dan menahan aliran air sungai. Dengan berkurangnya lahan hijau, maka air hujan akan langsung mengalir ke sungai dan menimbulkan banjir. Selain itu, berkurangnya lahan hijau juga dapat mengakibatkan tanah menjadi kering dan tidak dapat menyerap air dengan baik saat hujan datang.

Penjabaran Penyebab Utama Banjir Adalah Berkurangnya Lahan Lahan Hijau

Banjir terjadi ketika air bah pada sungai atau perairan meluap dan merendam kawasan perkotaan. Banjir sering kali menjadi masalah yang sering terjadi di kota-kota besar terutama saat musim hujan tiba. Ada berbagai faktor yang menyebabkan banjir, termasuk cuaca buruk, kegagalan infrastruktur, curah hujan yang tinggi, dan banyak lagi. Namun, salah satu penyebab utama banjir adalah berkurangnya lahan hijau di perkotaan.

Seiring dengan pesatnya perkembangan urbanisasi, permukaan tanah yang dulunya hijau bertransformasi menjadi beton dan aspal. Lahan-lahan hijau seperti taman kota, taman bermain dan lapangan rumput akan mengikat air hujan di dalam tanah. Tanaman dapat menyerap dan menyimpan air, mencegahnya merembes masuk ke sungai dan menyebabkan banjir.

Dalam konteks yang lebih luas, cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan banjir jika ada sistem drainase atau saluran air yang buruk. Ketika curah hujan yang tinggi jatuh dalam waktu yang singkat, saluran air dapat terkuras oleh air dalam waktu yang cepat dan meluap ke area perkotaan. Dalam situasi ini, kehadiran lahan hijau akan sangat membantu dalam menyerap air lebih banyak sehingga mengurangi volume air yang merembes ke dalam sumber air.

Kota-kota yang dikembangkan tanpa mempertimbangkan hubungan yang tepat antara tanah dan air, sering kali memicu terjadinya banjir. Demi efisiensi, banyak kota di dunia yang menutup sungai atau anak sungai dan membangun kota tepat di atasnya. Akibatnya, ketika curah hujan mencapai tingkat yang tinggi dan debit air meningkat, perkotaan sering kali menjadi korban banjir.

Penyebab lain yang berkaitan dengan berkurangnya lahan hijau adalah kegiatan manusia seperti deforestasi, kultivasi lahan, dan pemanfaatan alih fungsi tanah. Dengan menghilangkan vegetasi dari tanah, manusia telah mengurangi kapasitas tanah untuk menyerap dan memperlambat air, mengarahkan aliran air ke luar kota dan menyebabkan banjir.

Menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan aman dari bencana banjir adalah tanggung jawab bersama. Sehingga, menjaga keberadaan lahan hijau di tengah-tengah kota perlu dijaga dan ditingkatkan karena kehadiran lahan hijau memiliki kemampuan untuk menyerap air hujan, menyimpan air di dalam tanah, dan memperlambat laju aliran air. Ini semua menjadi kunci untuk mencegah terjadinya banjir. Dengan demikian, perlunya edukasi dan padat karya untuk memperbaiki keadaan dan menciptakan ruang hijau di kota.

Soal dan Jawaban Terkait Penyebab Utama Banjir Adalah Berkurangnya Lahan Lahan Hijau dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Apa yang menjadi penyebab utama banjir?
a. Berkurangnya lahan hijau
b. Banjir bandang
c. Letak geografis
d. Curah hujan yang tinggi

2. Mengapa berkurangnya lahan hijau dapat menyebabkan banjir?
a. Karena tidak dapat menyerap air secara maksimal
b. Karena dapat memicu terjadinya erosi
c. Karena dapat memicu terjadinya longsor
d. Karena dapat mengakibatkan meluapnya sungai

3. Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi berkurangnya lahan hijau?
a. Melakukan reboisasi
b. Membangun waduk
c. Membuka lahan pertanian
d. Membangun gedung perkantoran

Contoh Jawaban:

1. a. Berkurangnya lahan hijau
2. a. Karena tidak dapat menyerap air secara maksimal
3. a. Melakukan reboisasi

Penutup

Dalam penutupan artikel ini, kembali ditekankan bahwa penyebab utama banjir adalah berkurangnya lahan hijau. Kita perlu memperhatikan pentingnya menjaga keberadaan lahan hijau untuk mencegah bencana banjir yang semakin sering terjadi di beberapa daerah. Marilah kita berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah.