PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juli 18, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Penunjuk Skala Termometer Berikut Yang Mempunyai Suhu Paling Rendah Adalah..

Penunjuk Skala Termometer adalah satuan yang digunakan untuk mengukur suhu. Suhu paling rendah yang dapat diukur oleh termometer adalah -273,15 derajat Celsius atau disebut juga nol mutlak. Pada suhu ini, partikel dalam bahan akan berhenti bergerak. Sedangkan pada skala Fahrenheit, suhu paling rendah yang dapat diukur adalah -459,67 derajat Fahrenheit.

Apa Itu Penunjuk Skala Termometer Berikut Yang Mempunyai Suhu Paling Rendah Adalah

Penunjuk Skala Termometer Berikut Yang Mempunyai Suhu Paling Rendah Adalah

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Skala termometer digunakan untuk menunjukkan suhu dalam derajat Celsius, Fahrenheit, atau Kelvin. Skala termometer yang digunakan harus akurat dan tepat agar pengukuran suhu menjadi valid.

Namun, tidak semua penunjuk skala termometer memiliki suhu yang sama. Ada beberapa penunjuk skala termometer yang menghasilkan suhu yang lebih rendah daripada yang lain. Berikut ini adalah penunjuk skala termometer yang mempunyai suhu paling rendah:

1. Skala Kelvin (K)

Skala Kelvin ini dianggap sebagai skala termometer paling rendah karena memiliki nol absolut, yaitu suhu paling rendah yang dapat dicapai di alam semesta. Nol absolut dipetakan pada 0 Kelvin atau -273,15 derajat Celsius. Skala Kelvin digunakan oleh ilmuwan dan peneliti dalam melakukan pengukuran suhu pada benda-benda yang sangat dingin seperti cairan pendingin nitrogen dan helium.

2. Skala Fahrenheit (°F)

Skala Fahrenheit digunakan secara luas di Amerika Serikat. Skala ini memiliki nol pada -459,67 derajat Fahrenheit atau -273,15 derajat Celsius. Suhu beku air pada skala Fahrenheit adalah 32 derajat Fahrenheit, sementara suhu mendidih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Skala ini lebih rendah dari Celsius, sehingga ketika suhu pada skala Fahrenheit dikonversikan ke dalam Celsius, nilai suhu menjadi lebih rendah.

3. Skala Celsius (°C)

Skala Celsius adalah skala termometer yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Skala ini memiliki nol pada 0 derajat Celsius, yang didefinisikan sebagai suhu beku air. Suhu mendidih air pada skala Celsius adalah 100 derajat Celsius. Skala Celsius adalah satu-satunya skala termometer yang terkait erat dengan titik beku dan titik didih air, yang membuatnya sangat praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Kesimpulan

Dari ketiga penunjuk skala termometer di atas, skala Kelvin merupakan skala termometer yang mempunyai suhu paling rendah, dengan memiliki nol absolut. Namun, skala ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali oleh ilmuwan dan peneliti yang bekerja dalam bidang sains dan teknologi canggih. Sementara itu, skala Fahrenheit dan Celsius digunakan secara luas dalam pengukuran suhu di kehidupan sehari-hari.

Soal dan Jawaban Terkait Penunjuk Skala Termometer Berikut Yang Mempunyai Suhu Paling Rendah Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal:
1. Apa saja jenis-jenis penunjuk skala pada termometer?
2. Bagaimana cara membaca suhu pada skala termometer?
3. Berikut ini adalah beberapa penunjuk skala pada termometer, manakah yang memiliki suhu paling rendah?
a. Skala Celsius
b. Skala Fahrenheit
c. Skala Kelvin
d. Skala Reamur

Jawaban:
1. Ada beberapa jenis penunjuk skala pada termometer, seperti skala Celsius, skala Fahrenheit, skala Kelvin, dan skala Reamur.
2. Cara membaca suhu pada skala termometer adalah dengan memperhatikan angka yang tertulis pada penunjuk skala tersebut. Misalnya, pada skala Celsius, setiap garis vertikal menunjukkan kenaikan suhu sebanyak 1 derajat Celsius.
3. Jawaban yang benar adalah skala Kelvin. Skala Kelvin merupakan skala termometer yang paling rendah karena titik nol pada skala ini sudah mencapai temperatur mutlak, yaitu -273,15 derajat Celsius. Sedangkan pada skala Celcius, titik nol mencapai -273,15 derajat Celcius, pada skala Fahrenheit, titik nol mencapai -459,67 derajat Fahrenheit, dan pada skala Reamur, titik nol mencapai -218,52 derajat Reamur.

Kesimpulan

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa termometer bimetal suhu rendah, khususnya -200°C, cukup akurat dan dapat dipercaya. Namun, perlu diingat bahwa ketepatan pengukuran termometer tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi lingkungan dan penggunaan yang benar. Oleh karena itu, pemilihan termometer yang tepat sangat penting untuk menjamin hasil yang akurat dalam pengukuran suhu rendah.