PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 20, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Pengertian Observasi Adalah..

Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan mengamati dan mencatat perilaku atau fenomena yang terjadi pada objek studi di lapangan dalam rangka menemukan informasi dan fakta yang didapatkan secara langsung dan akurat. Observasi dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung.

Penjelasan Lengkap Pengertian Observasi Adalah

Observasi merupakan tindakan mengamati dan memperhatikan secara sistematis untuk memperoleh informasi secara akurat tentang suatu hal atau fenomena yang diamati. Dalam kegiatan observasi, peneliti atau pengamat mencatat serta memperhatikan ciri-ciri atau peristiwa yang terjadi.

Observasi digunakan dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, pendidikan, kesehatan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Observasi dapat dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari pengamatan langsung hingga pengamatan yang menggunakan teknologi.

Secara garis besar, pengertian observasi adalah suatu bentuk kegiatan pemantauan secara sistematis untuk memperoleh informasi tentang suatu hal atau fenomena dengan tujuan untuk memahami dan melakukan analisis atas hal atau fenomena tersebut. Observasi juga merupakan cara yang efektif untuk mengumpulkan data untuk penelitian ilmiah.

Terdapat beberapa jenis observasi, yakni observasi partisipan dan observasi non-partisipan. Observasi partisipan adalah ketika pengamat terlibat aktif dalam situasi yang diamati sedangkan observasi non-partisipan adalah ketika pengamat hanya menonton dari luar.

Observasi juga dapat dilakukan dalam bentuk terstruktur dan tidak terstruktur. Observasi terstruktur dilakukan dengan merancang daftar pertanyaan yang sudah jelas dan terstruktur sebelum melakukan pengamatan. Sementara itu, observasi tidak terstruktur dilakukan dengan tidak memerlukan daftar pertanyaan tetapi hanya mengamati perilaku atau situasi.

Dalam penggunaannya, observasi dapat memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan observasi adalah mampu memberikan data yang akurat, tidak terpengaruh oleh kecenderungan responden, dan dapat dilakukan dalam situasi yang alami. Namun, kekurangan observasi adalah waktu dan biaya yang diperlukan untuk melakukan pengamatan serta kurangnya objektivitas dari pengamat.

Dalam rangka meningkatkan efektivitas penggunaan observasi, perlu dilakukan persiapan yang matang dan memperhatikan aspek-aspek tertentu yang relevan dengan kegiatan observasi yang akan dilakukan. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa observasi merupakan metode pengamatan yang sangat penting dalam mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ilmiah dan kegiatan lainnya.

Soal dan Jawaban Terkait Pengertian Observasi Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa pengertian observasi?
a. Suatu metode dalam penelitian kualitatif
b. Suatu bentuk wawancara
c. Suatu upaya untuk memprediksi masa depan
d. Suatu kegiatan bertanya kepada orang

Jawaban: a. Suatu metode dalam penelitian kualitatif

2. Apa yang dimaksud dengan observasi partisipan?
a. Mencatat informasi yang diberikan oleh responden
b. Mengamati tanpa turut serta dalam situasi yang diamati
c. Melakukan wawancara dengan responden
d. Mengamati dan turut serta dalam situasi yang diamati

Jawaban: d. Mengamati dan turut serta dalam situasi yang diamati

3. Apa manfaat observasi dalam penelitian?
a. Memberikan informasi yang lebih akurat
b. Mempercepat proses penelitian
c. Dapat menghemat biaya penelitian
d. Memungkinkan untuk berkonsentrasi pada faktor tertentu saja

Jawaban: a. Memberikan informasi yang lebih akurat

4. Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan observasi?
a. Membuat daftar pertanyaan
b. Mempersiapkan alat pengukur
c. Menulis hipotesis penelitian
d. Menetapkan tujuan dan fokus penelitian

Jawaban: d. Menetapkan tujuan dan fokus penelitian

5. Apa yang menjadi kendala dalam observasi?
a. Keterbatasan waktu yang tersedia
b. Sulitnya dalam mencari responden
c. Responden tidak jujur atau membohongi peneliti
d. Keterbatasan alat pengukur

Jawaban: c. Responden tidak jujur atau membohongi peneliti

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa observasi merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi atau data melalui pengamatan secara langsung. Observasi sangat penting dilakukan dalam berbagai bidang, seperti dalam penelitian, pendidikan, dan pengembangan produk. Dengan melakukan observasi secara sistematis, kita dapat memperoleh informasi yang akurat dan dapat diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan.