PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juli 18, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah..

Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah seorang pemusik Indonesia bernama Wage Rudolf Supratman. Lagu ini ditulis pada tahun 1929 untuk mengenang jasa-jasa Kartini dalam perjuangan emansipasi wanita. Melodi dan liriknya membuat lagu ini menjadi sangat populer dan menjadi simbol pergerakan perempuan Indonesia.

Apa Itu Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah

Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah

Ibu Kita Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dikenal karena perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan serta kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Di Indonesia, Ibu Kita Kartini dikenal sebagai salah satu sosok yang sangat penting dan dihormati, terutama pada peringatan hari ulang tahun ke-21 Kartini pada tanggal 21 April setiap tahun.

Salah satu hal yang sangat terkenal dari Ibu Kita Kartini adalah lagu yang dibuat olehnya, yang berjudul “Ibu Kita Kartini”. Lagu ini menjadi sangat populer dan sering diputar pada acara-acara peringatan Hari Kartini. Namun, siapa sebenarnya pencipta lagu ini?

Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah Wage Rudolf Supratman, seorang musisi dan komponis terkenal yang lahir di Surabaya pada tanggal 9 Maret 1903. Wage Rudolf Supratman adalah putra dari pasangan R.M. Suyatna Supratman dan Siti Faridah. Wage Rudolf Supratman memiliki talenta dalam bidang musik sejak usia muda.

Wage Rudolf Supratman menempuh pendidikan di Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Di sini, Ia mulai menonjol dalam bidang musik dan bergabung dengan organisasi musik yang digawangi oleh musisi yang terkenal pada waktu itu.

Pada tahun 1928, Wage Rudolf Supratman menulis lagu “Ibu Kita Kartini” ketika sedang berkunjung ke rumahnya di Surabaya. Melodi lagu tersebut diambil dari sebuah lagu keroncong yang populer pada waktu itu. Dalam lagu “Ibu Kita Kartini”, Wage Rudy Supratman mengungkapkan rasa bangga dan hormatnya kepada sosok Kartini yang telah berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lagu ini menjadi sangat populer dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, Wage Rudolf Supratman meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu pada usia 33 tahun pada tanggal 17 Agustus 1938. Namun, warisan musiknya tetaplah abadi dan sangat dihormati oleh masyarakat Indonesia.

Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah Wage Rudolf Supratman, dan lagu tersebut merupakan ciptaannya yang paling terkenal. Lagu ini menjadi lambang kebangkitan kaum perempuan pada zaman itu dan menjadi simbol penting dari perjuangan Kartini dalam membebaskan perempuan dari perbudakan dan ketidakadilan. Semoga lagu ini dapat terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berjuang untuk keadilan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Soal dan Jawaban Terkait Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Siapa pencipta lagu Ibu Kita Kartini?
A. Tino Rangkuti
B. Ismail Marzuki
C. JJ Rizal
D. A. Riyanto

2. Kapan lagu Ibu Kita Kartini sering dinyanyikan?
A. Hari Kartini
B. Hari Ibu
C. Hari Kemerdekaan
D. Hari Pahlawan

3. Apa tema yang diangkat dalam lagu Ibu Kita Kartini?
A. Perjuangan kemerdekaan
B. Pendidikan dan emansipasi perempuan
C. Cinta tanah air
D. Keindahan alam

Jawaban:

1. B. Ismail Marzuki
2. A. Hari Kartini
3. B. Pendidikan dan emansipasi perempuan.

Penutup

Dengan mengetahui kisah dibalik lagu Ibu Kita Kartini, kita seharusnya lebih menghargai perjuangan dan pengorbanan Kartini dalam perjuangannya untuk memajukan Indonesia. Lagu tersebut juga patut diwariskan dan dinyanyikan oleh generasi sekarang agar nilai-nilai yang terkandung dalam lagu tersebut tetap hidup dan diingat.