PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juli 18, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Pelecehan Non Verbal Adalah..

Pelecehan non verbal adalah tindakan yang dilakukan tanpa penggunaan kata-kata atau ucapan yang jelas, seperti ekspresi wajah, gerakan tubuh, atau kontak mata yang tidak pantas. Pelecehan non verbal dapat membuat korban merasa tidak nyaman atau terintimidasi, dan dapat menyebabkan trauma psikologis jangka panjang.

Apa Itu Pelecehan Non Verbal Adalah

Pelecehan Non Verbal Adalah, Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pelecehan non verbal adalah tindakan yang dilakukan secara tidak langsung, namun berdampak buruk pada seseorang. Kadang-kadang, pelecehan non verbal bisa lebih buruk daripada pelecehan verbal karena korban mungkin tidak menyadarinya.

Contoh pelecehan non verbal termasuk menatap terus-menerus, melempar pandangan sinis, gerakan tubuh yang tidak pantas, atau bahkan sentuhan yang tidak diinginkan. Meskipun tidak ada kata-kata yang terucap, dampaknya bisa sangat merugikan.

Bagi sebagian besar orang, pelecehan non verbal terjadi di tempat kerja. Ada beberapa hal yang bisa membuat pelecehan non verbal semakin menjalar. Salah satunya adalah karena perilaku seseorang yang tidak senonoh, tak terkontrol, yang tidak pantas dengan pengelompokan pekerjaannya.

Namun, pelecehan non verbal juga bisa terjadi di lingkungan sosial atau di antara teman-teman. Seorang teman mungkin memperlakukan seseorang secara kasar atau mengejek secara terus-menerus, dan ini bisa menjadi tindakan yang merendahkan seseorang.

Bagaimana cara mengatasinya? Pertama-tama, sangat penting untuk menyadari tindakan seperti ini. Jangan biarkan korban menganggapnya sebagai sesuatu yang kecil. Pilihlah waktu yang tepat dan ajak korban berbicara secara pribadi, ungkapkan perasaan korban dan jelaskan bahwa tindakan yang dilakukan tidak pantas.

Selain itu, bantulah korban dengan meminta bantuan dari pihak berwenang, atau buatkan aturan yang jelas untuk menghindari tindakan yang tidak pantas.

Pelecehan non verbal adalah tindakan yang sangat merugikan bagi korban. Kenali dan perhatikan tindakan seperti ini dan jangan ragu untuk bertindak untuk memberikan perlindungan kepada korban dan menangani tindakan yang merugikan.

Soal dan Jawaban Terkait Pelecehan Non Verbal Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan pelecehan non verbal?
a. Pelecehan terhadap seseorang dengan perkataan yang kasar
b. Pelecehan yang dilakukan dengan cara fisik atau langsung
c. Pelecehan yang dilakukan dengan perangkat lunak atau teknologi
d. Pelecehan yang dilakukan tanpa menggunakan kata-kata

2. Apa dampak dari pelecehan non verbal pada korban?
a. Rasa percaya diri meningkat
b. Merasa lebih dihargai oleh orang lain
c. Menimbulkan trauma, rasa takut, dan depresi
d. Merasa tenang dan damai

3. Apa contoh pelecehan non verbal?
a. Menjulurkan lidah pada seseorang yang tidak kita sukai
b. Berbicara dengan nada yang tinggi dan kasar
c. Menendang atau menghentakkan pintu dengan keras
d. Memberikan hadiah kejutan kepada teman

Contoh jawaban:

1. d. Pelecehan non verbal dilakukan tanpa menggunakan kata-kata.
2. c. Pelecehan non verbal dapat menimbulkan trauma, rasa takut, dan depresi pada korban.
3. a. Menjulurkan lidah pada seseorang yang tidak kita sukai adalah contoh pelecehan non verbal.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, pelecehan non verbal sering terjadi tanpa kita sadari. Oleh karena itu, kita harus lebih peka dan mengenal tanda-tanda pelecehan non verbal agar dapat mencegah dan menghindarinya. Mari kita menjadi bagian dari gerakan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari pelecehan non verbal.