PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Open System Interconnection Adalah..

Open System Interconnection (OSI) adalah suatu model referensi untuk menghubungkan dan mengoperasikan jaringan komputer. Model ini terdiri dari tujuh lapisan yang masing-masing memiliki fungsi dan tugasnya sendiri-sendiri dalam proses pengiriman data antar perangkat di dalam jaringan.

Pengertian Open System Interconnection Adalah

Open System Interconnection (OSI) adalah sebuah model referensi untuk komunikasi jaringan yang dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO). Model ini terdiri dari tujuh lapisan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam proses komunikasi jaringan.

Lapisan pertama dari OSI adalah Physical Layer atau lapisan fisik. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengiriman dan penerimaan sinyal fisik melalui media transmisi seperti kabel, fiber optik, atau wireless.

Lapisan kedua dari OSI adalah Data Link Layer atau lapisan link data. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengiriman dan penerimaan paket data antara dua perangkat yang terhubung dalam jaringan. Lapisan ini juga memastikan bahwa paket data yang dikirimkan tidak hilang atau rusak.

Lapisan ketiga dari OSI adalah Network Layer atau lapisan jaringan. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengiriman dan penerimaan paket data antara jaringan yang berbeda. Lapisan ini juga memastikan bahwa paket data yang dikirimkan sampai ke tujuan yang benar.

Lapisan keempat dari OSI adalah Transport Layer atau lapisan transportasi. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengiriman dan penerimaan data antara aplikasi yang berjalan pada perangkat yang terhubung dalam jaringan. Lapisan ini juga memastikan bahwa data yang dikirimkan aman dan tidak rusak.

Lapisan kelima dari OSI adalah Session Layer atau lapisan sesi. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengaturan dan pengelolaan sesi antara dua perangkat yang terhubung dalam jaringan. Lapisan ini juga memastikan bahwa koneksi antara dua perangkat tetap stabil dan terjaga.

Lapisan keenam dari OSI adalah Presentation Layer atau lapisan presentasi. Lapisan ini bertanggung jawab atas konversi data ke dalam format yang dapat dimengerti oleh aplikasi. Lapisan ini juga memastikan bahwa data yang dikirimkan dapat diproses oleh aplikasi dengan benar.

Lapisan ketujuh dari OSI adalah Application Layer atau lapisan aplikasi. Lapisan ini bertanggung jawab atas aplikasi yang berjalan pada perangkat yang terhubung dalam jaringan. Lapisan ini juga memastikan bahwa aplikasi dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan aplikasi lain pada perangkat yang terhubung dalam jaringan.

Dengan OSI, setiap lapisan tidak tergantung pada lapisan lainnya. Hal ini memungkinkan pengembangan dan penggunaan teknologi yang berbeda-beda pada masing-masing lapisan tanpa harus mempengaruhi lapisan lainnya. Dengan demikian, OSI memungkinkan interkoneksi dengan perangkat dan aplikasi yang berbeda-beda dalam jaringan yang sama.

Dalam kesimpulannya, OSI adalah model referensi yang berguna untuk memahami proses komunikasi jaringan. Dengan memisahkan proses komunikasi menjadi tujuh lapisan, OSI memudahkan pengembangan dan penggunaan teknologi yang berbeda-beda pada masing-masing lapisan. Dalam jaringan yang kompleks, OSI memungkinkan interkoneksi dengan perangkat dan aplikasi yang berbeda-beda dalam jaringan yang sama.

Soal dan Jawaban Terkait Open System Interconnection Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan Open System Interconnection (OSI)?
a. Sebuah protokol komunikasi jaringan
b. Sebuah model referensi untuk komunikasi jaringan
c. Sebuah jenis kabel jaringan
d. Sebuah jenis topologi jaringan

2. Berapa lapisan yang terdapat pada model OSI?
a. 4 lapisan
b. 5 lapisan
c. 6 lapisan
d. 7 lapisan

3. Apa fungsi dari lapisan Application pada model OSI?
a. Menentukan bagaimana data dipindahkan melalui jaringan
b. Menyediakan layanan jaringan untuk aplikasi yang berjalan pada komputer
c. Menentukan bagaimana data dikemas dan dikirim melalui jaringan
d. Menangani koneksi antara dua perangkat jaringan

Contoh jawaban:

1. b. Sebuah model referensi untuk komunikasi jaringan.

2. d. 7 lapisan.

3. b. Menyediakan layanan jaringan untuk aplikasi yang berjalan pada komputer.

Penutup

Dalam kesimpulannya, Open System Interconnection (OSI) adalah sebuah model referensi yang digunakan untuk menggambarkan komunikasi antar sistem komputer. Model ini terdiri dari tujuh lapisan yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Dengan menggunakan model OSI, komunikasi antar sistem komputer menjadi lebih terstruktur dan efektif.