PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Norma Ada Berapa..

Norma merupakan aturan atau standar perilaku yang diterima oleh masyarakat dalam suatu lingkungan. Ada beberapa jenis norma, yaitu norma agama, moral, hukum, sosial, dan adat istiadat.

Pengertian Norma Ada Berapa

Norma adalah aturan atau standar yang harus diikuti oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Norma ini mencakup berbagai aspek, seperti etika, moral, hukum, dan budaya. Namun, pertanyaannya adalah, berapa banyak norma yang harus diikuti oleh masyarakat? Apakah ada batasan jumlah norma yang harus diikuti?

Secara umum, tidak ada batasan khusus mengenai jumlah norma yang harus diikuti oleh masyarakat. Namun, setiap negara memiliki sistem norma yang berbeda-beda, tergantung pada budaya, agama, dan peraturan hukum yang berlaku. Misalnya, di Indonesia, terdapat banyak norma yang harus diikuti oleh masyarakat, mulai dari norma sosial, etika, agama, dan hukum.

Norma sosial, misalnya, mencakup aturan-aturan yang harus diikuti dalam pergaulan sehari-hari, seperti sopan santun, menghormati orang tua, dan menjaga kebersihan lingkungan. Norma etika, di sisi lain, mencakup aturan-aturan yang berkaitan dengan moralitas, seperti tidak berbohong, tidak mencuri, dan tidak merugikan orang lain.

Selain itu, norma agama juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Setiap agama memiliki aturan dan norma yang harus diikuti oleh para pengikutnya. Sebagai contoh, umat Islam harus menjalankan lima rukun Islam, seperti shalat, puasa, dan zakat. Sedangkan umat Kristen harus mengikuti ajaran Gereja dan menghormati hari Minggu sebagai hari peribadatan.

Terakhir, norma hukum juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Setiap warga negara harus mengikuti peraturan hukum yang berlaku, seperti tidak melakukan tindak pidana, membayar pajak, dan mematuhi aturan lalu lintas.

Dalam kesimpulannya, tidak ada batasan khusus mengenai jumlah norma yang harus diikuti oleh masyarakat. Namun, sebagai warga negara yang baik, kita harus mengikuti semua norma yang berlaku, baik itu norma sosial, etika, agama, dan hukum. Dengan mengikuti semua norma ini, kita bisa hidup harmonis dengan masyarakat sekitar dan menjadi contoh yang baik bagi generasi selanjutnya.

Soal dan Jawaban Terkait Norma Ada Berapa dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan norma?
a. Aturan baku yang ditetapkan oleh pemerintah
b. Perilaku yang dianggap benar oleh masyarakat
c. Pandangan hidup yang diyakini oleh sekelompok orang
d. Nilai-nilai yang dibawa oleh seseorang dari keluarga

2. Berapa jenis norma yang ada?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

3. Norma agama termasuk dalam jenis norma apa?
a. Norma hukum
b. Norma kesopanan
c. Norma kesusilaan
d. Norma kebiasaan

4. Siapa yang menetapkan norma kesopanan?
a. Pemerintah
b. Masyarakat
c. Agama
d. Keluarga

5. Contoh norma yang berlaku di masyarakat adalah…
a. Tidak berbicara dengan orang yang lebih tua
b. Tidak membawa senjata tajam ke sekolah
c. Tidak membuang sampah sembarangan
d. Tidak menipu dalam bisnis

Jawaban:
1. b
2. d
3. c
4. b
5. c

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, norma adalah sebuah aturan yang harus diikuti oleh masyarakat. Setiap negara memiliki norma yang berbeda-beda dan harus dihormati oleh setiap individu. Oleh karena itu, kita harus memahami dan menghargai norma yang ada untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan damai.