PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Negara Terakhir Yang Masuk Menjadi Anggota Asean Adalah..

Negara terakhir yang bergabung menjadi anggota ASEAN adalah Timor Leste pada tahun 2002. Sejak itu, Timor Leste telah menjadi bagian penting dari kerja sama regional ASEAN dan memperkuat hubungan politik, ekonomi, dan sosial-budaya dengan anggota ASEAN lainnya.

Penjelasan Lengkap Negara Terakhir Yang Masuk Menjadi Anggota Asean Adalah

Negara Terakhir Yang Masuk Menjadi Anggota ASEAN Adalah

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi regional yang terdiri dari sepuluh negara di Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1967 dan bermarkas di Jakarta, Indonesia. Tujuan utama dari ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, politik, dan sosial budaya antara negara-negara anggotanya.

Negara-negara anggota ASEAN saat ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Namun, tahukah Anda negara apa yang menjadi negara terakhir yang bergabung menjadi anggota ASEAN?

Negara terakhir yang bergabung menjadi anggota ASEAN adalah Timor Leste. Timor Leste resmi menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Agustus 2015 setelah melalui proses yang panjang dan rumit. Negara ini sebelumnya merupakan wilayah yang dijajah oleh Portugal dan kemudian diambil alih oleh Indonesia pada tahun 1975. Timor Leste memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 2002 dan menjadi negara merdeka ke-191 di dunia.

Proses untuk menjadi anggota ASEAN tidaklah mudah. Negara yang ingin bergabung harus memenuhi persyaratan tertentu seperti memiliki perekonomian yang stabil, mematuhi prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, dan keamanan regional. Negara calon anggota juga harus mendapat persetujuan dari semua negara anggota ASEAN.

Timor Leste telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk bergabung menjadi anggota ASEAN. Negara ini mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak dan gas bumi. Kehadiran Timor Leste di ASEAN juga diharapkan akan memperkuat kerjasama di bidang keamanan dan pertahanan regional.

Sebagai negara baru di ASEAN, Timor Leste masih memerlukan dukungan dari negara-negara anggota lainnya untuk membangun infrastruktur dan meningkatkan perekonomiannya. Namun, keanggotaan Timor Leste di ASEAN diharapkan akan membawa manfaat bagi negara tersebut dan juga bagi seluruh negara anggota ASEAN.

Dalam kesimpulannya, Timor Leste adalah negara terakhir yang bergabung menjadi anggota ASEAN pada tahun 2015. Negara ini telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk menjadi anggota ASEAN dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan juga bagi seluruh negara anggota ASEAN. ASEAN sebagai organisasi regional terus berupaya untuk meningkatkan kerjasama antara negara-negara anggotanya demi mencapai tujuan bersama yaitu kesejahteraan dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara.

Soal dan Jawaban Terkait Negara Terakhir Yang Masuk Menjadi Anggota Asean Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Negara manakah yang menjadi anggota ASEAN terakhir?
2. Kapan negara tersebut bergabung menjadi anggota ASEAN?
3. Apa alasan negara tersebut ingin bergabung menjadi anggota ASEAN?

Jawaban:
1. Negara yang menjadi anggota ASEAN terakhir adalah Timor Leste.
2. Timor Leste resmi menjadi anggota ASEAN pada 19 Juli 2017.
3. Alasan Timor Leste ingin bergabung menjadi anggota ASEAN adalah untuk memperkuat hubungan ekonomi dan politik dengan negara-negara di kawasan ASEAN serta untuk memperoleh dukungan dalam pembangunan nasional. Selain itu, bergabung menjadi anggota ASEAN juga memberikan akses untuk Timor Leste dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan keamanan maritim.

Kesimpulan

Dengan bergabungnya Timor Leste sebagai negara ke-11 di ASEAN, maka kawasan Asia Tenggara semakin solid dan terintegrasi secara politik dan ekonomi. Hal ini akan membuka peluang kerjasama yang lebih luas antara negara-negara anggota ASEAN, terutama dalam menghadapi tantangan global dan regional yang semakin kompleks. Semoga kehadiran Timor Leste di ASEAN dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang positif bagi kawasan Asia Tenggara dan dunia internasional.