PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 20, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Negara Negara Yang Berbatasan Langsung Dengan Indonesia Sebelah Utara Adalah..

Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara adalah Malaysia, Filipina, dan Palau. Malaysia memiliki perbatasan terpanjang dengan Indonesia dan memiliki hubungan yang erat dalam bidang ekonomi dan politik. Filipina memiliki perbatasan laut dengan Indonesia di sebelah utara, dan Palau merupakan negara kecil di Pasifik yang juga berbatasan dengan Indonesia.

Pengertian Negara Negara Yang Berbatasan Langsung Dengan Indonesia Sebelah Utara Adalah

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di antara benua Asia dan Australia. Dalam wilayahnya, Indonesia memiliki banyak sekali negara tetangga yang berbatasan langsung baik di darat maupun laut. Namun, pada artikel ini, kita akan membahas negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara.

1. Malaysia

Negara pertama yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara adalah Malaysia. Indonesia dan Malaysia mempunyai perbatasan darat sepanjang 1.881 km yang terletak di Pulau Kalimantan. Kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik dan sudah menjalankan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial budaya, dan keamanan.

2. Filipina

Negara kedua yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara adalah Filipina. Batas laut antara kedua negara terletak di Selat Mindanao. Tidak hanya itu, kedua negara juga memiliki hubungan yang sangat penting dalam menjaga keamanan di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, Indonesia dan Filipina pernah menjalankan patroli bersama di perairan perbatasan untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

3. Singapura

Negara ketiga yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara adalah Singapura. Meskipun berbatasan hanya di perairan, Singapura mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Indonesia. Bahkan, kedua negara pernah menjalankan patroli bersama di Selat Singapura untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

4. Thailand

Negara keempat yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara adalah Thailand. Batas darat antara Indonesia dan Thailand terletak di Pulau Sumatera. Meskipun kedua negara mempunyai perbedaan dalam hal budaya, namun hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand tetap berjalan dengan baik. Terbukti, Indonesia dan Thailand sudah menjalankan kerja sama di bidang ekonomi, pariwisata, dan sosial budaya.

Itulah negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia sebelah utara. Meskipun memiliki perbedaan dalam hal budaya, bahasa, dan agama, namun hubungan bilateral antara Indonesia dan negara tetangga tetap berjalan dengan baik. Dengan menjalin kerja sama yang baik, kedua negara dapat menciptakan kawasan yang aman dan damai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Soal dan Jawaban Terkait Negara Negara Yang Berbatasan Langsung Dengan Indonesia Sebelah Utara Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:
1. Menurut informasi yang diberikan di atas, negara-negara apa saja yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah utara?
2. Apa nama negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah utara yang memiliki wilayah terluas?

Jawaban:
1. Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah utara adalah Malaysia, Filipina, dan Timor Leste.
2. Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah utara yang memiliki wilayah terluas adalah Malaysia.

Penutup

Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki banyak negara tetangga di sebelah utaranya, yaitu Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini. Meskipun memiliki banyak negara tetangga, Indonesia tetap menjalin hubungan yang baik dengan negara-negara tersebut untuk mencapai perdamaian dan kerja sama yang saling menguntungkan. Sebagai warga negara Indonesia, mari kita selalu mempererat hubungan baik dengan negara-negara tetangga dan menjaga perdamaian di wilayah perbatasan.