PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 25, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Negara Asean Selain Indonesia Yang Berbentuk Kepulauan Adalah..

1. Filipina adalah negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 7.000 pulau yang tersebar di sekitar Laut China Selatan dan Samudra Pasifik.
2. Malaysia terdiri dari dua wilayah utama yaitu Semenanjung Malaysia dan Sabah-Sarawak di Borneo, serta memiliki lebih dari 800 pulau di sekitar perairan Malaysia.
3. Brunei Darussalam adalah negara kecil yang terdiri dari dua wilayah yang terpisah oleh Malaysia, yaitu wilayah utama di pantai utara Pulau Borneo dan wilayah kecil di perairan Laut China Selatan.
4. Singapura adalah sebuah negara pulau kecil yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia, terdiri dari pulau utama dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.
5. Timor Leste terdiri dari wilayah utama yang terletak di timur Pulau Timor dan beberapa pulau kecil di sekitarnya di sekitar perairan Timor Leste.

Apa Itu Negara Asean Selain Indonesia Yang Berbentuk Kepulauan Adalah

Negara Asean Selain Indonesia Yang Berbentuk Kepulauan Adalah

Asean atau Association of Southeast Asian Nations merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara anggota yang terletak di Asia Tenggara. Salah satu ciri khas dari negara-negara di Asean adalah keberadaan pulau-pulau yang menjadi bagian dari wilayah mereka.

Indonesia memang menjadi salah satu negara Asean yang paling terkenal dengan keberadaan pulau-pulaunya yang sangat banyak. Namun, ternyata masih ada beberapa negara Asean lainnya yang juga berbentuk kepulauan. Apa saja negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan? Berikut ulasannya.

1. Filipina

Negara Asean yang pertama yang juga berbentuk kepulauan adalah Filipina. Terletak di bagian utara Indonesia, Filipina terdiri dari lebih dari 7.600 pulau yang tersebar di seluruh wilayah negara tersebut. Dalam bahasa Filipina, kepulauan ini disebut dengan kata “archipelago”.

2. Malaysia

Selain Indonesia, Malaysia juga termasuk negara Asean yang berbentuk kepulauan. Terletak di bagian utara Sumatera, Malaysia terdiri dari dua bagian utama yaitu Semenanjung Malaysia dan Sabah-Sarawak. Selain itu, Malaysia juga memiliki beberapa pulau kecil yang tersebar di sekitar wilayahnya.

3. Brunei Darussalam

Negara kecil yang terletak di pulau Borneo ini juga termasuk negara Asean yang berbentuk kepulauan. Brunei Darussalam terdiri dari beberapa pulau kecil yang tersebar di sekitar wilayahnya. Namun, sebagian besar wilayahnya terletak di daratan.

4. Singapura

Meskipun terkenal sebagai negara kota, Singapura ternyata juga termasuk negara Asean yang berbentuk kepulauan. Terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia, Singapura terdiri dari beberapa pulau kecil yang telah dihubungkan dengan jembatan dan terowongan bawah laut.

5. Thailand

Negara Asean yang terakhir yang juga berbentuk kepulauan adalah Thailand. Terletak di bagian barat daya Asean, Thailand memiliki beberapa pulau kecil yang terkenal di seluruh dunia seperti Phuket, Koh Samui, dan Koh Phi Phi.

Itulah beberapa negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan. Meskipun memiliki banyak pulau, namun setiap negara di Asean memiliki keunikan dan kekayaan alam yang sangat beragam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Soal dan Jawaban Terkait Negara Asean Selain Indonesia Yang Berbentuk Kepulauan Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Negara ASEAN selain Indonesia yang berbentuk kepulauan adalah?
a. Malaysia
b. Filipina
c. Singapura
d. Brunei Darussalam

2. Berikut adalah negara ASEAN yang juga berbentuk kepulauan, kecuali?
a. Thailand
b. Filipina
c. Singapura
d. Malaysia

3. Negara ASEAN selain Indonesia yang memiliki banyak pulau adalah?
a. Singapura
b. Malaysia
c. Filipina
d. Brunei Darussalam

4. Negara ASEAN yang memiliki wilayah terbanyak di antara negara-negara kepulauan adalah?
a. Malaysia
b. Filipina
c. Brunei Darussalam
d. Singapura

Contoh jawaban:

1. b. Filipina
2. a. Thailand
3. c. Filipina
4. b. Filipina

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa negara-negara di ASEAN memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk geografisnya. Selain Indonesia, terdapat lima negara lain yang berbentuk kepulauan, yaitu Filipina, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Keberagaman ini menjadi salah satu daya tarik ASEAN sebagai wilayah yang kaya akan budaya dan keindahan alam.