PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 15, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah..

Negara anggota ASEAN yang mendapat julukan Negeri Seribu Pagoda adalah Myanmar. Julukan tersebut diberikan karena negara ini memiliki banyak sekali pagoda yang tersebar di seluruh wilayahnya. Pagoda-pagoda tersebut menjadi simbol keindahan, keagungan, dan keberagaman budaya Myanmar. Negara ini juga dikenal sebagai destinasi wisata religi yang populer di Asia Tenggara.

Penjelasan Lengkap Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah

Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah

Negara Anggota ASEAN yang mendapat julukan Negeri Seribu Pagoda adalah Myanmar. Nama Myanmar sendiri berasal dari kata Myanma yang berarti “orang-orang yang beradab”. Negara ini terletak di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Bangladesh, India, Tiongkok, Laos, dan Thailand.

Myanmar memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya. Salah satu aspek yang sangat dikenal dari budaya Myanmar adalah keberadaan ribuan pagoda di seluruh negara. Pagoda adalah struktur bangunan yang biasa ditemukan di wilayah Asia Timur dan Tenggara yang berfungsi sebagai tempat ibadah agama Buddha.

Di Myanmar, pagoda menjadi simbol keagamaan dan juga kebanggaan nasional. Ada banyak pagoda yang terkenal di Myanmar, seperti Shwedagon Pagoda, Bagan Pagoda, dan Kyaiktiyo Pagoda. Shwedagon Pagoda adalah pagoda yang paling terkenal di Myanmar dan sering dijadikan sebagai ikon negara tersebut.

Selain pagoda, Myanmar juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Negara ini memiliki pegunungan yang indah, danau yang besar, serta pantai yang menawan. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Myanmar adalah Danau Inle. Danau Inle terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Di danau ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang memukau dan juga melihat kehidupan sehari-hari masyarakat lokal.

Myanmar juga memiliki kekayaan kuliner yang lezat dan khas. Salah satu hidangan yang sangat terkenal di Myanmar adalah mohinga, yaitu sup ikan dengan mi beras yang disajikan dengan bumbu rempah-rempah dan sayuran. Selain mohinga, ada juga hidangan lain seperti ohn no khao swè, yaitu mi kuning dengan kuah santan dan daging ayam.

Meskipun memiliki kekayaan budaya dan alam yang melimpah, Myanmar masih memiliki banyak tantangan di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan politik. Namun, dengan kekayaan alam, budaya, dan kuliner yang dimilikinya, Myanmar tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman yang tak terlupakan di Asia Tenggara.

Soal dan Jawaban Terkait Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa negara anggota ASEAN yang mendapat julukan Negeri Seribu Pagoda?
Jawaban: Myanmar

2. Mengapa Myanmar dijuluki Negeri Seribu Pagoda?
Jawaban: Karena Myanmar memiliki ribuan pagoda dan kuil yang tersebar di seluruh negeri.

3. Berapa jumlah pagoda yang ada di Myanmar?
Jawaban: Tidak ada data yang pasti mengenai jumlah pagoda di Myanmar, namun diperkirakan mencapai ribuan.

4. Apa fungsi dari pagoda di Myanmar?
Jawaban: Pagoda di Myanmar berfungsi sebagai tempat pemujaan, meditasi, dan juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat setempat.

5. Apa saja pagoda terkenal yang ada di Myanmar?
Jawaban: Pagoda terkenal di Myanmar antara lain Shwedagon Pagoda, Kyaiktiyo Pagoda, dan Ananda Temple.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah mengetahui bahwa Myanmar adalah negara anggota ASEAN yang mendapat julukan Negeri Seribu Pagoda. Keberadaan ribuan pagoda di Myanmar menjadi daya tarik wisata yang tak terbantahkan. Diharapkan dengan semakin dikenalnya julukan ini, Myanmar dapat semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik di Asia Tenggara.