PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 25, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Nama Lain Zaman Batu Tua Adalah..

Nama lain untuk Zaman Batu Tua adalah Paleolitikum, yaitu periode awal sejarah manusia yang ditandai dengan penggunaan batu sebagai alat utama dan hidup sebagai pemburu-pengumpul. Pada masa ini, manusia belum mengenal pertanian dan kehidupan masih sangat sederhana.

Pengertian Nama Lain Zaman Batu Tua Adalah

Nama Lain Zaman Batu Tua Adalah

Zaman Batu Tua atau Stone Age adalah periode dalam sejarah manusia di mana mereka masih mengandalkan alat-alat batu untuk bertahan hidup. Periode ini terjadi sekitar 3,4 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Namun, tidak hanya disebut sebagai Zaman Batu Tua, periode ini juga memiliki nama-nama lain.

Salah satu nama lain dari Zaman Batu Tua adalah Paleolitikum. Nama ini berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu paleo yang berarti “lama” dan lithos yang berarti “batu”. Paleolitikum adalah salah satu periode dalam Zaman Batu Tua di mana manusia pertama kali mulai menggunakan alat-alat batu untuk bertahan hidup. Periode ini terjadi sekitar 2,6 juta hingga 10.000 tahun yang lalu.

Selain Paleolitikum, Zaman Batu Tua juga memiliki nama lain yaitu Mesolitikum atau Zaman Batu Pertengahan. Periode ini terjadi setelah Paleolitikum dan sebelum Neolitikum. Mesolitikum terjadi sekitar 10.000 hingga 5.000 tahun yang lalu dan ditandai dengan munculnya alat-alat batu yang lebih canggih daripada Paleolitikum. Manusia mulai membuat kapak dan pisau dari batu yang lebih tajam dan kuat.

Neolitikum atau Zaman Batu Baru juga merupakan salah satu nama lain dari Zaman Batu Tua. Periode ini terjadi sekitar 10.000 hingga 4.500 tahun yang lalu. Neolitikum ditandai dengan munculnya peradaban agraris di mana manusia mulai bercocok tanam dan beternak hewan. Alat-alat batu yang digunakan juga semakin canggih dan dilengkapi dengan alat-alat lain seperti kayu dan tulang.

Dalam sejarah manusia, Zaman Batu Tua memainkan peran penting dalam perkembangan manusia. Dalam periode ini, manusia telah belajar untuk bertahan hidup dan mengembangkan alat-alat yang diperlukan untuk itu. Dengan nama-nama lain seperti Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum, Zaman Batu Tua menunjukkan betapa pentingnya periode ini dalam sejarah manusia dan perkembangan peradaban manusia.

Soal dan Jawaban Terkait Nama Lain Zaman Batu Tua Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal:
1. Apa nama lain dari Zaman Batu Tua?
2. Kenapa era ini disebut Zaman Batu Tua?
3. Kapan sekitar Zaman Batu Tua terjadi?
4. Apa saja alat-alat yang digunakan pada Zaman Batu Tua?

Jawaban:
1. Nama lain dari Zaman Batu Tua adalah Paleolitikum.
2. Era ini disebut Zaman Batu Tua karena pada masa ini manusia masih menggunakan alat-alat yang terbuat dari batu.
3. Zaman Batu Tua terjadi sekitar 2,6 juta tahun yang lalu hingga 10.000 tahun yang lalu.
4. Alat-alat yang digunakan pada Zaman Batu Tua antara lain kapak batu, pisau batu, dan tombak batu. Alat-alat tersebut digunakan untuk berburu hewan dan memotong benda-benda tertentu.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai nama-nama lain yang sering digunakan untuk menyebut zaman Batu Tua. Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai nama yang tepat, namun kesimpulannya adalah bahwa zaman Batu Tua dianggap sebagai periode penting dalam sejarah manusia. Dengan mengetahui dan memahami masa lalu manusia, kita dapat memperoleh wawasan dan inspirasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.