PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 15, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Nama Bulan Yang Pertama Dalam Kalender Hijriyah Adalah..

Nama bulan yang pertama dalam kalender Hijriyah adalah Muharram, yang dianggap sebagai bulan suci dan dihormati oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini juga merupakan awal dari tahun baru Hijriyah, dan di dalamnya terdapat peringatan penting seperti Hari Asyura dan peringatan Syahid Husain bin Ali.

Pengertian Nama Bulan Yang Pertama Dalam Kalender Hijriyah Adalah

Nama Bulan Yang Pertama Dalam Kalender Hijriyah Adalah

Kalender Hijriyah atau juga dikenal dengan istilah Kalender Islam merupakan sistem penanggalan yang digunakan oleh umat Islam. Sistem penanggalan ini berdasarkan pada pergerakan bulan, yang menghasilkan tahun hijriyah yang terdiri dari 12 bulan.

Bulan pertama dalam kalender Hijriyah adalah bulan Muharram. Bulan ini memiliki arti yang penting bagi umat Islam, karena bulan Muharram dianggap sebagai awal tahun Hijriyah dan bulan yang paling suci setelah bulan Ramadan.

Muharram berasal dari bahasa Arab yang berarti “dilarang”. Bulan ini dinamakan demikian karena pada bulan Muharram, terdapat sejumlah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang menjadi dasar bagi larangan-larangan dalam agama Islam. Salah satu peristiwa penting pada bulan Muharram adalah terjadinya peristiwa Karbala.

Peristiwa Karbala terjadi pada tanggal 10 Muharram dalam tahun 61 Hijriyah. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang sangat memilukan bagi umat Islam, khususnya bagi umat Syiah. Pada peristiwa ini, Imam Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya dan para pengikutnya dibantai oleh tentara Yazid bin Muawiyah.

Oleh karena itu, bulan Muharram dianggap sebagai bulan berkabung dan umat Islam di seluruh dunia melakukan sejumlah kegiatan untuk memperingati peristiwa Karbala. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah puasa pada tanggal 10 Muharram yang disebut dengan Ashura.

Selain itu, bulan Muharram juga menjadi momentum bagi umat Islam untuk melakukan introspeksi diri dan memperbaiki kehidupan mereka. Bulan ini dianggap sebagai awal dari tahun baru Hijriyah, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk memulai hal-hal baru dan memperbaiki diri.

Dalam kalender Hijriyah, bulan Muharram merupakan bulan yang sangat penting bagi umat Islam. Bulan ini menjadi awal dari tahun baru Hijriyah dan dianggap sebagai bulan yang paling suci setelah bulan Ramadan. Oleh karena itu, umat Islam di seluruh dunia melakukan sejumlah kegiatan untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram dan memperbaiki diri dalam menghadapi tahun yang baru.

Soal dan Jawaban Terkait Nama Bulan Yang Pertama Dalam Kalender Hijriyah Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa nama bulan yang pertama dalam kalender Hijriyah?
a. Safar
b. Muharram
c. Rajab
d. Sha’ban

Jawaban: b. Muharram

2. Berapa jumlah hari dalam bulan Muharram dalam kalender Hijriyah?
a. 29
b. 30
c. 31
d. 32

Jawaban: b. 30

3. Apa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram dalam kalender Hijriyah?
a. Idul Adha
b. Isra Mi’raj
c. Ramadhan
d. Ashura

Jawaban: d. Ashura (peringatan turunnya Nabi Musa dari gunung dan kemenangan Nabi Muhammad di Pertempuran Badar)

4. Apa arti dari kata “Muharram” dalam bahasa Arab?
a. Yang diharamkan
b. Yang suci
c. Yang diizinkan
d. Yang wajib

Jawaban: a. Yang diharamkan (merujuk pada bulan ini yang dianggap suci dan diharamkan untuk berperang)

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, nama bulan pertama dalam kalender Hijriyah adalah Muharram. Bulan ini memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam, karena menjadi awal tahun Hijriyah dan diperingati sebagai bulan yang penuh berkah. Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah dan merayakan bulan Muharram dengan penuh keikhlasan dan penghormatan.