PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 15, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Membaca Skimming Adalah..

Membaca skimming adalah teknik membaca cepat untuk mengetahui inti atau ide utama dari sebuah teks tanpa membaca secara detail. Teknik ini biasanya digunakan untuk mencari informasi penting tanpa harus membuang waktu membaca keseluruhan teks.

Pengertian Membaca Skimming Adalah

Membaca Skimming Adalah Teknik yang Harus Kamu Kuasai

Bagi kebanyakan dari kita, membaca buku atau artikel adalah tugas yang sangat membosankan dan cenderung mengalami rasa malas. Padahal, membaca adalah hal yang sangat penting untuk melatih dan mengasah otak kita agar selalu berada dalam kondisi optimal. Salah satu teknik membaca yang bisa digunakan adalah skimming, teknik ini bisa membantu kamu untuk mempercepat membaca dan menyaring informasi yang berkaitan dengan topik yang sedang kamu cari.

Apa itu Skimming?

Skimming adalah teknik membaca yang membantu kamu untuk mendapatkan gambaran umum tentang konten yang sedang kamu baca. Teknik ini cocok bagi kamu yang memiliki waktu yang terbatas dan ingin cepat mendapatkan informasi. Dalam membaca skimming, kamu hanya perlu membaca judul, subjudul, poin penting, dan beberapa kalimat awal saja. Teknik ini akan membantu kamu menyaring informasi yang penting dan menemukan apa yang sebenarnya sedang kamu cari.

Bagaimana Teknik Skimming Dilakukan?

Sebelum membaca dengan teknik ini, pastikan kamu sudah memiliki topik serta tujuan yang ingin kamu cari dalam bacaan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Baca judul dan subjudul

Baca judul dan subjudul dengan teliti, karena biasanya informasi penting terdapat di sana. Judul dan subjudul tidak hanya memberikan gambaran keseluruhan tentang isi artikel tetapi juga menyajikan informasi penting dalam format yang mudah dipahami.

2. Cari tahu topik yang dibahas

Setelah membaca judul dan subjudul, temukan topik pembahasan di dalam artikel. Cari informasi penting yang ingin kamu ketahui dan jangan membaca semua kalimat secara detail. Jika ada kalimat yang kurang penting, lewati saja.

3. Fokus pada poin penting

Berfokuslah pada poin-poin penting dalam artikel atau tulisan yang kamu baca. Jangan lupa mencatat poin-poin penting ini agar bisa kamu gunakan di kemudian hari.

4. Baca kalimat pembuka tiap paragraf

Baca kalimat pembuka setiap paragraf yang terkait dengan topik yang kamu cari. Kalimat pembuka biasanya memberikan pembukaan topik dan isi dari paragraf tersebut.

5. Cari informasi tambahan

Jika kamu masih memiliki waktu dan tertarik mengetahui lebih banyak informasi tentang topik yang sedang kamu baca, kamu bisa membaca artikel secara lebih detail dan mencari informasi tambahan tentang topik itu.

Keuntungan Membaca dengan Teknik Skimming

Membaca dengan teknik skimming memiliki banyak keuntungan, antara lain:

1. Menghemat waktu dan energi

Dengan teknik skimming, kamu bisa menghemat waktu dan energi dalam membaca. Kamu tidak perlu membaca setiap kalimat secara detil, sehingga kamu bisa lebih cepat menemukan informasi yang kamu butuhkan.

2. Menemukan informasi penting dengan cepat

Teknik skimming memungkinkan kamu menemukan informasi penting dengan lebih cepat. Kamu bisa menyaring informasi yang kurang penting dan fokus pada hal-hal yang lebih penting.

3. Mudah diaplikasikan

Teknik skimming sangat mudah diaplikasikan. Kamu bisa langsung melakukan teknik ini tanpa perlu belajar terlebih dahulu.

Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan teknik membaca skimming? Teknik ini sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang memiliki waktu yang terbatas. Jangan takut untuk mencoba teknik ini dan kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam waktu yang sangat singkat.

Soal dan Jawaban Terkait Membaca Skimming Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal dan jawaban tentang Membaca Skimming Adalah:

Soal:
1. Apa definisi Membaca Skimming?
2. Apa tujuan utama Membaca Skimming?
3. Apa yang harus dilakukan saat melakukan Membaca Skimming?
4. Apa saja yang dapat diperoleh dari Membaca Skimming?

Jawaban:
1. Membaca Skimming adalah teknik membaca cepat yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kesan umum dan gambaran singkat tentang suatu teks tanpa harus membaca seluruh isi teks.
2. Tujuan utama Membaca Skimming adalah untuk memperoleh informasi utama dari teks dengan cepat dan tepat, sehingga waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk membaca dapat dihemat.
3. Saat melakukan Membaca Skimming, kamu harus membaca judul, subjudul, pengantar atau abstrak, kata kunci, grafik, dan tabel. Fokus pada hal-hal tersebut, kemudian mencari informasi penting dan terkait dengan topik yang diharapkan.
4. Melalui Membaca Skimming, kamu dapat memperoleh kesan umum dan gambaran singkat dari teks, memahami informasi penting dan ide-ide utama, serta mempersiapkan diri sebelum membaca lebih rinci atau secara lebih terperinci.

Contoh soal dan jawaban di atas adalah contoh yang dapat digunakan untuk memahami Membaca Skimming secara umum. Namun, untuk latihan lebih lanjut tentang teknik ini, kamu bisa mencari contoh-contoh teks atau artikel yang sesuai dengan minatmu, kemudian mencoba menerapkan teknik Membaca Skimming pada teks tersebut. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, membaca skimming adalah teknik membaca cepat yang sangat berguna untuk menghemat waktu dan mempercepat proses pemahaman teks. Namun, teknik ini hanya cocok digunakan untuk membaca materi yang tidak terlalu teknis atau kompleks. Memiliki kemampuan membaca cepat yang baik bukan hanya memberikan keuntungan dalam menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan kemampuan memahami informasi yang ada di sekitar kita.