PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 25, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Marsinah Adalah..

Marsinah adalah seorang aktivis perempuan yang berjuang untuk hak-hak buruh di Indonesia pada dekade 1990-an. Ia dikenal luas karena keberaniannya menyampaikan tuntutan di tengah kondisi yang penuh tekanan dan penindasan dari pihak pengusaha. Marsinah meninggal dunia pada 8 Mei 1993 setelah dihantam oleh kelompok tak dikenal. Pembunuhan tersebut menjadi sorotan dunia internasional dan mengilhami upaya gerakan hak asasi manusia di Indonesia.

Pengertian Marsinah Adalah

Marsinah adalah seorang pejuang buruh yang berasal dari Desa Tanjung Raya, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Ia dilahirkan pada tanggal 21 Januari 1957 dan menjadi seorang buruh pabrik tekstil yang bekerja di PT Catur Insan Peduli (CIP), sebuah perusahaan garmen yang berada di kawasan Tangerang.

Marsinah adalah sosok yang tangguh dan gigih dalam memperjuangkan hak-hak buruh. Ia terus berupaya memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan bagi para buruh meskipun terus mendapat ancaman.

Namun, perjuangan Marsinah harus berakhir tragis ketika ia ditemukan tewas dengan tubuhnya yang telah dicungkil di sebuah kubangan di Desa Karanganyar, Kabupaten Serang pada tanggal 8 Mei 1993. Kasus ini pun mengejutkan masyarakat dan menjadi momentum besar bagi gerakan buruh dan perempuan Indonesia.

Setelah kematian Marsinah, banyak yang menjadi saksi gerakan perjuangan buruh di Indonesia semakin kuat dan jelas. Pemerintah Indonesia kala itu juga mengeluarkan kebijakan untuk melindungi hak-hak buruh dengan mengeluarkan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Marsinah yang merupakan simbol perjuangan buruh dan perempuan Indonesia, kini diabadikan dalam bentuk patung di Taman Marsinah yang berada di Desa Tanjung Raya, Kabupaten Serang. Patung ini merupakan bentuk penghormatan atas perjuangan Marsinah dalam memberi suara bagi para buruh dan perempuan di Indonesia.

Perjuangan Marsinah memberikan pelajaran penting bagi kita semua bahwa hak asasi manusia, termasuk hak buruh harus dihargai dan dilindungi. Semua orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan dalam bekerja.

Oleh karena itu, mari kita terus mengenang dan memperjuangkan hak-hak buruh dan perempuan di Indonesia dengan semangat perjuangan yang sama seperti yang dilakukan oleh Marsinah. Semoga perjuangan Marsinah tetap dikenang dan menjadi inspirasi bagi kita semua.

Soal dan Jawaban Terkait Marsinah Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Siapakah Marsinah?
A. Seorang atlet Indonesia
B. Seorang aktivis buruh
C. Seorang seniman terkenal
D. Seorang politisi wanita

2. Apa yang menjadi perjuangan utama Marsinah?
A. Memperjuangkan hak-hak tahanan politik
B. Memperjuangkan hak-hak perempuan
C. Memperjuangkan hak-hak buruh
D. Memperjuangkan hak-hak anak-anak

3. Di mana Marsinah ditemukan tewas?
A. Di kantor serikat buruh
B. Di tempat tinggalnya
C. Di kantor polisi setempat
D. Di kampus universitas

4. Apa penyebab kematian Marsinah?
A. Bunuh diri
B. Kecelakaan
C. Sakit
D. Pembunuhan

5. Apa yang terjadi setelah kematian Marsinah?
A. Kasusnya ditutup tanpa penyelidikan
B. Para pelaku pembunuhan diadili dan dihukum mati
C. Tidak ada yang terjadi, kasusnya dilupakan
D. Hanya ada sedikit tindakan hukum yang diambil

Jawaban:
1. B
2. C
3. A
4. D
5. D

Kesimpulan

Dengan mengetahui kisah tragis Marsinah, diharapkan masyarakat semakin menyadari akan pentingnya perlindungan terhadap hak-hak pekerja. Kita juga harus selalu mengingat dan memperingati jasa-jasa Marsinah dalam perjuangan hak-hak buruh di Indonesia.