PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 17, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Margin Kontribusi Adalah..

Margin Kontribusi Adalah

Margin kontribusi adalah sisa pendapatan setelah biaya variabel dihitung. Kontribusi margin adalah jumlah yang berkontribusi untuk menutupi biaya tetap, lebih tinggi margin kontribusi akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan.

Pengertian Margin Kontribusi Adalah

Margin Kontribusi Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Margin kontribusi adalah salah satu konsep penting dalam dunia bisnis yang sering digunakan oleh para pengusaha dan ahli keuangan. Konsep ini sangat penting dalam menentukan keuntungan dan menjalankan operasi bisnis dengan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian margin kontribusi, cara menghitungnya, serta bagaimana margin kontribusi dapat membantu dalam membuat keputusan bisnis.

Apa Itu Margin Kontribusi?

Margin kontribusi adalah perbedaan antara pendapatan dan biaya variabel yang terkait dengan produksi dan penjualan produk atau jasa. Biaya variabel adalah biaya yang berubah sesuai dengan volume produksi atau penjualan. Contoh biaya variabel yang umum adalah bahan baku, upah pekerja, bahan kemasan, dan biaya pengiriman. Dalam perhitungan margin kontribusi, biaya tetap seperti sewa, gaji karyawan, dan biaya administrasi tidak dipertimbangkan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual produk senilai Rp. 100.000 dan biaya variabel untuk membuat produk tersebut adalah Rp. 70.000, maka margin kontribusinya adalah Rp. 30.000. Dalam hal ini, margin kontribusi dapat dihitung sebagai persentase dari harga jual dengan rumus: ((harga jual – biaya variabel) / harga jual) x 100%. Dalam contoh ini, margin kontribusi akan menjadi 30%.

Cara Menghitung Margin Kontribusi

Margin kontribusi dapat dihitung dengan mudah menggunakan rumus sederhana. Berikut adalah rumus untuk menghitung margin kontribusi:

Margin Kontribusi = Harga Jual – Biaya Variabel

Margin Kontribusi dalam Persentase = ((Harga Jual – Biaya Variabel) / Harga Jual) x 100%

Dalam perhitungan margin kontribusi, harga jual produk atau jasa dapat berbeda-beda sesuai dengan pasar dan persaingan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami harga jual yang optimal untuk beroperasi dengan efisien dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Pentingnya Margin Kontribusi dalam Bisnis

Margin kontribusi adalah salah satu indikator kunci dalam bisnis. Semakin tinggi margin kontribusi, semakin besar keuntungan yang dapat dihasilkan oleh perusahaan. Margin kontribusi juga dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan strategis, seperti menentukan harga jual yang optimal, mengevaluasi efisiensi produksi, menentukan kapan harus meningkatkan volume produksi, dan lain sebagainya.

Selain itu, margin kontribusi juga dapat membantu perusahaan dalam menentukan berapa banyak uang yang tersedia untuk menyokong biaya tetap, seperti gaji karyawan, biaya sewa, dan biaya marketing. Jika margin kontribusi terlalu rendah, perusahaan mungkin tidak dapat menutup pengeluaran tetap mereka, yang dapat mengakibatkan kerugian yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Margin kontribusi adalah perbedaan antara harga jual dan biaya variabel yang terkait dengan produksi atau penjualan produk atau jasa. Dalam perhitungan margin kontribusi, biaya tetap seperti gaji karyawan dan biaya sewa tidak dipertimbangkan. Margin kontribusi sangat penting dalam menjalankan bisnis dengan efisiensi dan memaksimalkan keuntungan yang dapat dihasilkan. Dalam membuat keputusan bisnis, perusahaan harus memahami penghitungan margin kontribusi dan memilih harga jual yang optimal untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Soal dan Jawaban Terkait Margin Kontribusi Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

PT Abadi Jaya memiliki dua produk unggulan yaitu A dan B. Berikut ini adalah data penjualan dan biaya produksi per unit dari kedua produk tersebut:

Produk A
Penjualan per unit: Rp 500.000
Biaya produksi per unit: Rp 300.000

Produk B
Penjualan per unit: Rp 700.000
Biaya produksi per unit: Rp 500.000

Hitunglah margin kontribusi dari kedua produk tersebut dan tentukan produk apakah yang memberikan margin kontribusi yang lebih besar.

Jawaban:

Produk A
Margin kontribusi = Penjualan per unit – Biaya produksi per unit
= Rp 500.000 – Rp 300.000
= Rp 200.000

Produk B
Margin kontribusi = Penjualan per unit – Biaya produksi per unit
= Rp 700.000 – Rp 500.000
= Rp 200.000

Dari hasil perhitungan di atas, diketahui bahwa margin kontribusi dari kedua produk tersebut sama besar, yaitu sebesar Rp 200.000 per unit. Namun, jika dilihat dari segi penjualan per unit, produk B memiliki potensi untuk memberikan margin kontribusi yang lebih besar karena harganya lebih tinggi daripada produk A. Oleh karena itu, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk lebih fokus dalam memasarkan produk B.

Penutup

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa marjin kontribusi adalah perbedaan antara harga jual sebuah produk dengan biaya variabel yang dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut. Marjin kontribusi sangat penting untuk dihitung dalam perencanaan bisnis karena dapat membantu bisnis dalam menghitung laba yang dihasilkan dan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan demikian, perhitungan marjin kontribusi dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi dan profitabilitasnya.