PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Latar Belakang Terbentuknya Apec Adalah..

Latar Belakang Terbentuknya Apec adalah upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antar negara-negara Asia Pasifik serta merespons perkembangan ekonomi global. APEC pertama kali dibentuk pada tahun 1989 dengan tujuan untuk menciptakan kawasan perdagangan bebas pada tahun 2020, serta membuka peluang investasi dan kerja sama di bidang ekonomi, teknologi, dan keuangan.

Penjelasan Lengkap Latar Belakang Terbentuknya Apec Adalah

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah sebuah organisasi kerjasama ekonomi yang dibentuk pada 1989 oleh 12 negara di kawasan Asia Pasifik dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di antara negara-negara anggota. Saat ini, terdapat 21 negara anggota APEC dengan ekonomi yang beragam dengan tingkat perkembangan yang berbeda-beda.

Terbentuknya APEC diawali dengan konferensi Asia Pasifik Economic Cooperation (APEC) Leaders’ Meeting yang diselenggarakan di Canberra, Australia pada tahun 1989. Setahun kemudian, para pemimpin dari 12 negara anggota APEC menandatangani sebuah deklarasi yang menyatakan tujuan utama organisasi ini yaitu untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi, memperluas kerjasama perdagangan dan investasi, serta memperbaiki kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Pasifik.

Latar belakang terbentuknya APEC sebenarnya terjadi pada masa krisis ekonomi pada tahun 1970-an dan 1980-an yang melanda sebagian besar negara di dunia. Kawasan Asia Pasifik saat itu juga terkena dampak krisis tersebut, baik terhadap kestabilan ekonomi maupun politik.

Untuk menghadapi krisis tersebut, para pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik merasa perlu untuk memperkuat hubungan kerjasama ekonomi dengan menggali potensi sumber daya, pembangunan infrastruktur, dan program-program yang bermanfaat bagi seluruh anggota.

Selain itu, pembentukan APEC juga dipicu oleh fakta bahwa kawasan Asia Pasifik saat itu menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara di kawasan Asia Pasifik mengalami kemajuan pesat dan telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dan koordinasi yang erat di antara negara-negara di kawasan tersebut.

Adanya APEC sebagai sebuah kerjasama ekonomi regional memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, APEC juga berupaya untuk mempromosikan keberlanjutan, kesetaraan, dan keterbukaan sehingga masyarakat di kawasan tersebut dapat merasakan manfaat dari kerjasama tersebut.

Dengan adanya APEC ini, harapannya adalah kawasan Asia Pasifik dapat lebih terintegrasi dan lebih merata dalam keterbukaan perdagangan, investasi dan pembangunan infrastruktur sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di kawasan ini.

Soal dan Jawaban Terkait Latar Belakang Terbentuknya Apec Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal: Apa yang menjadi latar belakang terbentuknya APEC?

Jawaban: Latar belakang terbentuknya APEC adalah sebagai berikut:

1. Adanya kebutuhan untuk memperkuat kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

2. Peningkatan perdagangan dan investasi antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang semakin meningkat, sehingga diperlukan kerja sama ekonomi untuk mengatasi tantangan dan peluang yang ada.

3. Kerja sama ekonomi regional menjadi penting di era globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia.

4. Meningkatnya peran negara-negara di kawasan Asia Pasifik dalam ekonomi global dan perdagangan internasional.

Contoh soal pilihan ganda:

1. Apa yang menjadi latar belakang terbentuknya APEC?
A. Adanya kebutuhan untuk memperkuat kerja sama di bidang militer
B. Peningkatan perdagangan dan investasi di kawasan Afrika
C. Adanya kebutuhan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik
D. Meningkatnya export-import antara negara-negara di kawasan Amerika Latin

Jawaban: C

2. Mengapa kerja sama ekonomi regional menjadi penting di era globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia?
A. Agar negara-negara di kawasan menjadi lebih bergantung satu sama lain
B. Agar negara-negara di kawasan dapat menggantikan perdagangan dengan negara-negara lain di luar kawasan
C. Agar negara-negara di kawasan dapat mengurangi ketergantungan pada negara-negara lain di luar kawasan
D. Agar negara-negara di kawasan dapat mendapatkan akses ke pasar internasional yang lebih luas

Jawaban: D

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, terbentuknya APEC merupakan wujud kerjasama antar negara untuk mendorong perekonomian dunia. Di dalamnya terjalin komunikasi untuk membahas strategi dalam meningkatkan perdagangan bebas, investasi, hingga reformasi ekonomi. Semoga ke depannya, APEC semakin mampu menciptakan harmoni dan kesejahteraan bagi negara-negara anggota dan seluruh dunia.