PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Larutan Berikut Yang Termasuk Larutan Elektrolit Adalah..

Larutan adalah campuran homogen antara dua atau lebih zat yang terdiri dari zat yang larut (solven) dan zat yang tidak larut (solvent). Sementara itu, larutan elektrolit adalah larutan yang mengandung ion-ion yang dapat menghantarkan listrik ketika terdapat arus listrik karena ion-ion tersebut memiliki muatan listrik. Contohnya adalah larutan garam dan asam.

Penjelasan Lengkap Larutan Berikut Yang Termasuk Larutan Elektrolit Adalah

Larutan elektrolit adalah larutan yang mengandung ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Larutan ini dapat dibedakan dengan larutan non-elektrolit yang tidak mengandung ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena ion-ion di dalamnya dapat berpindah dari kutub negatif ke kutub positif sehingga arus listrik dapat mengalir.

Beberapa jenis larutan yang termasuk dalam kategori larutan elektrolit adalah larutan asam, larutan basa, dan larutan garam. Larutan asam mengandung ion H+ dan larutan basa mengandung ion OH-. Sedangkan larutan garam mengandung ion-ion positif dan negatif, seperti ion natrium (Na+) dan ion klorida (Cl-).

Namun, tidak semua jenis garam termasuk dalam kategori larutan elektrolit. Garam yang terbentuk dari asam dan basa kuat cenderung larut dalam air dan menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan garam yang terbentuk dari asam dan basa lemah cenderung tidak larut dalam air dan tidak menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

Selain itu, larutan elektrolit juga dapat terjadi pada beberapa senyawa polar yang dapat menghasilkan ion-ion seperti alkohol dan urea.

Penting untuk diketahui bahwa larutan elektrolit memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Beberapa contoh diantaranya adalah larutan elektrolit dalam tubuh manusia yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, larutan elektrolit dalam baterai dan aki, serta larutan elektrolit dalam penyulingan minyak yang digunakan dalam industri.

Dalam industri kimia, larutan elektrolit juga digunakan untuk keperluan eksperimen dan produksi, seperti dalam pembuatan pupuk, obat-obatan, dan bahan kimia lainnya.

Secara keseluruhan, larutan elektrolit adalah jenis larutan yang mengandung ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Beberapa jenis larutan yang termasuk dalam kategori larutan elektrolit adalah larutan asam, larutan basa, dan larutan garam. Penting untuk memahami peran dari larutan elektrolit dalam kehidupan manusia dan penggunaannya dalam industri kimia.

Soal dan Jawaban Terkait Larutan Berikut Yang Termasuk Larutan Elektrolit Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit?
2. Sebutkan contoh larutan elektrolit!
3. Apa perbedaan antara larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit?
4. Mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik sedangkan larutan non-elektrolit tidak mampu?

Jawaban:
1. Larutan elektrolit adalah larutan yang mengandung zat-zat yang dapat terdisosiasi menjadi ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
2. Contoh larutan elektrolit antara lain: larutan asam, larutan garam, larutan basa, dan larutan logam.
3. Perbedaan antara larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit adalah pada kemampuan untuk menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik sedangkan larutan non-elektrolit tidak mampu.
4. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena terdapat ion-ion yang bergerak secara bebas di dalamnya. Sedangkan larutan non-elektrolit, tidak terdapat ion-ion bebas sehingga tidak mampu menghantarkan listrik.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, larutan elektrolit terdiri dari senyawa yang dapat menghasilkan ion-ion ketika terlarut dalam air. Beberapa contohnya adalah asam, basa, garam, dan logam yang terlarut dalam asam. Penting untuk memperhatikan jenis larutan yang kita gunakan karena ini dapat memengaruhi sifat dan reaktivitas dari campuran kimia.