PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 23, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Laporan Penelitian Adalah..

Laporan penelitian adalah dokumen tertulis yang memuat hasil penelitian yang telah dilakukan. Laporan penelitian berfungsi sebagai media informasi dan dokumentasi hasil penelitian yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan atau dalam pengembangan penelitian selanjutnya.

Laporan penelitian umumnya meliputi latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, analisis data, serta kesimpulan dan rekomendasi. Laporan penelitian dapat disusun oleh peneliti sendiri atau bersama-sama dengan tim peneliti dan harus disusun secara sistematis dan terstruktur.

Apa Itu Laporan Penelitian Adalah

Laporan Penelitian adalah salah satu bentuk hasil penelitian yang menjelaskan tentang analisis dan interpretasi data atau informasi yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Laporan Penelitian juga berisi tentang temuan dan hasil akhir dari sebuah penelitian yang dilakukan, baik itu dalam bentuk tulisan maupun presentasi.

Secara umum, laporan penelitian memiliki beberapa kegunaan yang sangat penting. Pertama, laporan penelitian dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang suatu masalah atau topik tertentu. Kedua, laporan penelitian juga dapat membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam proyek penelitian. Ketiga, laporan penelitian dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya tentang topik yang sama.

Laporan Penelitian secara khusus digunakan dalam penelitian ilmiah yang dilakukan di berbagai disiplin ilmu. Laporan Penelitian yang bagus harus menjelaskan metode dan prosedur penelitian secara detail serta mencakup analisis data yang relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, laporan penelitian juga harus memberikan diskusi tentang hasil dan temuan yang diperoleh, beserta implikasinya terhadap masalah atau topik yang diteliti.

Dalam membuat laporan penelitian, sangat penting untuk memperhatikan gaya penulisan dan format penulisan yang digunakan. Gaya penulisan dalam laporan penelitian harus objektif, jelas, dan akurat. Format penulisan laporan penelitian dapat berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang mempunyai aturan dan standar yang berbeda pula.

Sebagai contoh, dalam disiplin ilmu sosial, laporan penelitian harus mencakup abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi, hasil penelitian, analisis data, dan kesimpulan serta saran. Sedangkan dalam penelitian ilmiah di bidang sains, laporan penelitian biasanya mencakup abstrak, latar belakang, tujuan penelitian, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.

Dalam kesimpulannya, laporan penelitian memiliki banyak manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Sebagai seorang peneliti, penting untuk dapat membuat laporan penelitian yang berkualitas, sehingga hasil penelitian dapat menjadi referensi atau dasar pengembangan penelitian selanjutnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengerti dan melaksanakan setiap langkah dalam membuat laporan penelitian dengan baik dan benar.

Soal dan Jawaban Terkait Laporan Penelitian Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan laporan penelitian?
a. Dokumen resmi yang memuat hasil dari suatu penelitian
b. Dokumen informasi yang dibuat oleh penulis secara langsung
c. Majalah atau jurnal yang memuat artikel penelitian
d. Koreksi atau revisi hasil penelitian

2. Tujuan dari pembuatan laporan penelitian adalah….
a. untuk menjadi bahan persentasi atau presentasi
b. untuk memaparkan metode penelitian yang digunakan
c. untuk memberikan rekomendasi terhadap suatu masalah yang diteliti
d. untuk menyebarkan hasil penelitian ke seluruh kalangan

3. Apa saja bagian dari laporan penelitian?
a. Pendahuluan, kajian pustaka, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka
b. Pendahuluan, latihan, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka
c. Pengenalan, kajian ilmiah, teknik, hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka
d. Mulai, kajian pustaka, strategi, hasil penelitian, akhir, dan daftar pustaka

Contoh jawaban:

1. a. Dokumen resmi yang memuat hasil dari suatu penelitian
2. c. untuk memberikan rekomendasi terhadap suatu masalah yang diteliti
3. a. Pendahuluan, kajian pustaka, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka

Penutup

Dalam penelitian, laporan penelitian berperan penting sebagai hasil dari seluruh proses penelitian yang dilakukan. Laporan penelitian harus dibuat dengan jelas dan sistematis sesuai dengan struktur penulisan yang telah ditentukan. Dengan laporan penelitian yang baik, diharapkan peneliti dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penyelesaian masalah-masalah yang ada.