PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 15, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Lapisan Straposfer Berada Pada Ketinggian..

Lapisan Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas lapisan Troposfer dan memiliki ketinggian antara 10 hingga 50 kilometer di atas permukaan bumi. Di lapisan ini terdapat ozon yang berfungsi untuk menyerap radiasi UV dari matahari dan mempertahankan kehidupan di bumi.

Apa Itu Lapisan Straposfer Berada Pada Ketinggian

Lapisan Stratosfer Berada Pada Ketinggian – Apa Yang Perlu Anda Ketahui

Lapisan stratosfer adalah salah satu lapisan atmosfer Bumi yang sangat penting bagi kehidupan di planet kita. Lapisan Stratosfer berada pada ketinggian antara 10 hingga 50 kilometer di atas permukaan Bumi. Lapisan ini sangat penting karena memiliki banyak fungsi dalam menjaga keseimbangan iklim dan ekosistem di planet kita.

Salah satu fungsi utama dari lapisan stratosfer adalah menjaga kestabilan suhu di Bumi. Lapisan ini memiliki kemampuan unik untuk menyerap radiasi ultraviolet dari matahari. Radiasi ultraviolet tersebut sangat berbahaya bagi kehidupan di planet kita, terutama manusia. Jika tidak ada lapisan stratosfer, maka radiasi ultraviolet tersebut akan langsung menembus Bumi dan menyebabkan kerusakan pada ekosistem.

Lapisan stratosfer juga memiliki pengaruh yang besar dalam menjaga kualitas lingkungan hidup. Lapisan ini mampu menangkap banyak gas rumah kaca yang dikeluarkan oleh manusia dan membuat mereka jatuh ke permukaan Bumi. Jika tidak ada lapisan ini, maka gas-gas tersebut akan langsung terkumpul di atmosfer dan menyebabkan efek rumah kaca yang sangat berbahaya bagi kehidupan di Bumi.

Selain itu, lapisan stratosfer juga memiliki peran penting dalam transportasi jet. Karena lapisan ini memiliki tekanan udara yang rendah, maka pesawat jet dapat terbang lebih cepat dan lebih efisien di ketinggian tersebut.

Meskipun lapisan stratosfer sangat penting bagi kehidupan di planet kita, namun saat ini lapisan ini sedang mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia. Salah satu penyebab kerusakan lapisan stratosfer adalah penggunaan bahan kimia berbahaya seperti CFC (Chloroflourocarbon) yang banyak digunakan pada AC, kulkas, dan semprotan aerosol. CFC ini diketahui dapat merusak ozon yang terdapat di lapisan stratosfer dan mengakibatkan penipisan lapisan tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan melindungi lapisan stratosfer dari kerusakan yang lebih lanjut. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan iklim dan ekosistem di planet kita serta melindungi kesehatan manusia dari efek buruk dari radiasi ultraviolet.

Dalam rangka menjaga lapisan Stratosfer dan menjaga keseimbangan iklim di planet kita, banyak negara sudah berusaha untuk mengurangi produksi bahan kimia berbahaya. Diharapkan dengan kerja sama internasional dan kesadaran masyarakat, kerusakan lapisan stratosfer dapat dicegah dan diatasi dengan baik. Kita berharap bahwa planet kita tetap menjadi tempat hidup yang aman dan sehat bagi kita semua.

Soal dan Jawaban Terkait Lapisan Straposfer Berada Pada Ketinggian dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Pada ketinggian berapa lapisan stratosfer berada?
a. 0-10 km
b. 10-50 km
c. 50-80 km
d. 80-100 km

2. Lapisan atmosfer yang terletak di atas lapisan stratosfer adalah…
a. Lapisan troposfer
b. Lapisan mesosfer
c. Lapisan termosfer
d. Lapisan ionosfer

3. Apa yang menjadi ciri khas lapisan stratosfer?
a. Berbatasan dengan lapisan troposfer
b. Diselimuti oleh awan
c. Ketinggiannya mulai naik
d. Adanya lapisan ozon

Jawaban:
1. b. 10-50 km
2. c. Lapisan termosfer
3. d. Adanya lapisan ozon

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, lapisan stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak pada ketinggian sekitar 10-50 km dari permukaan bumi. Lapisan ini memiliki peran penting dalam menyerap radiasi UV sehingga melindungi makhluk hidup di bumi dari bahaya radiasi tersebut. Namun, perubahan iklim dan aktivitas manusia dapat berdampak pada lapisan stratosfer, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan tindakan untuk menjaga keberlangsungannya.