PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Lapisan Atmosfer Yang Berfungsi Memantulkan Gelombang Radio Adalah..

Lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio adalah lapisan ionosfer yang terletak antara 60 hingga 1.000 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan ini terbentuk oleh radiasi matahari yang dapat memisahkan partikel ion positif dan negatif di atmosfer bumi. Ketika gelombang radio melintasi lapisan ini, mereka dapat dipantulkan kembali ke bumi, memungkinkan komunikasi jarak jauh melalui sinyal radio.

Pengertian Lapisan Atmosfer Yang Berfungsi Memantulkan Gelombang Radio Adalah

Lapisan Atmosfer Yang Berfungsi Memantulkan Gelombang Radio Adalah

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer juga sekilas terlihat sebagai ruang kosong, tetapi sebenarnya terdapat banyak unsur yang dapat mempengaruhi berbagai fenomena cuaca, termasuk juga gelombang radio.

Lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio adalah lapisan ionosfer. Lapisan ini terletak pada ketinggian antara 60-1.000 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini terdapat partikel-partikel ion yang berasal dari matahari dan bumi yang dapat memantulkan gelombang radio.

Gelombang radio merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 10 mm hingga 100 km. Gelombang radio ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Heinrich Rudolf Hertz pada tahun 1887. Gelombang radio sangat bermanfaat dalam komunikasi, seperti radio, televisi, komunikasi satelit, Wi-Fi, dan lain-lain.

Namun, tanpa adanya lapisan ionosfer, gelombang radio tidak akan dapat menyebar begitu jauh. Lapisan ionosfer ini dapat memantulkan gelombang radio dan membuatnya bergerak ke sisi yang berlawanan, sehingga gelombang tersebut dapat berkembali ke bumi. Hal ini sering disebut sebagai pantulan atau refleksi.

Pemanfaatan lapisan ionosfer untuk memantulkan gelombang radio biasanya dilakukan oleh stasiun radio atau televisi yang ingin menjangkau wilayah yang jauh. Dengan memanfaatkan lapisan ionosfer, stasiun radio atau televisi dapat menjangkau pendengar atau penonton di wilayah yang sulit dijangkau oleh gelombang radio tanpa bantuan lapisan ionosfer.

Namun, penggunaan lapisan ionosfer juga memiliki kelemahan. Saat kondisi ionosfer berubah-ubah, seperti pada saat terjadi badai matahari, maka gelombang radio yang dipantulkan oleh lapisan ionosfer akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan stasiun radio atau televisi mengalami gangguan dalam siaran, atau bahkan gagal untuk dapat menjangkau pendengar atau penonton.

Dalam kesimpulannya, lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio adalah lapisan ionosfer. Lapisan ini terletak pada ketinggian antara 60-1.000 km di atas permukaan bumi dan dapat memantulkan gelombang radio sehingga dapat bergerak kembali ke bumi. Penggunaan lapisan ionosfer dalam komunikasi sangat bermanfaat, namun juga memiliki kelemahan saat kondisi ionosfer berubah-ubah.

Soal dan Jawaban Terkait Lapisan Atmosfer Yang Berfungsi Memantulkan Gelombang Radio Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:
1. Lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio adalah…
a. Lapisan Stratosfer
b. Lapisan Troposfer
c. Lapisan Ozonosfer
d. Lapisan Ionosfer

Jawaban: d. Lapisan Ionosfer

Contoh Soal Lanjutan:
2. Berapa ketinggian lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio?
a. 10 km – 50 km
b. 50 km – 100 km
c. 100 km – 200 km
d. 200 km – 400 km

Jawaban: c. 100 km – 200 km

3. Apa yang menyebabkan lapisan atmosfer ini mampu memantulkan gelombang radio?
a. Adanya oksigen di atmosfer
b. Adanya ozon di atmosfer
c. Adanya gas-gas langka di atmosfer
d. Adanya ion-ion yang terbentuk akibat radiasi matahari

Jawaban: d. Adanya ion-ion yang terbentuk akibat radiasi matahari. Ionsfer terbentuk akibat interaksi antara partikel-partikel yang terionisasi dengan sinar matahari, dan mampu memantulkan gelombang radio karena ion-ion tersebut.

Penutup

Dalam kesimpulannya, lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio adalah lapisan ionosfer yang terletak di ketinggian sekitar 80 hingga 500 kilometer di atas permukaan bumi. Fungsi lapisan ini sangat penting bagi komunikasi jarak jauh, seperti radio komunikasi dan ponsel satelit.