PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 23, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Lapan Adalah..

Lapan, atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, adalah sebuah badan pemerintah Indonesia yang bertugas mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa, serta meningkatkan kemampuan dan kemandirian bangsa dalam bidang tersebut. Lapan didirikan pada tahun 1964 dan telah berhasil menghasilkan berbagai inovasi dan pencapaian di bidang penerbangan dan antariksa.

Penjabaran Lapan Adalah

Lapan Adalah: Arti dan Makna yang Tersembunyi

Lapan adalah angka yang terdiri dari dua digit, yaitu angka 8 dan angka 1. Dalam bahasa Indonesia, angka ini diucapkan ‘delapan’ atau ‘lapan’. Meskipun terkesan biasa, ternyata ada beberapa makna dan arti yang tersembunyi di dalam angka ini.

Secara etimologi, kata ‘lapan’ berasal dari bahasa Melayu, yang memiliki arti ‘delapan’. Namun, dalam sejarah budaya Melayu, angka ini juga memiliki nilai filosofis yang dalam. Angka delapan dianggap sebagai angka yang sakral, karena bentuknya menyerupai simbol yang menggambarkan alam semesta dan kehidupan manusia.

Simbol yang dimaksud adalah lingkaran dan segitiga. Lingkaran melambangkan kesatuan dan kebulatan, sedangkan segitiga melambangkan ketajaman dan kemajuan. Gabungan kedua simbol ini melambangkan kehidupan manusia yang selalu mengalami perubahan dan peningkatan, dari lahir hingga mati.

Dalam kepercayaan Tionghoa, angka delapan juga dianggap sebagai angka keberuntungan. Hal ini karena pengucapan kata ‘delapan’ dalam bahasa Mandarin memiliki kesamaan bunyi dengan kata ‘kekayaan’. Oleh karena itu, angka ini banyak digunakan dalam berbagai situasi, seperti nomor telepon, nomor rumah, dan sebagainya.

Namun, di sisi lain, angka delapan juga memiliki makna yang kurang menyenangkan. Di beberapa budaya Asia Timur, angka ini dianggap sebagai angka yang membawa sial, karena pengucapannya mirip dengan kata ‘mati’. Oleh karena itu, beberapa gedung tinggi di Asia menghilangkan nomor lantai delapan dan mempertimbangkan lantai 18 sebagai lantai delapan.

Secara numerologi, angka delapan juga memiliki makna yang penting. Menurut beberapa ahli, angka ini melambangkan kekuatan dan kemampuan untuk mengubah hidup seseorang. Orang yang memiliki angka delapan pada kartu tarot, misalnya, dianggap sebagai orang yang memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan dan keberlimpahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, angka delapan juga sering digunakan dalam berbagai hal. Di bidang matematika, angka ini merupakan bilangan genap yang jumlah faktor prima nya hanya dua, yaitu angka 2 dan angka 2. Dalam kalender hijriyah, bulan ke delapan adalah bulan Syawal, yang dianggap sebagai bulan penuh keberkahan.

Secara keseluruhan, angka lapan memiliki makna dan arti yang tersembunyi di dalamnya. Meskipun terkesan sebagai sebuah angka biasa, namun angka ini memiliki nilai filosofis, kebudayaan, numerologi, dan sebagainya. Oleh karena itu, kita patut merenungkan dan menghargai setiap angka dan simbol yang ada di sekeliling kita, karena bisa jadi ada pesan-pesan yang ingin disampaikan dari balik angka-angka tersebut.

Soal dan Jawaban Terkait Lapan Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apakah peran Lapan dalam menjaga keamanan negara?
A. Menjaga stabilitas satelit komunikasi negara
B. Memantau pergerakan musuh dari luar angkasa
C. Mengambil gambar satelit untuk kepentingan intelijen
D. Melakukan penelitian radar untuk memantau wilayah udara

Jawaban: A

2. Apa yang dilakukan Lapan dalam bidang penelitian dan pengembangan (R&D)?
A. Membuat program penginderaan jauh untuk mendapatkan citra dari angkasa
B. Melakukan riset penelitian pengembangan satelit komunikasi
C. Membuat teknologi alat deteksi bencana alam
D. Semua jawaban benar

Jawaban: D

3. Apa tujuan dari pembuatan satelit LAPAN A3/IPB?
A. Melakukan pengamatan lahan pertanian Indonesia
B. Melakukan analisis aliran air tanah
C. Membuat dokumen agar Indonesia terhindar dari sengketa perbatasan
D. Semua jawaban benar

Jawaban: B

4. Apa saja hasil terkini dari riset Lapan tentang sistem navigasi berbasis Galileo?
A. Pengembangan aplikasi navigasi dan monitoring transportasi
B. Penelitian mengenai posisi, navigasi, dan pengamat bumi
C. Pengembangan dan implementasi sistem navigasi berbasis satelit
D. Semua jawaban benar

Jawaban: D

5. Siapa yang menentukan kebijakan di Lapan?
A. Kepala Lapan
B. Presiden
C. Kementrian Riset dan Teknologi
D. DPR

Jawaban: A

Penutup

Lapan Adalah penting untuk menunjang kemajuan teknologi dan keterampilan komunikasi satelit. Diharapkan kedepannya, Lapan dapat terus berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan memperluas pengetahuan kita tentang ruang angkasa.