PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Adalah..

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menyusun teks eksplanasi adalah menentukan topik yang akan dijelaskan. Setelah itu, kumpulkan informasi tentang topik tersebut untuk kemudian diorganisir dan disajikan secara sistematis dalam teks eksplanasi.

Apa Itu Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Adalah

Langkah pertama dalam menyusun teks eksplanasi adalah memilih topik yang akan dijelaskan secara rinci. Pemilihan topik yang tepat sangat penting dalam memulai penyusunan teks eksplanasi. Topik yang dipilih haruslah sesuai dengan pengetahuan dan minat pembaca, sehingga dapat memudahkan pembaca untuk memahami teks tersebut.

Setelah memilih topik, langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka teks eksplanasi. Kerangka teks eksplanasi terdiri dari paragraf-peragraf yang menyusun teks secara terstruktur dan teratur. Di dalam setiap paragraf, harus terdapat kalimat utama yang menggambarkan ide pokok dari paragraf tersebut.

Setelah kerangka teks eksplanasi selesai disusun, langkah selanjutnya adalah menulis paragraf pendahuluan atau pengantar. Paragraf pendahuluan berfungsi untuk memperkenalkan topik yang akan dijelaskan dan menjelaskan alasan mengapa topik tersebut penting untuk dipahami.

Langkah berikutnya adalah menyusun isi teks eksplanasi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Isi teks eksplanasi haruslah menjelaskan topik dengan alur yang terstruktur dan logis, sehingga dapat memudahkan pembaca untuk memahami dan mengikuti penjelasan secara kronologis.

Setelah isi teks eksplanasi selesai ditulis, langkah selanjutnya adalah menulis bagian penutup atau kesimpulan. Pada bagian penutup ini, penulis harus bisa memberikan kesimpulan atau rangkuman mengenai semua penjelasan yang telah disajikan sebelumnya. Selain itu, penulis juga dapat memberikan rekomendasi atau pandangan pribadi mengenai topik yang telah dijelaskan.

Dalam penyusunan teks eksplanasi, penting juga untuk menggunakan bahasa yang lugas, santun, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah atau kata-kata yang sulit dipahami oleh pembaca. Selain itu, pastikan teks eksplanasi telah melewati proses editing dan revisi agar tidak terdapat kesalahan tata bahasa atau penyusunan kalimat yang kurang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan penulis dapat menyusun teks eksplanasi yang mudah dimengerti oleh pembaca dan memudahkan pembaca untuk memahami topik yang dijelaskan.

Soal dan Jawaban Terkait Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
Apa yang harus menjadi langkah pertama dalam menyusun teks eksplanasi?

a. Menuliskan pendapat pribadi
b. Mencari sumber informasi yang akurat
c. Menghubungi ahli terkait topik yang akan dieksplorasi
d. Langsung menulis teks tanpa persiapan

Jawaban: b. Mencari sumber informasi yang akurat

Penjelasan: Langkah pertama dalam menyusun teks eksplanasi adalah dengan mencari sumber informasi yang akurat mengenai topik yang akan dieksplorasi. Ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi dapat dipercaya dan memberikan pemahaman yang benar mengenai topik tersebut. Tanpa sumber informasi yang akurat, teks eksplanasi dapat menjadi tidak meyakinkan atau bahkan menyesatkan. Oleh karena itu, langkah ini harus dijalankan dengan sungguh-sungguh sebelum memulai penulisan teks eksplanasi.

Penutup

Dalam menyusun teks eksplanasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami topik yang akan dijelaskan. Dengan memahami topik dengan baik, maka penulis dapat menyusun paparan yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Ingatlah untuk menghindari informasi yang tidak penting dan selalu gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan teks eksplanasi yang disusun dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam memberikan penjelasan kepada pembacanya.