PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Lambang Sila Pertama Adalah..

Lambang Sila Pertama adalah gambaran burung Garuda dengan kepala, sayap, dan cakar berjumlah delapan sebagai simbol dari Pancasila yang menempatkan Tuhan sebagai sumber dari segala keadilan dan kebijaksanaan. Lambang ini juga menunjukkan rasa bangga terhadap kebudayaan Nusantara dan keinginan untuk menjadi bangsa yang berkarakter serta memiliki semangat kebersamaan yang tinggi.

Pengertian Lambang Sila Pertama Adalah

Lambang Sila Pertama Adalah sebuah simbol yang terdapat dalam Pancasila, yaitu dasar Negara Indonesia. Lambang ini memiliki arti penting sebagai tanda persatuan dan kesatuan bangsa.

Sila pertama yang terkandung dalam Pancasila adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Hal ini mengandung unsur yang sangat penting bagi kepercayaan dan kebudayaan Indonesia, karena keberagaman agama yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Lambang Sila Pertama terdiri dari sebuah bintang dengan lima sudut, melambangkan ke-5 agama yang dianut oleh bangsa Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Bintang tersebut dilengkapi dengan tulisan “Ketuhanan Yang Maha Esa”, yang menunjukkan kepercayaan bangsa Indonesia akan adanya kekuatan yang satu dan tinggi di atas segalanya.

Makna dari Lambang Sila Pertama adalah membangun Negara yang adil dan makmur berdasarkan bingkai Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam hal ini, Pancasila menekankan pentingnya kepercayaan masyarakat Indonesia pada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga tercipta Negara yang damai, harmonis, dan penuh kasih sayang.

Sebagai warga negara yang baik, kita seharusnya menghayati makna dari Lambang Sila Pertama ini. Pernahkah kita berfikir tentang keberagaman agama yang ada di Indonesia? Bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan damai dan harmonis serta saling menghargai satu sama lain? Dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa, kita harus merujuk pada Dasar Negara Pancasila, khususnya Sila Pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Dalam kesempatan apapun, kita harus selalu mengingatakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, termasuk pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam keragaman. Mari kita jaga kebersamaan, saling menghargai dan memelihara ketentraman dalam hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga, kedepannya Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera.

Soal dan Jawaban Terkait Lambang Sila Pertama Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan Lambang Sila Pertama?
Jawaban: Lambang Sila Pertama adalah garis putih diagonal di atas simbol bintang berwarna merah.

2. Apa arti dari Lambang Sila Pertama?
Jawaban: Lambang Sila Pertama memiliki arti sebagai wujud dari sila pertama Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

3. Siapakah yang merancang Lambang Sila Pertama?
Jawaban: Lambang Sila Pertama dirancang oleh Ki Hajar Dewantara.

4. Mengapa Lambang Sila Pertama berupa garis diagonal?
Jawaban: Garis diagonal pada Lambang Sila Pertama melambangkan kesatuan antara Tuhan dan manusia atau manusia dan manusia.

5. Apakah Lambang Sila Pertama hanya ada pada bendera Merah Putih saja?
Jawaban: Tidak, Lambang Sila Pertama juga dapat ditemukan pada berbagai institusi atau tempat lain yang mewakili nilai-nilai Pancasila.

Penutup

Dalam artikel ini telah diuraikan mengenai lambang sila pertama yang terdapat pada Pancasila. Lambang tersebut berupa padi dan kapas yang melambangkan kesejahteraan dan kesetaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diharapkan dengan pemahaman yang baik tentang lambang sila pertama ini, masyarakat Indonesia semakin menghargai nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.