PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Icc Adalah..

ICC adalah singkatan dari International Criminal Court atau Mahkamah Pidana Internasional, yaitu lembaga peradilan internasional yang bertugas mengadili pelanggaran berat terhadap hukum internasional, seperti kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida.

Penjelasan Lengkap Icc Adalah

ICC adalah kependekan dari International Cricket Council, yaitu sebuah organisasi internasional yang mengatur dan mengawasi olahraga kriket di seluruh dunia. ICC didirikan pada tahun 1909 dan memiliki keanggotaan dari 104 negara anggota.

ICC bertanggung jawab untuk mengembangkan, mempromosikan, dan mengatur olahraga kriket di tingkat internasional. Organisasi ini memiliki peran penting dalam menjaga integritas dan standar permainan kriket, serta mengkoordinasikan turnamen dan kompetisi tingkat dunia.

Salah satu tugas utama ICC adalah mengatur dan mengawasi pertandingan internasional antara tim nasional. Mereka menetapkan aturan dan regulasi yang harus diikuti oleh pemain dan tim dalam pertandingan, termasuk penggunaan teknologi dan sistem pengambilan keputusan.

ICC juga mengatur turnamen besar seperti Piala Dunia Kriket, yang diadakan setiap empat tahun sekali. Piala Dunia Kriket adalah salah satu turnamen olahraga paling bergengsi di dunia, diikuti oleh tim nasional dari berbagai negara.

Selain itu, ICC juga memiliki peran dalam mengembangkan kriket di negara-negara yang baru mengenal olahraga ini. Mereka memberikan bantuan dan dukungan finansial kepada negara-negara anggota yang membutuhkan, dalam upaya meningkatkan popularitas dan partisipasi dalam olahraga kriket.

ICC juga memiliki peran penting dalam menjaga etika dan integritas dalam olahraga kriket. Mereka melakukan upaya untuk mencegah dan mengatasi korupsi, penyuapan, dan praktik tidak etis lainnya dalam permainan kriket.

Dalam beberapa tahun terakhir, ICC juga telah memperkenalkan format baru dalam permainan kriket, seperti kriket T20 dan Liga Kriket Indian Premier (IPL). Format-format ini telah berhasil meningkatkan popularitas olahraga kriket di berbagai negara, dan ICC terus berupaya untuk mengembangkan format-format baru yang menarik bagi penonton dan pemain.

Secara keseluruhan, ICC memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur dan mengembangkan olahraga kriket di seluruh dunia. Organisasi ini bekerja keras untuk memastikan bahwa kriket tetap menjadi olahraga yang kompetitif, adil, dan menarik bagi semua orang.

Soal dan Jawaban Terkait Icc Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan ICC?
Jawab: ICC adalah singkatan dari International Chamber of Commerce, yaitu organisasi internasional yang bertujuan untuk mempromosikan perdagangan dan investasi global.

2. Apa peran ICC dalam perdagangan internasional?
Jawab: ICC berperan dalam menyediakan standar dan pedoman untuk praktik perdagangan internasional, menyelesaikan sengketa perdagangan melalui Arbitrase ICC, dan memperjuangkan kepentingan bisnis di tingkat global.

3. Apa yang dimaksud dengan Incoterms dalam ICC?
Jawab: Incoterms adalah singkatan dari International Commercial Terms, yaitu aturan yang ditetapkan oleh ICC untuk mengatur tanggung jawab dan risiko antara penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional.

4. Apa yang dimaksud dengan Arbitrase ICC?
Jawab: Arbitrase ICC adalah proses penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh ICC. Ini melibatkan penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui panel arbitrator yang independen dan netral.

5. Apa saja keuntungan menjadi anggota ICC?
Jawab: Keuntungan menjadi anggota ICC antara lain mendapatkan akses ke jaringan bisnis global, mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan perdagangan internasional, serta bisa memperoleh bantuan dan layanan dari ICC.

6. Bagaimana ICC mempromosikan perdagangan global?
Jawab: ICC mempromosikan perdagangan global melalui penerbitan standar dan pedoman bisnis internasional, mengadakan seminar dan konferensi, serta berperan dalam mengadvokasi kepentingan bisnis di forum internasional.

7. Apa perbedaan antara ICC dan WTO?
Jawab: ICC adalah organisasi swasta yang mewakili kepentingan bisnis, sedangkan WTO adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk mengatur perdagangan dunia dan menyelesaikan sengketa perdagangan antarnegara.

8. Apa yang dimaksud dengan Kode Etik Bisnis ICC?
Jawab: Kode Etik Bisnis ICC adalah pedoman yang ditetapkan oleh ICC untuk mengatur etika bisnis di tingkat global. Ini mencakup prinsip-prinsip seperti kejujuran, transparansi, tanggung jawab sosial, dan anti-korupsi.

9. Bagaimana ICC membantu penyelesaian sengketa internasional?
Jawab: ICC membantu penyelesaian sengketa internasional melalui layanan Arbitrase ICC, di mana sengketa dapat diselesaikan secara netral dan efisien oleh panel arbitrator yang berpengalaman.

10. Apa peran ICC dalam memperjuangkan kepentingan bisnis di tingkat global?
Jawab: ICC berperan dalam mengadvokasi kepentingan bisnis di tingkat global dengan berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan perdagangan internasional, berkolaborasi dengan organisasi internasional lainnya, dan menyampaikan suara bisnis kepada pemerintah dan lembaga internasional.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ICC (International Criminal Court) adalah lembaga yang penting dan berperan dalam menegakkan keadilan internasional. Dengan tugasnya untuk mengadili pelanggaran berat terhadap hukum internasional, ICC berupaya untuk mencegah impunitas dan memperjuangkan hak asasi manusia. Melalui kerjasama internasional dan dukungan dari negara-negara anggota, ICC dapat terus beroperasi dan menjalankan misinya untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan berkeadilan.