PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Ovovivipar Adalah..

Hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah hewan yang menetaskan telurnya di dalam tubuh induknya dan kemudian melahirkan anak-anaknya. Proses ini terjadi pada beberapa jenis ikan, reptil, dan serangga.

Apa Itu Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Ovovivipar Adalah

Hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah hewan yang menetas dari telur di dalam tubuh induknya dan dilahirkan dalam bentuk yang sudah menyerupai hewan dewasa. Berbeda dengan hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar, di mana telur hewan tersebut menetas di luar tubuh induknya.

Beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ikan hiu, ular, kadal, dan beberapa jenis serangga seperti belalang. Hewan-hewan tersebut memiliki cara reproduksi yang unik dan menarik untuk dipelajari.

Ikan hiu, misalnya, memiliki sistem reproduksi yang unik. Induk hiu betina dapat menyimpan sperma selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sehingga dia dapat memilih waktu yang tepat untuk membuahi telur di dalam tubuhnya. Telur-telur tersebut kemudian menetas di dalam tubuh induknya dan anak hiu dilahirkan dalam bentuk yang sudah menyerupai hewan dewasa.

Sementara itu, ular dan kadal juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur yang dibuahi berkembang di dalam tubuh induknya dan anaknya dilahirkan dalam bentuk yang sudah siap untuk bertahan hidup di alam liar.

Bagi serangga, seperti belalang, cara berkembang biak dengan cara ovovivipar juga sangat penting. Serangga-serangga tersebut bertelur di dalam tubuhnya dan menetas di dalam tubuh induknya. Hal ini memberikan perlindungan bagi telur-telur tersebut dari faktor-faktor luar seperti predator atau perubahan cuaca yang tidak stabil.

Secara keseluruhan, hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar memiliki cara reproduksi yang unik dan menarik untuk dipelajari. Cara ini memberikan keuntungan bagi induknya untuk melindungi telur-telurnya dan memastikan kelangsungan hidup anak-anaknya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Soal dan Jawaban Terkait Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Ovovivipar Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan ovovivipar?
Jawaban: Ovovivipar adalah salah satu cara berkembang biak hewan dimana telur menetas di dalam tubuh induk, dan anak yang lahir sudah dalam bentuk serupa dengan orang tua.

2. Apa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar?
Jawaban: Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar antara lain ular, hiu, dan kadal.

3. Bagaimana proses perkembangan telur pada hewan ovovivipar?
Jawaban: Pada hewan ovovivipar, telur menetas di dalam tubuh induk dan anak yang lahir sudah dalam bentuk serupa dengan orang tua.

4. Apa keuntungan bagi hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar?
Jawaban: Keuntungan bagi hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah bahwa anaknya sudah dalam bentuk serupa dengan orang tua, sehingga lebih cepat mandiri dan lebih kuat.

5. Apa yang menjadi perbedaan antara ovovivipar dengan vivipar?
Jawaban: Perbedaan antara ovovivipar dengan vivipar adalah pada ovovivipar, telur menetas di dalam tubuh induk, sedangkan pada vivipar, anak berkembang di dalam tubuh induk dan dilahirkan dalam bentuk hidup.

6. Apa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar dan ovovivipar?
Jawaban: Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar dan ovovivipar antara lain ular, hiu, dan kadal.

7. Bagaimana cara hewan ovovivipar memelihara anaknya setelah dilahirkan?
Jawaban: Setelah dilahirkan, hewan ovovivipar tidak memelihara anaknya, tetapi langsung mandiri dan mencari makan sendiri.

8. Apa yang menjadi kelemahan bagi hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar?
Jawaban: Kelemahan bagi hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah bahwa jumlah keturunan yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar atau vivipar.

9. Apa yang menjadi peran telur dalam perkembangan hewan ovovivipar?
Jawaban: Telur berperan sebagai sarana untuk menyediakan nutrisi bagi anak yang berkembang di dalam tubuh induk.

10. Apa yang membedakan antara hewan ovovivipar dengan hewan ovipar?
Jawaban: Perbedaan antara hewan ovovivipar dengan hewan ovipar adalah pada hewan ovovivipar, telur menetas di dalam tubuh induk, sedangkan pada hewan ovipar, telur menetas di luar tubuh induk.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Jenis hewan ini memiliki karakteristik unik dalam proses reproduksi dan penting untuk dipelajari lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi pembaca.