PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 30, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Dasar Hukum Adalah..

Dasar Hukum adalah aturan atau peraturan yang menjadi landasan atau pijakan dalam pembuatan keputusan atau pelaksanaan hukum di suatu negara atau wilayah. Dasar Hukum ini bisa berupa perundang-undangan, konstitusi, putusan pengadilan, perjanjian internasional, atau kebiasaan yang diakui secara umum.

Penjelasan Lengkap Dasar Hukum Adalah

Dasar Hukum Adalah

Hukum adalah suatu sistem peraturan yang mengatur tingkah laku dan interaksi antara individu-individu dalam suatu masyarakat. Dasar hukum adalah landasan atau pijakan yang menjadi dasar penegakan hukum dan mengatur hubungan antara masyarakat dengan pemerintah.

Dasar hukum dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan presiden, keputusan menteri, dan peraturan daerah. Dasar hukum ini dibuat berdasarkan prinsip-prinsip hukum yang berlaku di suatu negara.

Di Indonesia, dasar hukum utama adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. UUD 1945 menjadi landasan bagi pembentukan undang-undang lainnya yang lebih spesifik dan rinci. Selain itu, ada juga peraturan pemerintah yang diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur prosedur pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Dasar hukum sangat penting dalam menjaga ketertiban dan keadilan dalam suatu negara. Dengan adanya dasar hukum, setiap individu dalam masyarakat memiliki pedoman yang jelas tentang apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang. Hal ini memungkinkan terciptanya kepastian hukum dan perlindungan terhadap hak-hak asasi setiap individu.

Selain itu, dasar hukum juga menjadi dasar bagi penegakan hukum. Dalam penegakan hukum, lembaga penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan harus mengacu pada dasar hukum yang berlaku. Tanpa dasar hukum yang jelas, penegakan hukum dapat menjadi tidak adil dan subjektif.

Namun, penting untuk diingat bahwa dasar hukum tidaklah statis. Perubahan dalam masyarakat, perkembangan teknologi, dan perubahan kebutuhan masyarakat dapat mempengaruhi dasar hukum yang ada. Oleh karena itu, pembaharuan dan penyempurnaan dasar hukum secara berkala perlu dilakukan agar tetap relevan dengan kondisi dan tuntutan masyarakat.

Dalam era digital seperti sekarang, penting bagi masyarakat untuk memahami dasar hukum terkait dengan penggunaan internet dan media sosial. Hal ini termasuk perlindungan data pribadi, cybercrime, hak cipta, dan masalah privasi. Dengan memahami dasar hukum ini, individu dapat melindungi diri mereka sendiri dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi.

Dalam kesimpulan, dasar hukum adalah landasan atau pijakan yang menjadi dasar penegakan hukum dan mengatur hubungan antara masyarakat dengan pemerintah. Dasar hukum ini penting untuk menjaga ketertiban, keadilan, dan perlindungan terhadap hak-hak asasi setiap individu. Oleh karena itu, pemahaman dan penghargaan terhadap dasar hukum sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Soal dan Jawaban Terkait Dasar Hukum Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan dasar hukum?
Jawaban: Dasar hukum adalah aturan atau peraturan yang menjadi pondasi dalam pembuatan hukum atau keputusan hukum.

2. Apa perbedaan antara dasar hukum formal dan materiil?
Jawaban: Dasar hukum formal merupakan peraturan yang mengatur prosedur atau cara pembuatan hukum, sedangkan dasar hukum materiil berkaitan dengan substansi atau isi dari hukum tersebut.

3. Apa peran dari dasar hukum dalam sistem hukum?
Jawaban: Dasar hukum berperan sebagai landasan atau pegangan dalam memberikan kepastian hukum serta mengatur tata cara dalam menerapkan hukum.

4. Apa saja sumber-sumber dasar hukum di Indonesia?
Jawaban: Sumber-sumber dasar hukum di Indonesia antara lain UUD 1945, peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, ketetapan MPR, dan kebiasaan hukum.

5. Bagaimana hubungan antara dasar hukum dengan keadilan?
Jawaban: Dasar hukum yang baik akan menciptakan keadilan dalam masyarakat, karena hukum akan diterapkan secara adil dan merata sesuai dengan aturan yang berlaku.

6. Apa dampak jika suatu keputusan hukum tidak memiliki dasar hukum yang kuat?
Jawaban: Keputusan hukum tanpa dasar hukum yang kuat dapat menimbulkan ketidakpastian hukum, pelanggaran hak asasi manusia, dan ketidakadilan dalam masyarakat.

7. Bagaimana cara menentukan apakah suatu peraturan memiliki dasar hukum yang sah?
Jawaban: Suatu peraturan dikatakan memiliki dasar hukum yang sah jika dibuat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dan memiliki keterkaitan yang jelas dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi.

8. Apa yang dimaksud dengan harmonisasi dasar hukum?
Jawaban: Harmonisasi dasar hukum adalah proses penyelarasan atau penggabungan peraturan-peraturan yang bertentangan atau saling tumpang tindih agar tidak terjadi konflik hukum.

9. Apa peran Mahkamah Konstitusi dalam menentukan keabsahan dasar hukum?
Jawaban: Mahkamah Konstitusi memiliki wewenang untuk menguji dan memutuskan keabsahan suatu dasar hukum, apakah sesuai dengan UUD 1945 atau tidak.

10. Apa yang dapat dilakukan jika seseorang merasa dirugikan oleh suatu dasar hukum yang tidak adil?
Jawaban: Seseorang dapat mengajukan gugatan ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilan dan meminta pembatalan atau perubahan terhadap dasar hukum yang merugikan tersebut.

Penutup

Dalam kesimpulannya, dapat disimpulkan bahwa dasar hukum adalah landasan utama dalam menjalankan suatu sistem hukum yang adil dan berkeadilan. Dengan adanya dasar hukum yang jelas, diharapkan dapat tercipta kepastian hukum yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.