PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juni 20, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Contoh Faktor Pendorong Mobilitas Sosial Pada Penyebab Struktural Adalah..

Contoh faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah ketidaksetaraan ekonomi dan kesempatan pendidikan yang rendah.

Pengertian Contoh Faktor Pendorong Mobilitas Sosial Pada Penyebab Struktural Adalah

Contoh Faktor Pendorong Mobilitas Sosial Pada Penyebab Struktural Adalah

Mobilitas sosial merupakan perubahan posisi sosial individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Mobilitas sosial dapat terjadi baik naik (mobilitas sosial positif) maupun turun (mobilitas sosial negatif). Terdapat beberapa faktor yang dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial, baik secara individu maupun struktural.

Salah satu faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah pendidikan. Pendidikan memiliki peran penting dalam menentukan posisi sosial seseorang. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi, individu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan berpenghasilan tinggi. Pendidikan juga dapat membuka akses terhadap kesempatan-kesempatan yang lebih luas, seperti kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau melanjutkan studi ke luar negeri. Oleh karena itu, individu yang memiliki pendidikan tinggi cenderung memiliki mobilitas sosial yang lebih tinggi.

Selain pendidikan, faktor lain yang dapat mempengaruhi mobilitas sosial adalah pekerjaan. Pekerjaan yang baik dan berpenghasilan tinggi dapat menjadi faktor pendorong mobilitas sosial. Pekerjaan yang menawarkan kesempatan untuk naik pangkat atau mendapatkan kenaikan gaji akan memberikan individu kesempatan untuk meningkatkan posisi sosialnya. Selain itu, pekerjaan yang memberikan akses ke jaringan sosial yang luas juga dapat mempengaruhi mobilitas sosial seseorang.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi mobilitas sosial adalah faktor ekonomi. Individu yang memiliki akses terhadap modal ekonomi yang besar, seperti harta atau kekayaan, memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan posisi sosialnya. Modal ekonomi tersebut dapat digunakan untuk membuka usaha sendiri atau memperoleh pendidikan yang lebih baik. Selain itu, faktor ekonomi juga dapat mempengaruhi akses individu terhadap layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi mobilitas sosial.

Selain faktor-faktor di atas, faktor sosial juga dapat mempengaruhi mobilitas sosial seseorang. Faktor sosial seperti keluarga, jaringan sosial, dan budaya juga dapat mempengaruhi mobilitas sosial individu. Keluarga yang mendukung dan memberikan dukungan finansial serta pendidikan yang baik kepada individu dapat meningkatkan peluang mobilitas sosial. Selain itu, jaringan sosial yang luas dan kuat juga dapat membantu individu dalam mendapatkan kesempatan-kesempatan yang lebih baik.

Dalam kesimpulannya, terdapat beberapa faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural. Pendidikan, pekerjaan, faktor ekonomi, dan faktor sosial merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mobilitas sosial individu. Memahami faktor-faktor ini dapat membantu individu dalam merencanakan langkah-langkah untuk meningkatkan posisi sosialnya.

Soal dan Jawaban Terkait Contoh Faktor Pendorong Mobilitas Sosial Pada Penyebab Struktural Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah faktor-faktor yang berasal dari struktur sosial, seperti perubahan ekonomi, perkembangan teknologi, dan perubahan politik.

2. Bagaimana perubahan ekonomi dapat menjadi faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan ekonomi, seperti adanya pembangunan industri atau krisis ekonomi, dapat menciptakan peluang baru untuk kemajuan sosial atau mempersempit peluang mobilitas sosial, tergantung pada situasi.

3. Apakah perkembangan teknologi dapat menjadi faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Ya, perkembangan teknologi dapat menciptakan peluang baru dalam bidang pekerjaan dan pendidikan, yang dapat meningkatkan mobilitas sosial individu atau kelompok sosial.

4. Bagaimana perubahan politik dapat mempengaruhi mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan politik, seperti adanya reformasi atau perubahan kebijakan pemerintah, dapat membuka peluang baru dalam hal pendidikan, pekerjaan, dan akses ke sumber daya yang penting untuk mobilitas sosial.

5. Apa hubungan antara pendidikan dan mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Pendidikan dapat menjadi faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural, karena pendidikan yang baik dapat memberikan individu atau kelompok sosial kesempatan yang lebih baik untuk mencapai kemajuan sosial.

6. Bagaimana perubahan demografi dapat mempengaruhi mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan demografi, seperti pertumbuhan populasi atau migrasi penduduk, dapat mempengaruhi kesempatan mobilitas sosial individu atau kelompok sosial, tergantung pada bagaimana perubahan tersebut memengaruhi struktur sosial.

7. Apakah kesenjangan ekonomi dapat menjadi faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Ya, kesenjangan ekonomi yang tinggi dapat menjadi pendorong mobilitas sosial, karena dapat memicu perubahan sosial dan pergeseran dalam struktur sosial.

8. Bagaimana perubahan teknologi informasi dapat mempengaruhi mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan teknologi informasi, seperti perkembangan internet dan media sosial, dapat menciptakan peluang baru dalam hal koneksi, informasi, dan akses ke peluang yang dapat meningkatkan mobilitas sosial.

9. Bagaimana perubahan kebijakan pendidikan dapat mempengaruhi mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan kebijakan pendidikan, seperti adanya kebijakan inklusi atau kebijakan akses pendidikan yang lebih luas, dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi individu atau kelompok sosial untuk meningkatkan mobilitas sosial.

10. Bagaimana perubahan sistem politik dapat mempengaruhi mobilitas sosial pada penyebab struktural?
Jawaban: Perubahan sistem politik, seperti transisi dari rezim otoriter ke demokrasi atau sebaliknya, dapat mempengaruhi peluang mobilitas sosial individu atau kelompok sosial, karena perubahan tersebut dapat membuka atau mempersempit ruang politik dan sosial.