PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 24, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Faktor Pendorong Integrasi Sosial Adalah..

Faktor-faktor pendorong integrasi sosial adalah saling pengertian, kesamaan nilai dan norma, serta adanya komunikasi yang baik. Faktor yang tidak termasuk faktor pendorong integrasi sosial adalah adanya konflik dan persaingan antarindividu atau kelompok.

Penjelasan Lengkap Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Faktor Pendorong Integrasi Sosial Adalah

Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Faktor Pendorong Integrasi Sosial Adalah

Integrasi sosial adalah proses di mana individu-individu dari berbagai latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi bersatu untuk membentuk masyarakat yang harmonis. Proses ini melibatkan saling pengertian, toleransi, dan kerjasama antarindividu. Namun, tidak semua faktor dapat menjadi pendorong integrasi sosial. Berikut ini adalah beberapa faktor yang tidak termasuk dalam faktor pendorong integrasi sosial.

1. Diskriminasi dan prasangka sosial
Diskriminasi dan prasangka sosial adalah sikap negatif dan stereotip terhadap individu atau kelompok tertentu. Faktor ini justru menghambat integrasi sosial karena menciptakan ketidaksetaraan, ketidakadilan, dan ketegangan antarindividu. Diskriminasi dan prasangka sosial bisa berdasarkan ras, agama, suku, gender, atau orientasi seksual, dan hal ini menghambat terciptanya rasa saling percaya dan kerjasama di antara masyarakat.

2. Konflik sosial
Konflik sosial adalah benturan antarindividu atau kelompok yang dapat terjadi karena perbedaan kepentingan, tujuan, atau nilai-nilai. Konflik sosial dapat menghancurkan ikatan sosial yang telah terbentuk dan menggantikannya dengan rasa saling curiga dan permusuhan. Oleh karena itu, konflik sosial bukanlah faktor pendorong integrasi sosial, melainkan malah dapat memperkuat pemisahan dan perpecahan antarindividu atau kelompok.

3. Ketimpangan ekonomi dan sosial
Ketimpangan ekonomi dan sosial juga dapat menjadi penghambat integrasi sosial. Ketika terdapat kesenjangan yang besar antara kelompok masyarakat yang kaya dan miskin, atau antara kelompok yang berkuasa dan yang tidak berkuasa, hal ini dapat menciptakan ketidakadilan dan ketegangan sosial. Integrasi sosial membutuhkan adanya kesetaraan, keadilan, dan kesempatan yang sama bagi semua individu untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam masyarakat.

4. Komunikasi yang buruk
Komunikasi yang buruk atau kurang efektif juga dapat menghambat integrasi sosial. Ketika individu atau kelompok tidak dapat saling berkomunikasi dengan baik, misalnya karena perbedaan bahasa, budaya, atau tingkat pendidikan, hal ini dapat menyebabkan ketidakpahaman dan kesalahpahaman. Komunikasi yang buruk dapat menghambat terciptanya saling pengertian, kerjasama, dan solidaritas di antara individu-individu dalam masyarakat.

Dalam rangka menciptakan integrasi sosial yang baik, penting bagi masyarakat untuk mengatasi faktor-faktor yang menghambat integrasi sosial tersebut. Meminimalkan diskriminasi dan prasangka sosial, mengelola konflik sosial dengan bijaksana, mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial, serta meningkatkan komunikasi yang efektif adalah langkah-langkah penting yang dapat dilakukan untuk mendorong terciptanya integrasi sosial yang sehat dan harmonis.

Soal dan Jawaban Terkait Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Faktor Pendorong Integrasi Sosial Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal:

1. Apa yang tidak termasuk faktor pendorong integrasi sosial?
A. Kebebasan beragama
B. Keterbukaan informasi
C. Ketidaksetaraan ekonomi
D. Sikap saling menghormati
E. Pendidikan yang berkualitas

2. Mana di antara berikut yang bukan merupakan faktor pendorong integrasi sosial?
A. Adanya kesamaan budaya
B. Toleransi antaragama
C. Konflik politik yang intens
D. Keadilan sosial
E. Kerjasama dalam kegiatan sosial

3. Faktor mana di bawah ini yang tidak mendukung integrasi sosial?
A. Adanya keadilan dalam sistem hukum
B. Keterbukaan terhadap perbedaan budaya
C. Ketidakadilan ekonomi yang tinggi
D. Toleransi antaragama yang tinggi
E. Kesadaran akan pentingnya kerjasama sosial

4. Manakah di antara opsi berikut yang tidak termasuk faktor-faktor yang tidak mendorong integrasi sosial?
A. Diskriminasi rasial
B. Ketidakadilan ekonomi
C. Ketidaksetaraan gender
D. Kesadaran akan pentingnya kebersamaan
E. Konflik politik yang berkepanjangan

5. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong integrasi sosial adalah?
A. Adanya keragaman budaya
B. Toleransi antaragama
C. Keterbukaan informasi
D. Ketidakpercayaan antara individu
E. Saling menghargai perbedaan

Jawaban:

1. C. Ketidaksetaraan ekonomi
2. C. Konflik politik yang intens
3. A. Adanya keadilan dalam sistem hukum
4. D. Kesadaran akan pentingnya kebersamaan
5. D. Ketidakpercayaan antara individu