PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Berikut Ini Yang Termasuk Sebagai Piagam Ham Di Indonesia Adalah..

Piagam Ham di Indonesia adalah seperangkat dokumen yang berisi hak-hak asasi manusia yang diakui dan dilindungi oleh negara. Termasuk di dalamnya adalah Piagam Jakarta, Piagam ASEAN, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Apa Itu Berikut Ini Yang Termasuk Sebagai Piagam Ham Di Indonesia Adalah

Piagam Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia adalah seperangkat prinsip dan nilai-nilai yang diakui dan dijamin oleh negara untuk melindungi dan menghormati hak-hak dasar setiap individu. Piagam HAM ini mengacu pada berbagai dokumen, peraturan, dan kesepakatan internasional yang telah diratifikasi oleh Indonesia.

Sebagai negara demokratis, Indonesia telah memastikan bahwa hak asasi manusia menjadi bagian integral dari sistem hukum dan pemerintahan negara. Beberapa dokumen penting yang menjadi landasan bagi piagam HAM di Indonesia antara lain:

1. Undang-Undang Dasar 1945: Konstitusi Indonesia yang menjadi landasan utama dalam menjamin hak asasi manusia. Pasal 28B hingga 28J secara khusus mengatur tentang hak asasi manusia, termasuk hak hidup, hak kemerdekaan, hak persamaan, dan hak keadilan.

2. Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM): Dokumen yang disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1948. Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut menandatangani deklarasi ini. DUHAM mengakui hak-hak dasar setiap individu, seperti hak hidup, hak kemerdekaan berpendapat, hak atas kebebasan beragama, dan hak untuk mendapatkan perlindungan hukum.

3. Konvensi Hak-Hak Sipil dan Politik (KHSP): Dokumen yang juga disahkan oleh PBB pada tahun 1966. Indonesia telah meratifikasi konvensi ini pada tahun 2005. KHSP mengatur tentang hak sipil dan politik, seperti hak atas kebebasan berpendapat, hak atas kebebasan beragama, hak untuk tidak disiksa, dan hak untuk mendapatkan perlindungan hukum.

4. Konvensi Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya (KHESB): Dokumen yang disahkan oleh PBB pada tahun 1966. Indonesia telah meratifikasi konvensi ini pada tahun 2005. KHESB mengatur tentang hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya, seperti hak atas pekerjaan, hak atas pendidikan, hak atas perumahan, dan hak atas kesehatan.

5. Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban (UU PPSK): Undang-undang yang diberlakukan di Indonesia untuk melindungi saksi dan korban dalam proses hukum. Undang-undang ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap saksi dan korban agar mereka dapat memberikan kesaksian tanpa rasa takut atau intimidasi.

6. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Penggunaan dan Pengelolaan Barang Sitaan dan Barang Rampasan dalam Penanganan Tindak Pidana: Peraturan yang mengatur tentang penggunaan dan pengelolaan barang sitaan dan barang rampasan dalam penanganan tindak pidana. Peraturan ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan barang sitaan dan barang rampasan serta melindungi hak-hak pihak yang berkepentingan terhadap barang tersebut.

Piagam HAM di Indonesia ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk melindungi hak-hak dasar setiap individu. Namun, implementasi dan pemenuhan piagam HAM ini masih menjadi tantangan di berbagai sektor, seperti perlindungan hak-hak perempuan, hak atas kebebasan beragama, hak-hak pekerja migran, dan hak-hak masyarakat adat. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan perlindungan HAM di Indonesia.

Soal dan Jawaban Terkait Berikut Ini Yang Termasuk Sebagai Piagam Ham Di Indonesia Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa yang dimaksud dengan Piagam Ham di Indonesia?
Jawaban: Piagam Ham di Indonesia adalah dokumen yang berisi hak-hak dasar yang dijamin oleh negara kepada setiap warga negara.

2. Apa saja yang termasuk sebagai Piagam Ham di Indonesia?
Jawaban: Piagam Ham di Indonesia antara lain adalah UUD 1945, Undang-Undang Dasar, Deklarasi Hak Asasi Manusia, Konvensi Hak-Hak Anak, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

3. Mengapa UUD 1945 termasuk sebagai Piagam Ham di Indonesia?
Jawaban: UUD 1945 termasuk sebagai Piagam Ham di Indonesia karena di dalamnya terdapat penegasan mengenai hak-hak dasar warga negara, seperti kebebasan berpendapat, kebebasan beragama, dan hak-hak sosial lainnya.

4. Apa yang dijamin oleh Deklarasi Hak Asasi Manusia di Indonesia?
Jawaban: Deklarasi Hak Asasi Manusia di Indonesia menjamin hak-hak dasar seperti hak hidup, kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi, dan hak-hak lainnya.

5. Apa yang diatur oleh Konvensi Hak-Hak Anak di Indonesia?
Jawaban: Konvensi Hak-Hak Anak di Indonesia mengatur tentang hak-hak anak, seperti hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bermain, dan hak-hak lainnya.

6. Apa yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar di Indonesia?
Jawaban: Undang-Undang Dasar di Indonesia menjamin hak-hak dasar seperti kebebasan beragama, kebebasan berpendapat, hak atas pendidikan, dan hak-hak lainnya.

7. Apa yang diatur oleh Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di Indonesia?
Jawaban: Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di Indonesia mengatur tentang hak-hak dasar yang berlaku bagi semua manusia, seperti hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, dan hak-hak lainnya.

8. Siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Piagam Ham di Indonesia?
Jawaban: Pemerintah Indonesia bertanggung jawab atas pelaksanaan Piagam Ham di Indonesia.

9. Bagaimana jika hak-hak yang tercantum dalam Piagam Ham di Indonesia dilanggar?
Jawaban: Jika hak-hak yang tercantum dalam Piagam Ham di Indonesia dilanggar, maka individu yang merasa haknya dilanggar dapat mengajukan protes atau melaporkan kepada pihak yang berwenang.

10. Apa tujuan utama dari adanya Piagam Ham di Indonesia?
Jawaban: Tujuan utama dari adanya Piagam Ham di Indonesia adalah untuk melindungi hak-hak dasar setiap warga negara dan mewujudkan keadilan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.