PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita mau bahas tentang jenis pelaporan nih. Nah, mungkin beberapa dari kalian udah pernah denger istilah ini, tapi mungkin juga ada yang masih bingung. Tenang aja, kita bakal bahas dengan santai dan gak pake bahasa formal yang ribet. Jadi, siap-siap ya buat ngobrolin pelaporan ini bareng-bareng. Yuk, kita mulai!

Laporan adalah dokumen metodis dan terstruktur yang mendefinisikan dan menganalisis masalah atau masalah tertentu. Tujuan utama dari laporan ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pembacanya. Laporan digunakan dalam bisnis yang berbeda dan berbagai jenis laporan berbeda sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas jenis-jenis penulisan laporan. Kami akan memfokuskan perhatian kami khususnya pada format pelaporan informal dan formal.

Namun, selalu ingat bahwa tidak ada format yang diterima secara universal untuk menulis laporan. Anda harus mengikuti format yang ditentukan oleh perusahaan atau kursus Anda.

Laporan tidak resmi

Tujuan dari laporan informal adalah untuk menginformasikan, menganalisis dan merekomendasikan. Biasanya dalam bentuk memo, surat, atau dokumen yang sangat singkat seperti laporan keuangan bulanan, laporan penelitian dan pengembangan, dll. Laporan ini lebih pendek dan lebih informal daripada laporan resmi. Itu ditulis sesuai dengan gaya dan aturan organisasi, tetapi umumnya tidak termasuk materi utama dan tambahan. Pelaporan informal umumnya memiliki nada percakapan yang lebih banyak dan biasanya berhubungan dengan masalah sehari-hari dan isu-isu organisasi. Laporan penjualan, laporan laboratorium, laporan kemajuan, laporan layanan, dll. Adalah contoh dari jenis laporan ini.

Laporan informal biasanya berisi

  • Perkenalan
  • Membahas
  • Rekomendasi dan referensi

Perkenalan:

Pertama, nyatakan masalah secara umum agar pembaca dapat memahami konteksnya. Kemudian nyatakan pertanyaan atau tugas spesifik yang sedang Anda hadapi. Terakhir, jelaskan tujuan makalah dan hasil yang diharapkan. Karena ini adalah laporan informal dan singkat, bagian ini tidak perlu dibuat panjang. Dua atau tiga kalimat sudah cukup.

Membahas:

Sajikan temuan Anda dengan jelas dan ringkas dengan cara yang tepat. Anda dapat menggunakan daftar, tabel, bagan, dll dengan penjelasan yang cukup. Sajikan hasil Anda dalam urutan kepentingan. Dengan cara ini, informasi terpenting dibaca terlebih dahulu. Ini akan menjadi bagian terpanjang dari laporan Anda karena berisi informasi utama.

Kesimpulan dan rekomendasi:

Kesimpulan laporan, tergantung pada tujuannya, harus mengingatkan pembaca tentang tindakan apa yang harus diambil. Bagian rekomendasi mungkin tidak diperlukan kecuali diminta. Itu tergantung pada kebijakan perusahaan / organisasi.

Laporan resmi

Tujuan dari laporan formal adalah untuk mengumpulkan dan menginterpretasikan data dan melaporkan informasi. Laporan formal itu rumit dan panjang dan bahkan mungkin disiapkan di sampul buku yang dijilid. Surat resmi umumnya berisi

  • Judul Halaman
  • Ringkasan bisnis plan
  • Perkenalan
  • metode / metode
  • Hasil/Temuan
  • Membahas
  • Kesimpulan
  • rekomendasi
  • Lampiran
  • Bibliografi – daftar buku

Judul Halaman: Halaman judul harus mencantumkan judul laporan, nama penulis, nama mata kuliah (jika ditulis oleh mahasiswa) atau perusahaan, dan tanggal.

Ringkasan bisnis plan: Ringkasan eksekutif adalah ringkasan dari seluruh laporan dalam urutan logis. Itu harus menyoroti tujuan, metode penelitian, temuan, kesimpulan dan rekomendasi. Ringkasan eksekutif harus ditulis dalam bentuk lampau dan tidak lebih dari 1 halaman. Meskipun bagian ini termasuk dalam bagian pertama laporan, akan lebih mudah untuk menulis bagian ini setelah menyelesaikan sisa laporan.

Perkenalan: Pendahuluan harus memuat masalah utama, kepentingannya dan tujuan penelitian. Latar belakang dan konteks laporan juga disertakan dalam bagian ini.

metode/metodologi: Ini adalah bagian di mana Anda menjelaskan metode yang digunakan dalam penelitian Anda. Jika ini adalah penelitian ilmiah, Anda dapat menjelaskan metode eksperimennya.

Hasil/Temuan: Bagian ini menyajikan hasil atau temuan proyek/penelitian Anda. Anda juga dapat menyajikan data menggunakan metode visual seperti tabel, grafik, dll. Namun, jangan menafsirkan temuan di sini.

Membahas: Di bagian ini, Anda dapat menjelaskan apa arti hasil di atas. Anda juga dapat menganalisis, menafsirkan, dan mengevaluasi data, mencatat tren, dan membandingkan hasil dengan teori. Umumnya, ini disebut sebagai bagian terpenting dari laporan.

Kesimpulan: Ini adalah ringkasan dari temuan. Kesimpulan tidak boleh dikacaukan dengan bagian hasil/temuan karena kesimpulan adalah penyederhanaan masalah yang dapat disimpulkan secara logis dari temuan.

rekomendasi: Di bagian rekomendasi, perubahan, solusi yang tepat harus disediakan.

Lampiran: Ini berisi lampiran yang terkait dengan laporan. Misalnya, survei, kuesioner, dll.

Bibliografi – daftar buku: Ini adalah daftar semua referensi.

Volume satu laporan

Didedikasikan untuk gambar:

Sampul Laporan Kesenjangan Gender 2008 oleh Forum Ekonomi Dunia di en.wikipedia – (CC BY-SA 3.0) via Commons