PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai, teman-teman! Kita semua pasti setuju bahwa kemampuan membaca itu penting banget, kan? Nah, nih, kali ini kita mau bahas faktor apa sih yang paling penting dalam meningkatkan keterampilan membaca kita. Kita tahu, membaca itu nggak cuma sekadar mengenali kata-kata aja, tapi juga memahami maksud dari tulisan tersebut. Nah, untuk bisa meningkatkan keterampilan membaca kita, ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan. Yuk, kita simak bareng-bareng!

Membaca adalah salah satu metode utama yang kita gunakan untuk memperoleh data dan informasi di dunia kontemporer. Untuk membaca sebuah teks, seseorang harus memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana bunyi diwakili oleh alfabet, latar belakang pengetahuan, dan kosa kata yang cukup untuk memahami teks tertulis. Ada banyak cara untuk meningkatkan keterampilan membaca. Namun, faktor terpenting dalam meningkatkan keterampilan membaca adalah membaca itu sendiri. Tidak ada yang lebih baik dari membaca setiap hari untuk meningkatkan keterampilan membaca Anda.

Faktor apa yang paling penting dalam meningkatkan keterampilan membaca?

Baca, baca dan baca

Faktor terpenting dalam meningkatkan keterampilan membaca adalah latihan. Semakin banyak Anda membaca, semakin baik Anda dalam membaca. Anda dapat menguasai keterampilan membaca Anda dengan membaca setiap hari. Apa pun yang Anda baca – Anda dapat membaca buku, majalah, komik, surat kabar, pengumuman, poster, halaman web, dan banyak lagi. Tapi pastikan Anda memahami arti dari apa yang Anda baca. Jika Anda tidak memahami kata dan frasa, Anda selalu dapat mencari kata asing di kamus. Saat Anda menghabiskan lebih banyak waktu membaca, kata-kata akan menjadi lebih akrab dan Anda secara alami akan menjadi lebih baik dalam membaca. Pastikan untuk membaca setidaknya dua puluh menit setiap hari.

Anda dapat menggunakan metode membaca yang berbeda untuk mengembangkan keterampilan membaca yang berbeda.

Jenis membaca

Ada empat jenis keterampilan membaca yang dikenal sebagai skimming, scanning, membaca ekstensif, dan membaca intensif.

Tampilan permukaan: Alihkan pandangan Anda ke teks dengan cepat untuk memahami inti dari teks tersebut.

Contoh: surat kabar (untuk mendapatkan berita umum), majalah (untuk melihat artikel yang diminati), brosur, dll.

memindai: Pindai teks dengan cepat untuk menemukan informasi tertentu.

Misalnya: jadwal kereta api, panduan TV, dll.

Bacaan ekstensif: Membaca teks yang lebih panjang untuk mendapatkan pengetahuan umum tentang suatu teks. Ini termasuk membaca untuk kesenangan.

Misalnya: novel, artikel majalah, buku sejarah, buku bisnis, dll.

Membaca intensif: Membaca teks yang lebih pendek untuk memperoleh informasi tertentu. Setiap kata, setiap fakta harus dipahami oleh pembaca.

Misalnya: kontrak, laporan akuntansi, studi untuk tujuan akademik, dll.

Namun, keempat metode membaca ini tidak saling eksklusif. Misalnya, orang menelusuri majalah dan surat kabar untuk melihat artikel apa yang menarik. Kemudian mereka akan mulai membaca secara ekstensif.

Membaca membutuhkan keterampilan yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa keterampilan tersebut.

  • Memahami naskah bahasa (kata-kata tertulis)
  • Menyimpulkan arti dan penggunaan kata dan frase asing
  • Pemahaman informasi yang dinyatakan dengan jelas
  • Memahami informasi yang tidak dinyatakan dengan jelas
  • Memahami konsep atau makna konseptual
  • Memahami hubungan di berbagai bagian kalimat
  • Mengidentifikasi fokus utama atau fakta terpenting dari sebuah teks
  • Ekstrak fakta utama untuk meringkas

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan membaca Anda

  • Mulailah dengan membaca buku-buku yang mudah. Jika Anda memulai dengan membaca materi yang terlalu tinggi untuk level Anda, akan sulit bagi Anda untuk memahami artinya. Ketika ini terjadi, Anda juga akan kehilangan minat membaca. Anda juga bisa Pilih subjek dan topik favorit Anda yang paling. Saat keterampilan membaca Anda meningkat, Anda dapat meningkatkannya dengan membaca buku-buku lanjutan.
  • Pelajari kosa kata baru. Ini merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca. Anda dapat menuliskan kata-kata asing yang Anda temukan dalam bacaan harian Anda dan mempelajarinya. Saat Anda meningkatkan keterampilan membaca Anda, Anda akan menemukan semakin sedikit kata-kata asing. tapi cobalah Pelajari setidaknya satu kata baru setiap hari.
  • Baca konten dari genre yang berbeda. Jangan hanya membaca satu jenis buku – cobalah semuanya. Ini membantu Anda mempelajari berbagai kosakata serta gaya penulisan yang berbeda.
  • Bergabunglah dengan klub buku. Bergabung dengan klub buku memotivasi Anda untuk menyelesaikan sebuah buku. Bahkan jika Anda tidak memahami beberapa bagian dari buku tersebut, Anda dapat mendiskusikannya dengan anggota lain.
  • Jika Anda belajar untuk tujuan akademik, Selalu buat catatan Anda juga dapat menggunakan metode seperti menggarisbawahi dan menyorot saat membaca.
  • Bergabung dengan perpustakaan. Ini membantu Anda menemukan berbagai genre buku.
  • Jangan fokus pada kata-kata individu. Cobalah untuk memahami arti umum dari semua frasa, kalimat secara bersamaan. Ini akan membantu meningkatkan kecepatan membaca Anda.

Didedikasikan untuk gambar:

“Anak-anak membaca di Brookline Booksmith” oleh Tim Pierce – Awalnya diposting sebagai Lost (CC BY 2.0) di Flickr melalui Wikimedia Commons.

“Gambar 2900” (Domain Publik) melalui PEXEL