PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Daftar Bansos Lansia 2023 – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan sosial (bansos) BLT PKH untuk lansia tahun ini. Bantuan ini ditujukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata dalam program DTKS Kemensos.

Bansos Lansia 2023

BLT PKH untuk lansia akan diberikan sebesar Rp2.4 juta per tahun dengan pencairan sebesar Rp600 ribu per tahap. Pencairan akan dilakukan sebanyak 4 kali, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Untuk dapat menerima bantuan BLT PKH untuk lansia, lansia yang belum pernah menerima bantuan ini sebaiknya segera mendaftarkan diri. Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun langsung dengan mendatangi dinas sosial, kelurahan, atau RT dan RW setempat.

Cara Daftar Bansos Lansia 2023

Cara daftar bantuan BLT PKH untuk lansia secara online dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan oleh Kemensos. Segera daftarkan diri Anda agar dapat menerima bantuan ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftarkan diri Anda atau keluarga agar mendapatkan bantuan Bansos Lansia 2023 ini.

Cara daftar BLT PKH untuk lansia secara online :

  • Persiapkan dokumen KK dan KTP yang akan digunakan untuk pendaftaran.
  • Unduh aplikasi Cek Bansos dari Play Store melalui link dibawah ini.
    Klik Download aplikasi yang sudah kami sediakan di bawah ini.

  • Setelah terbuka, klik pada tombol “Buat Akun Baru” untuk membuat akun baru.
  • Isi data diri dengan lengkap dan benar, pastikan nomor KK, NIK KTP, dan nama lengkap sesuai dengan yang tercantum pada KTP.
  • Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa dan alamat sesuai dengan KTP.
  • Lampirkan foto KTP dan swafoto dengan KTP.
  • Klik tombol “Buat Akun Baru” untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Tunggu hingga akun Anda diaktivasi oleh Kemensos melalui email yang diterima.
  • Buka email Anda untuk mengecek informasi penerimaan akun usul kelayakan Kemensos.
  • Setelah akun Anda berhasil diaktivasi, buka kembali aplikasi Cek Bansos dan login menggunakan akun yang telah dibuat.
  • Pilih menu “Daftar Usulan” untuk mengajukan permohonan BLT PKH untuk lansia.
  • Lengkapi data yang diminta dan unggah dokumen yang diperlukan.
  • Submit permohonan dan tunggu hingga diterima oleh Kemensos.
  • Pastikan anda membaca dengan seksama dan mengikuti setiap langkah dengan benar agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang kurang mampu. Salah satu bantuan yang diberikan dalam program PKH adalah BLT PKH untuk ibu hamil.

Untuk mendaftarkan diri atau mendaftarkan orang lain untuk menerima bantuan BLT PKH untuk ibu hamil, Anda dapat mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id. Pilih menu “Tambah Usulan” dan isi formulir yang tersedia dengan data yang benar dan lengkap.

Setelah mendaftar, calon penerima manfaat dapat mengecek status penerimaan bantuan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Apabila terdaftar sebagai penerima BLT PKH untuk ibu hamil, sistem akan menampilkan informasi penerima manfaat seperti jumlah bantuan yang akan diterima dan jadwal pencairan.

Program PKH sebagai salah satu program bantuan sosial yang dikelola Kemensos sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin. Oleh karena itu, segera daftarkan diri atau orang yang Anda anggap layak untuk menerima bantuan BLT PKH untuk ibu hamil.