PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang cara menulis surat pengantar. Jangan khawatir, kita akan mengupasnya dengan santai dan menggunakan bahasa Indonesia yang lebih informal. Jadi, kita bisa berinteraksi dengan nyaman dan tidak perlu kaku. Yuk, kita mulai!

Surat pengantar yang bagus memperkenalkan Anda, mencocokkan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan pekerjaan dengan apa yang Anda miliki, dan pada dasarnya mencakup semua yang tidak bisa dilakukan oleh resume. Jadi, tak perlu dikatakan lagi bahwa surat pengantar yang bagus dapat membawa Anda ke banyak tempat. Tapi bagaimana cara menulis surat yang efektif?

1. Lakukan riset terlebih dahulu Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran Anda, pelajari lebih lanjut tentang perusahaan, budayanya, dan tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini. . Ini akan memberi Anda wawasan tentang nada yang mungkin perlu Anda gunakan dalam surat itu, dan juga menentukan bagaimana peran Anda dalam menangani masalah ini. Selanjutnya, pelajari lebih lanjut tentang pekerjaan yang Anda inginkan. Ini dapat memberi Anda wawasan tentang bagaimana Anda akan menerapkan keterampilan dan keahlian Anda pada peran yang dicari perusahaan.

2. terbuka kuat – Saat Anda menulis surat lamaran, berikan pembukaan yang bagus, yang selalu menarik perhatian pembaca sekaligus memintanya untuk melanjutkan. Ini berlaku untuk hampir semua hal, baik itu surat lamaran, novel, atau acara TV. Dimulai dengan betapa menariknya pekerjaan itu dan betapa sempurnanya Anda untuk itu akan menjadi pembukaan yang hebat dan antusias yang pasti akan menarik minat seseorang.

3. Prioritas nilai pribadi – Buktikan bahwa Anda akan menjadi aset yang layak untuk diinvestasikan. Tekankan bagaimana keahlian, pengalaman, dan keterampilan Anda dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah terpanas di masyarakat saat ini yang juga umum terjadi di perusahaan. Bagikan pengalaman dan insiden terkait di mana Anda telah membantu memecahkan masalah serupa.

4. gairah – Gairah seringkali merupakan tanda pasti yang menyampaikan karakter. Selain itu, menunjukkan sikap seseorang terhadap peran pekerjaan dan terhadap kehidupan secara umum. Namun, hindari sanjungan yang dangkal dengan segala cara, karena ini akan membuat Anda terlihat tidak dewasa. Gunakan bahasa profesional dan buat poin yang valid tentang mengapa posisi khusus di perusahaan ini membuat Anda bersemangat.

5. Ejaan dan tata bahasa – Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa dalam surat Anda. Bahasa yang baik menunjukkan kepercayaan diri serta ketelitian, sekaligus menunjukkan perhatian terhadap detail.

6. pendek dan manis – Meskipun surat lamaran Anda biasanya dibuat di bawah satu halaman, lebih disarankan untuk membuatnya lebih pendek. Slogan panjang hanya membosankan pembaca dan dengan demikian menciptakan kesan negatif bahkan sebelum masuk ke resume.