PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai teman-teman! Sudahkah kalian pernah membaca sebuah tulisan yang begitu menarik dan membuat kalian ingin memberikan respons? Bagaimana caranya ya agar respons kita bisa tertulis dengan baik dan terkesan mengalir? Nah, di sini kita akan bahas tentang cara menulis respons membaca dengan gaya santai dan informal. Jadi, jangan khawatir kalau kita akan berinteraksi dengan gaya bahasa yang lebih akrab dan dekat, ya! Yuk, simak tips-tipsnya bersama-sama!

Apa jawaban bacaannya?

Respon membaca adalah tugas yang meminta Anda untuk memeriksa, menjelaskan, dan mempertahankan tanggapan pribadi Anda terhadap sebuah karya sastra. Banyak siswa merasa kesulitan untuk menulis tanggapan bacaan karena tanggung jawab ada pada penulis jawaban untuk memberikan makna pada teks. Meskipun tugas respons membaca mungkin tampak sedikit kabur atau terbuka, Anda dapat menulis respons yang berhasil dengan mengikuti format esai standar. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis respon membaca, respon membaca yang baik.

Cara menulis respons membaca

Baca teks dengan hati-hati

Penting untuk membaca teks secara lengkap dan hati-hati sebelum Anda mulai menulis respons bacaan. Luangkan waktu untuk memikirkan tentang bagaimana teks tersebut memengaruhi perasaan Anda. Buat catatan agar Anda tidak melupakan jawaban ini nanti. Sorot atau sorot bagian penting dari teks atau catat nomor halamannya.

Pikirkan baik-baik

Jangan langsung menulis jawaban setelah membaca. Luangkan waktu untuk berpikir dengan hati-hati tentang keseluruhan teks dan bagaimana perasaan Anda. Ambil catatan

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda suka atau tidak suka teks?
  • Apakah Anda setuju atau tidak setuju dengan penulis?
  • Apakah teks bertentangan dengan pandangan pribadi Anda?
  • Bagaimana teks tersebut berhubungan dengan Anda secara pribadi?
  • Sejauh mana teks ini menantang atau mengubah pendapat atau keyakinan Anda?
  • Apakah Anda belajar sesuatu dari teks? Jika ya, apa yang Anda pelajari?
  • Apa reaksi umum Anda terhadap teks tersebut?

Buat draf

Tentukan posisi Anda

Esai yang baik selalu memiliki argumen utama atau pernyataan tesis yang jelas. Jika guru Anda mengajukan pertanyaan sentral tertentu, pernyataan tesis mungkin terkait dengan pertanyaan itu. Jika tidak, argumen utama Anda harus didasarkan pada pemahaman teks secara umum.

Buat garis besar

Jika Anda diberi batas kata atau halaman, Anda mungkin perlu sangat berhati-hati dengan struktur makalah Anda. Tanggapan pembaca umumnya berupa esai,

Format/struktur respons pembaca

Mulailah pengantar Anda dengan nama penulis dan judul lengkap karya tersebut. Berikan deskripsi singkat tentang teks dan jelaskan tentang apa itu. Tapi, jangan mencoba meringkas ceritanya. Kemudian, jelaskan argumen utama Anda.

Bagilah konten Anda menjadi beberapa poin dan bahas setiap poin dalam paragraf yang berbeda. Jumlah paragraf teks dalam artikel sebenarnya bisa bergantung pada isi tanggapan pembaca Anda. Anda dapat menggunakan pertanyaan yang telah Anda ulas untuk memisahkan paragraf ini.

Ketika Anda menulis tentang bacaan Anda, jangan hanya menjelaskan bagaimana perasaan Anda tentang teks tersebut—analisa mengapa Anda merasa seperti itu. Berikan contoh dari teks dan kehidupan nyata Anda. Anda juga dapat menggunakan kutipan dalam teks untuk membuat jawaban Anda lebih relevan.

Di bagian ini, rangkum argumen yang telah Anda buat sejauh ini dan hubungkan dengan pernyataan tesis atau argumen utama Anda. Kesimpulannya bisa berupa paragraf pendek.

benar

Baca jawaban Anda beberapa kali dan pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.