PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 23, 2024

Daftar Bantuan Pemerintah RI 2023 – Pemerintah saat ini telah mengeluarkan berbagai jenis bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan sosial ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa bantuan sosial yang ditawarkan pemerintah tahun ini dan menjelaskan masing-masing bantuan sosial tersebut.

Daftar Bantuan Pemerintah Cair Tahun 2023

Berikut daftar bantuan pemerintah yang digelontorkan tahun 2023 ini :

1. Bantuan Sosial Kesejahteraan Sosial (BSKS)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak memiliki sumber penghasilan atau sumber penghasilan yang rendah. Bantuan ini diberikan setiap bulan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu membeli pangan. Bantuan ini diberikan setiap bulan sebesar Rp. 150.000 per keluarga.

3. Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi (BSPE)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

4. Bantuan Sosial Pendidikan (BSd)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang kesulitan dalam menyekolahkan anak-anaknya. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

5. Bantuan Sosial Kesehatan (BSK)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang kesulitan dalam membayar biaya kesehatan. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

6. Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga (BSKK)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang sakit atau cacat. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

7. Bantuan Sosial Penyandang Disabilitas (BSPD)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang mengalami disabilitas. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

8. Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi Daerah Tertinggal (BSPEDT)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal dan mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

9. Bantuan Sosial Kesejahteraan Rakyat (BSKR)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang berusia di atas 60 tahun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

10. Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga Pekerja (BSKKP)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang bekerja di sektor informal dan mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Cara Mengecek Program Bantuan Sosial Pemerintah

Cara mengecek Program Bansos Mellaui Website

langkah dan cara cek Daftar Penerima Bantuan Sosial 2023 secara online adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke website resmi Cekbansos.kemensos.go.id.
  • Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kabupaten dan Kota/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  • Masukkan nama Anda sesuai dengan nama di KTP.
  • Tulis kode verifikasi 4 huruf pipih di kolom putih sesuai petunjuk, jika kode huruf kurang jelas silahkan klik icon untuk mendapatkan kode huruf baru.
  • Klik tombol CARI DATA
  • Sistem Verifikasi Bansos Kemensos akan mencari nama PM (Penerima Manfaat) sesuai dengan wilayah yang dimasukan.

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul nama penerima, wilayah, umur, jenis bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT dan BLT BBM).

Selain itu, pada kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT dan BLT BBM terdapat informasi Status (YA), Uraian (Proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia) dan Periode.

Cara Mengecek Program Bansos Melalui Aplikasi

Pengecekan apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima bantuan sosial seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dapat dilakukan secara online. Salah satu cara yang cepat dan mudah adalah melalui aplikasi cek bansos buatan Kementerian Sosial.

Berikut cara daftar dan cek nama penerima BLT dan BSU di aplikasi cek bansos:

  • Pertama, silahkan unduh/unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store kemudian buka setelah berhasil diunduh.
  • Di halaman beranda, silakan klik Buat Akun Baru. Silahkan isi data yang diminta mulai dari NIK, nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP.
  • Unggah foto KTP dan foto Selfie dengan KTP dengan kualitas jernih dan jelas. Jika sudah, silahkan klik Create New Account.
  • Registrasi akun akan direview kurang lebih 1 -3 hari kerja untuk validasi, pastikan cek email secara berkala.
  • Setelah akun berhasil diaktifkan, silahkan buka kembali aplikasi dan klik profil di pojok kanan atas.
  • Kemudian klik Tambah Proposal untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM. Silahkan isi data lengkap calon penerima BBM BLT sesuai KTP beserta foto KTP dan foto rumah.
  • Terakhir, silahkan klik Tambah Proposal di bagian bawah.

Itu adalah beberapa bantuan sosial yang ditawarkan oleh pemerintah tahun ini. Setiap bantuan sosial memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda, sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat memilih bantuan yang sesuai dengan kebutuhannya. Namun, perlu diingat bahwa syarat dan ketentuan penerimaan bantuan sosial ini dapat berubah setiap tahun dan ditentukan oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek informasi terkini dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebelum mendaftar untuk bantuan sosial.