PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Daftar Bantuan Pemerintah RI 2023 – Pemerintah saat ini telah mengeluarkan berbagai jenis bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan sosial ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa bantuan sosial yang ditawarkan pemerintah tahun ini dan menjelaskan masing-masing bantuan sosial tersebut.

Daftar Bantuan Pemerintah Cair Tahun 2023

Berikut daftar bantuan pemerintah yang digelontorkan tahun 2023 ini :

1. Bantuan Sosial Kesejahteraan Sosial (BSKS)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak memiliki sumber penghasilan atau sumber penghasilan yang rendah. Bantuan ini diberikan setiap bulan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Untuk informasi pengecekan, cara daftar dan pengajuan Bantuan Sosial Kesejahteraan Sosial (BSKS) lebih lanjut, klik disini.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu membeli pangan. Bantuan ini diberikan setiap bulan sebesar Rp. 150.000 per keluarga.

Untuk informasi pengecekan, cara daftar dan pengajuan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lebih lanjut, klik disini.

3. Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi (BSPE)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Untuk informasi pengecekan, cara daftar dan pengajuan Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi (BSPE) lebih lanjut, klik disini.

4. Bantuan Sosial Pendidikan (BSd)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang kesulitan dalam menyekolahkan anak-anaknya. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Untuk informasi pengecekan, cara daftar dan pengajuan Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi (BSPE) lebih lanjut, klik disini.

5. Bantuan Sosial Kesehatan (BSK)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang kesulitan dalam membayar biaya kesehatan. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Untuk informasi pengecekan, cara daftar dan pengajuan Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi (BSPE) lebih lanjut, klik disini.

6. Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga (BSKK)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang sakit atau cacat. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

7. Bantuan Sosial Penyandang Disabilitas (BSPD)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang mengalami disabilitas. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

8. Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi Daerah Tertinggal (BSPEDT)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal dan mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

9. Bantuan Sosial Kesejahteraan Rakyat (BSKR)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang berusia di atas 60 tahun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

10. Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga Pekerja (BSKKP)

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang bekerja di sektor informal dan mengalami kerugian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Bantuan ini diberikan sebesar Rp. 600.000 per keluarga.

Itu adalah beberapa bantuan sosial yang ditawarkan oleh pemerintah tahun ini. Setiap bantuan sosial memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda, sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat memilih bantuan yang sesuai dengan kebutuhannya. Namun, perlu diingat bahwa syarat dan ketentuan penerimaan bantuan sosial ini dapat berubah setiap tahun dan ditentukan oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek informasi terkini dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebelum mendaftar untuk bantuan sosial.