PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara mengevaluasi hasil belajar siswa. Pasti sering kita dengar kan, istilah evaluasi itu? Nah, evaluasi ini tuh penting banget buat kita sebagai guru atau pendidik. Jadi, evaluasi ini nggak hanya sekadar ngasih nilai aja, tapi juga untuk ngukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Yuk, kita simak bersama-sama cara-cara mengevaluasi hasil belajar siswa yang bisa kita terapkan di kelas nanti.

Bagaimana mengevaluasi hasil belajar siswa merupakan pertanyaan yang harus dijawab dengan baik. Penilaian hasil belajar tergantung dari jenis belajar siswa. Misalnya, penilaian pembelajaran siswa di universitas dan sama di pelatihan kejuruan bisa sangat berbeda. Dalam kasus pertama, siswa diharapkan mengikuti ujian atau bahkan melakukan penelitian tentang topik terkait. Namun, siswa pada kursus pelatihan diharapkan untuk menunjukkan keterampilan mereka dengan melakukan sesi penilaian praktis. Oleh karena itu, jelaslah bahwa penilaian pengetahuan dari suatu disiplin ilmu tertentu dan penilaian pengetahuan dalam kaitannya dengan pembelajaran berbasis keterampilan menempuh dua jalur yang berbeda. Ada juga kriteria yang menilai standar umum proses pembelajaran dan standar yang terkait dengan pengetahuan dan keterampilan individu siswa. Tindakan ini masing-masing dikenal sebagai tindakan tidak langsung dan langsung.

Penilaian hasil belajar siswa: contoh jenis penilaian

Post-test/pemeriksaan (lisan, tertulis), penugasan berdasarkan pemahaman teori (laporan studi kasus), pengamatan tugas yang diberikan (operasi laboratorium, melakukan prosedur bedah dalam kedokteran), penilaian penjelasan/penalaran teori siswa ( presentasi, demonstrasi kreatif), penulisan tesis, merancang model inovatif berdasarkan pemahaman teoritis dapat dianggap sebagai contoh metode evaluasi dalam pembelajaran. Sekali lagi, perlu diingat bahwa jenis penilaian berbeda dalam kaitannya dengan kategori pembelajaran, teori, keterampilan praktis, dll.

Pengukuran tidak langsung dan langsung untuk mengevaluasi hasil belajar siswa

Pengukuran hasil belajar secara tidak langsung mempertimbangkan keefektifan suatu proses pembelajaran secara keseluruhan, termasuk penerapannya di dunia kerja. Ini juga memperhitungkan rincian statistik lulusan, prospek karir yang tersedia bagi siswa, jumlah makalah penelitian yang diterbitkan setiap tahun, tingkat retensi dan kelulusan, dan peluang pascasarjana yang mengarah ke kursus. Langkah-langkah ini penting untuk mengevaluasi hasil kuantitatif dan kualitatif dari suatu proses pembelajaran yang dialami oleh sekelompok peserta didik dalam suatu lembaga. Namun, pengukuran tidak langsung tidak menilai pembelajaran khusus siswa dan tugas yang dapat mereka lakukan sebagai hasilnya.

Pengukuran langsung, di sisi lain, menilai pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh siswa dalam suatu kursus. Collegiate Learning Assessment (CLA) adalah salah satu tes standar yang digunakan di Amerika Serikat dan termasuk dalam kategori pengukuran langsung ini. PKB dirancang untuk mengukur pemikiran kritis, penalaran analitis, pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi tertulis. Pembuat tes menggambarkan fokus penilaian dalam PKB sebagai “hasil kolektif dan kumulatif dari apa yang terjadi atau tidak terjadi di dalam dan di luar kelas selama empat sampai enam tahun studi sarjana.” Oleh karena itu, jelas bahwa tujuan tes ini bukan untuk menilai pengetahuan mata pelajaran dalam setiap program gelar. Sedangkan angket konsep gaya merupakan tes yang disiapkan untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap pemecahan masalah dalam bidang fisika.

Singkatnya, ada berbagai metode pengujian dalam pendidikan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Mereka bervariasi tergantung pada bagaimana siswa belajar. Pengukuran tidak langsung dan langsung adalah dua mekanisme utama yang digunakan di bidang pendidikan untuk mengevaluasi standar dan statistik yang terkait dengan proses pembelajaran dan pengetahuan serta keterampilan siswa.