PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai kamu! Kita seringkali baca tapi nggak paham apa yang kita baca, kan? Nah, kali ini kita mau ngobrolin tentang bagaimana cara memahami apa yang kita baca dengan lebih baik. Gak perlu khawatir, di sini kita akan bahas dengan bahasa yang santai dan gampang dipahami. Jadi, siap-siap ya buat ngerasain bacaan yang nggak cuma bikin ngantuk tapi juga bikin paham! Yuk, simak tips-tipsnya di paragraf berikutnya.

Membaca adalah salah satu metode utama yang kita gunakan untuk memperoleh pengetahuan. Kita membaca banyak hal berbeda setiap hari – poster, papan nama, surat kabar, selebaran, halaman web, postingan media sosial, pesan teks, novel, puisi, dll. Terkadang kita menggunakan keterampilan membaca kita bahkan tanpa berpikir. Misalnya, kita tidak secara sadar mencoba membaca papan nama atau pesan teks di ponsel kita. Tapi, Anda mampu memahami informasi yang disajikan dalam teks-teks tersebut. Namun, ada kalanya Anda selesai membaca buku dan tidak tahu apa yang sedang Anda baca. Baca artikel ini untuk mempelajari cara menghindari perangkap ini dan mempelajari cara memahami apa yang Anda baca.

Bagaimana memahami apa yang Anda baca

Sebelum membaca:

  1. Pahami jenis buku yang Anda baca

Sebelum Anda mulai membaca buku, luangkan waktu untuk memahami jenis buku itu. Apakah ini sebuah novel? Buku pelajaran? Atau buku agama? Jika itu adalah buku teks, akan sangat membantu untuk mengetahui disiplin mana yang dianutnya (sains, filsafat, keuangan, dll.). Anda dapat mengetahui informasi ini dengan memindai sampul buku. Memiliki latar belakang pengetahuan tentang subjek selalu membantu.

Selanjutnya, periksa format bukunya. Ada abstraknya? Berapa banyak musim yang dimilikinya? Jika Anda mencari informasi, Anda dapat memindai halaman konten dan memilih bab tertentu yang berisi informasi spesifik yang Anda inginkan.

  1. Ketahui apa tujuan Anda

Sebelum membaca, Anda harus selalu menentukan mengapa Anda membaca buku itu. Apakah Anda membacanya untuk kesenangan, untuk belajar, atau hanya untuk mendapatkan ide tentang konsep baru?

Mengetahui tujuan Anda memberi Anda tujuan atau fokus. Ini akan membantu Anda memutuskan strategi apa yang akan digunakan. Misalnya, jika Anda membaca untuk kesenangan, tidak perlu mencatat.

Saat membaca:

  1. Baca lebih dari sekali

Pertama-tama Anda dapat membaca sekilas artikel tersebut untuk mendapatkan gambaran umum tentang konten tersebut. Perhatikan kata, frasa, dan kalimat yang tidak Anda mengerti. Setelah Anda mendapatkan gambaran umum tentang teks tersebut, carilah arti kata dan frasa yang tidak Anda ketahui. Kemudian, Anda dapat membaca kembali teks tersebut, dengan lebih lambat dan hati-hati.

  1. Pecah dan atur kalimat panjang

Terkadang, Anda menemukan kalimat panjang yang tidak masuk akal. Bahkan jika Anda memahami semua kata dalam kalimat, mungkin sulit bagi Anda untuk memahami artinya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat dengan hati-hati memecah kalimat panjang menjadi kalimat pendek.

  1. Bacalah dengan keras

Beberapa pembaca merasa lebih mudah untuk fokus ketika mereka membaca kata-kata dengan lantang. Ini akan membantu Anda membaca dengan kecepatan tetap. Ini juga dapat mencegah penumpahan terlalu cepat. Membaca teks juga dapat membuat teks menjadi lebih dramatis, terutama jika Anda merasa itu membosankan.

  1. Sorot teks

Jangan takut untuk menonjolkan konsep dan ide utama atau menggarisbawahi konsep yang menarik. (kecuali jika Anda menggunakan buku orang lain). Anda juga dapat menulis pertanyaan di margin.

Tapi jangan menggarisbawahi atau menyorot bagian acak karena menurut Anda itu penting. Hal ini membuat Anda membaca lebih sulit.

  1. Ambil catatan

Mencatat adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda memahami teks dengan benar. Di akhir setiap bagian, Anda dapat menulis ringkasan singkat. Jika buku itu terlalu sulit bagi Anda, tulislah beberapa kalimat ringkasan di akhir setiap halaman. Ini akan membantu Anda lebih fokus. Anda juga dapat kembali ke halaman yang telah Anda baca untuk mengingat apa yang telah Anda baca sejauh ini.

Setelah membaca:

8. Ringkas

Setelah Anda selesai membaca teks, Anda dapat membuat ringkasan dari keseluruhan teks. Ringkasan bab dan ringkasan halaman yang telah Anda buat membuatnya lebih mudah.

9. Ulasan

Anda juga bisa menulis review dari buku yang Anda baca. Jika bukunya fiksi, Anda dapat mengomentari plot, karakterisasi, perangkat sastra, dll. Anda juga dapat menulis apa yang Anda suka dan tidak suka. Jika Anda membaca teks akademik (buku teks, makalah penelitian, esai, dll.), Anda dapat mengkritisi teori, metodologi yang digunakan. Ini akan meningkatkan keterampilan berpikir kritis Anda.

Hasil

Membaca tidak pernah mudah. Itu selalu membutuhkan perhatian dan konsentrasi yang cermat. Membaca sekilas teks demi membaca tidak akan pernah membantu Anda memahami teks dengan benar dan mempelajari informasi baru. Mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas akan membantu Anda memahami apa yang Anda baca.

Kredit gambar: Pixbay