PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah bingung nggak sih antara tesis dan makalah penelitian? Gue juga pernah! Tapi tenang, kita bisa bahas bareng-bareng di sini. Sebelumnya, gue mau kasih tahu nih, antara tesis dan makalah penelitian itu ada perbedaannya loh. Jadi, jangan sampai kebingungan terus ya. Yuk, kita bahas bareng-bareng supaya nggak bingung lagi!

ini Perbedaan utama antara tesis dan makalah penelitian Artinya, tesis adalah makalah akademis panjang yang biasanya berfungsi sebagai tugas akhir untuk gelar sarjana, sedangkan makalah penelitian adalah karya tulis akademik tentang topik tertentu.

Singkatnya, baik tesis maupun makalah penelitian adalah jenis tulisan akademik yang harus diselesaikan mahasiswa dalam kehidupan akademiknya. Meskipun ada banyak kesamaan di antara keduanya, termasuk penggunaan penulisan dan struktur akademik, keduanya tidaklah sama.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu tesis?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu makalah penelitian?
– Definisi, karakteristik
3. Perbedaan antara tesis dan makalah penelitian
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Disertasi, makalah penelitian

Apa itu tesis?

Tesis adalah makalah panjang yang biasanya berfungsi sebagai tugas akhir untuk gelar universitas. Disertasi umumnya diperlukan untuk menyelesaikan gelar master, master dan doktor. Disertasi sangat panjang dan mungkin berisi ratusan halaman. Mereka juga bersifat ilmiah dan memungkinkan siswa untuk melakukan penelitian yang berharga di bidang studi mereka.

Selain itu, bagian utama dari pekerjaan tesis terdiri dari penelitian dan penulisan. Secara umum, ia memiliki desain dan analisis penelitian lanjutan. Saat menulis tesis, mahasiswa harus membuktikan atau menyangkal hipotesis, dan kesimpulan mereka harus didukung oleh penelitian ekstensif dan deskripsi informasi dan pembelajaran tentang bagaimana mereka sampai pada kesimpulan itu. Di beberapa program studi, mahasiswa harus melakukan pembelaan lisan terhadap makalah tesis di depan sekelompok pakar.

Komponen disertasi

Ini adalah komponen yang biasanya Anda temukan dalam makalah tesis.

  • Judul Halaman
  • Ringkasan
  • Daftar isi
  • Daftar Gambar
  • Daftar tabel
  • Perkenalan
  • Bahan dan metode
  • Hasil
  • Membahas
  • Kesimpulan
  • rekomendasi
  • terima kasih
  • Referensi
  • Lampiran

Apa itu makalah penelitian?

Makalah penelitian adalah jenis tulisan akademik yang mencakup penelitian, evaluasi sumber, pemikiran kritis, organisasi, dan komposisi. Selain itu, melalui makalah penelitian, siswa dapat mengeksplorasi, menafsirkan, dan mengevaluasi sumber yang terkait dengan topik tertentu. Padahal, sumber primer dan sekunder merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah makalah penelitian. Tetapi penting untuk dicatat bahwa makalah penelitian bukan hanya ringkasan topik menggunakan sumber primer dan sekunder. Ini bukan sekadar opini atau esai penjelasan yang berisi pendapat dan pandangan penulis. Makalah penelitian adalah jenis tulisan yang perlu mengevaluasi berbagai sumber dan menafsirkan informasi dari sumber-sumber ini melalui kacamatanya sendiri. Selain itu, tujuan utama dari jenis tulisan ini adalah untuk memberikan perspektif unik tentang suatu topik dengan menganalisis dan mengevaluasi apa yang telah dikatakan orang lain tentang topik tersebut.

Selain itu, ada berbagai jenis makalah penelitian. Makalah penelitian argumentatif dan makalah penelitian analitik adalah dua jenis utama makalah penelitian.

Perbedaan antara tesis dan makalah penelitian

Definisi

Disertasi atau tesis adalah makalah akademik panjang yang biasanya berfungsi sebagai proyek akhir untuk gelar akademik, sedangkan makalah penelitian adalah jenis tulisan akademik yang mencakup penelitian, evaluasi sumber, pemikiran kritis, organisasi, dan sintesis.

Dalam konteks akademik

Dalam konteks akademik, mahasiswa mungkin diminta untuk menulis makalah penelitian untuk tugas dan tugas, tetapi tesis biasanya merupakan tugas akhir.

panjangnya

Tesis lebih panjang dari makalah penelitian. Padahal, menyelesaikan skripsi bisa memakan waktu beberapa bulan bahkan bertahun-tahun.

Pengawasan

Disertasi ditulis di bawah pengawasan satu atau lebih pengawas, sedangkan makalah penelitian biasanya tidak memiliki pengawas.

Target

Siswa harus menyelesaikan tesis untuk menyelesaikan gelar mereka, sementara siswa menulis makalah penelitian untuk memperluas pengetahuan mereka.

Hasil

Singkatnya, perbedaan utama antara tesis dan makalah penelitian adalah bahwa tesis adalah makalah penelitian panjang yang biasanya berfungsi sebagai tugas akhir untuk gelar akademik, sedangkan makalah penelitian adalah karya tulis akademis tentang suatu topik. Selain itu, dalam konteks akademik, siswa mungkin diminta untuk menulis makalah penelitian untuk tugas dan tugas. Tapi tesis biasanya tugas akhir.

Referensi:

1. Stott, Martin. “Bagaimana menulis tesismu.” Universitas Columbia.
2. “Artikel genre dan penelitian”. Lab Menulis Purdue

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Makalah Penelitian” (CC BY-SA 3.0) oleh Nick Youngson melalui Gambar Stok Alpha