PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita mau bahas tentang perbedaan antara taman kanak-kanak dan prasekolah. Mungkin ada yang udah tahu, tapi ada juga yang masih bingung, kan? Jadi, taman kanak-kanak dan prasekolah sebenarnya adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menyebut lembaga pendidikan anak usia dini. Namun, sebenarnya ada perbedaan kecil di antara keduanya. Yuk, kita simak lebih lanjut!

ini Perbedaan utama Fungsi utama mereka adalah antara taman kanak-kanak dan prasekolah. Taman kanak-kanak fokus pada pengasuhan anak sementara orang tua bekerja, sementara prasekolah fokus pada mengajar anak-anak melalui permainan..

Jika Anda adalah orang tua yang bekerja dengan anak di bawah usia sekolah, penitipan anak dan prasekolah adalah dua pilihan penitipan anak yang aman untuk Anda. Sebelum Anda memutuskan opsi mana yang akan dipilih, penting untuk memahami perbedaan antara taman kanak-kanak dan prasekolah.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu taman kanak-kanak?
– Usia, fokus, manfaat
2. Apa itu prasekolah?
– Usia, konsentrasi, aktivitas
3. Apa perbedaan TK dan PAUD?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

TK, prasekolah, anak-anak

Apa itu taman kanak-kanak?

Taman kanak-kanak merupakan tempat yang menyediakan jasa penitipan anak. Mereka terutama melayani orang tua yang bekerja dan membiarkan mereka meninggalkan anak-anak mereka di lingkungan yang aman saat mereka sedang bekerja. Pekerja penitipan anak fokus pada merawat anak-anak, memberi mereka makan, menidurkan mereka, dan membuat mereka bermain dengan anak-anak lain. Taman kanak-kanak terbuka untuk bayi, balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.

Taman kanak-kanak sering memiliki jam kerja yang fleksibel – mereka buka lebih awal dan tutup nanti. Jika Anda adalah orang tua yang bekerja, Anda dapat menurunkan bayi atau balita Anda di tempat penitipan anak dalam perjalanan ke tempat kerja. Jika anak Anda sudah lebih besar dan bersekolah, ia dapat tinggal di tempat penitipan anak sepulang sekolah sampai Anda pulang kerja. Taman kanak-kanak biasanya buka sepanjang tahun. Mereka tidak tutup untuk liburan sekolah.

Penitipan anak memiliki banyak manfaat – yang utama adalah kenyamanan. Karena pusat penitipan anak menerima anak-anak dari berbagai usia, anak Anda akan memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan anak yang lebih tua dan lebih muda. Selain itu, menghabiskan waktu di tempat penitipan anak membiasakan anak Anda dengan rutinitas dan jadwal serta memberikan transisi yang lebih mulus ke tempat penitipan anak dan sekolah.

Apa itu prasekolah?

Prasekolah adalah pilihan penitipan anak dan pendidikan untuk anak berusia 3-5 tahun sebelum mereka mulai bersekolah. Tujuan utama prasekolah adalah untuk mendidik anak-anak melalui permainan, daripada merawat mereka saat orang tua sedang bekerja. Mereka fokus pada perkembangan anak dan meletakkan dasar untuk tahun-tahun sekolah. Taman kanak-kanak dan sekolah bermain adalah dua nama populer lainnya untuk prasekolah.

Prasekolah memiliki jam lebih pendek dari taman kanak-kanak, biasanya di pagi hari. Tetapi beberapa prasekolah mungkin juga menawarkan hari penuh. Selain itu, prasekolah mengikuti jadwal yang sama dengan sekolah dan tutup pada hari libur.

Prasekolah umumnya menerima anak-anak antara usia 3 dan 5 tahun. Misalnya, anak usia 3 tahun di satu kelas, dan anak usia 4 tahun di kelas lain. Oleh karena itu, prasekolah memberikan kesempatan kepada anak untuk bersosialisasi dengan anak seusianya. Anak-anak belajar berbagai keterampilan melalui prasekolah – misalnya, bersosialisasi, memecahkan masalah, mengomunikasikan kebutuhan dan ide mereka, dll. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak di prasekolah antara lain melukis, menggambar, bermain dengan balok, memecahkan teka-teki, menyanyi, menari, mendengarkan cerita, dan bermain dengan tanah liat.

Perbedaan antara TK dan prasekolah

Definisi

Taman kanak-kanak adalah fasilitas penitipan anak yang melayani orang tua yang bekerja dan memungkinkan mereka meninggalkan anak-anak mereka di lingkungan yang aman saat mereka bekerja. Prasekolah, di sisi lain, adalah pilihan penitipan anak dan pendidikan untuk anak kecil usia 3 hingga 5 tahun, sebelum mereka mulai bersekolah.

Fokus

Sementara pembibitan fokus pada merawat anak-anak sementara orang tua bekerja, prasekolah fokus pada mengajar anak-anak melalui permainan.

kegiatan

Pekerja penitipan anak merawat anak-anak, memberi mereka makan, menidurkan mereka dan membuat mereka bermain dengan anak-anak lain. Di prasekolah, anak-anak melakukan berbagai kegiatan belajar yang menyenangkan.

usia

Taman kanak-kanak terbuka untuk bayi, balita, anak prasekolah, serta anak usia sekolah, sedangkan prasekolah biasanya menerima anak antara usia 3 dan 5 tahun.

Jam

Taman kanak-kanak memiliki jam kerja yang panjang (dari pagi hingga malam) sedangkan prasekolah biasanya setengah hari.

Liburan

Selain itu, taman kanak-kanak buka selama liburan sekolah, tetapi prasekolah tutup selama liburan sekolah.

Hasil

Taman kanak-kanak fokus pada pengasuhan anak sementara orang tua bekerja, sementara prasekolah fokus pada mengajar anak-anak melalui permainan, bukan hanya menjaga mereka. Selain itu, pembibitan terbuka untuk bayi, balita, anak prasekolah, serta anak usia sekolah, sedangkan prasekolah biasanya menerima anak usia 3 hingga 5 tahun. Jadi, inilah perbedaan antara TK dan Prasekolah.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Foto Bayi Laki-Laki Gratis” (CC0) melalui Needpix
2. “2204239” (CC0) melalui Pixabay