PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah dengar istilah sumber primer dan sekunder? Yup, mereka adalah dua hal yang sering kita temui ketika mencari informasi atau melakukan penelitian. Tapi, apa sih sebenarnya perbedaan di antara keduanya? Nah, kali ini kita akan bahas tentang hal itu secara santai dan nggak ribet. Jadi, siap-siap buat ikutan ngobrol bareng yuk!

ini Perbedaan utama antara sumber primer dan sekunder Artinya, sumber primer adalah informasi mentah atau bukti langsung yang Anda kumpulkan dalam penelitian, sedangkan sumber sekunder adalah sumber yang menafsirkan atau menganalisis informasi dari sumber primer.

Sumber primer dan sekunder penting dalam studi penelitian. Sumber primer adalah fokus utama analisis, sedangkan sumber sekunder melibatkan interpretasi atau analisis orang lain terhadap informasi dalam sumber primer. Misalnya, ketika melakukan studi penelitian tentang Perang Dunia I, catatan harian seorang jenderal militer dapat dianggap sebagai sumber utama, sedangkan buku yang ditulis tentang Perang Dunia I oleh seorang profesor dapat dianggap sebagai sumber sekunder.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa yang dimaksud dengan sumber primer?
– Definisi, sifat, contoh
2. Apa yang dimaksud dengan sumber sekunder?
– Definisi, sifat, contoh
3. Perbedaan antara sumber primer dan sekunder
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Sumber primer, sumber sekunder

Apa itu sumber primer?

Sumber primer adalah data mentah atau bukti langsung yang Anda kumpulkan dalam penelitian. Dalam studi penelitian apa pun, itu adalah sumber utama yang memberi Anda bukti langsung tentang peristiwa atau fenomena yang Anda teliti. Itu bisa berupa transkrip wawancara, hasil survei, dokumen resmi, karya seni atau data statistik. Ini bisa berupa data kuantitatif atau kualitatif. Mereka biasanya menjadi target utama analisis. Misalnya, jika Anda meneliti bahasa Shakespeare, karya sastra yang ditulis oleh Shakespeare adalah sumber utama Anda. Demikian pula, jika Anda meneliti penyebaran penyakit tertentu, sumber utama Anda mungkin termasuk data statistik medis, wawancara dengan pejabat medis dan pasien, laporan laboratorium, dll.

Jika Anda sedang meneliti peristiwa sejarah, Anda mungkin tidak dapat mengakses bukti langsung karena orang yang terkait dengannya sudah tidak hidup lagi. Tetapi Anda dapat menggunakan sumber yang dibuat oleh saksi pada saat itu – misalnya foto, rekaman video, surat, buku harian, dan laporan surat kabar pada saat kejadian.

Apa itu sumber sekunder?

Sumber sekunder adalah sumber yang menafsirkan atau menganalisis informasi dari sumber primer. Oleh karena itu, mereka terkait erat dengan sumber primer. Sumber-sumber ini sering menggambarkan, menggeneralisasi, dan mensintesis sumber-sumber primer. Contohnya adalah artikel jurnal, buku referensi, buku teks, ensiklopedia, dokumenter, dan makalah akademis. Selain itu, rangkuman, deskripsi, atau ulasan karya seni juga merupakan contoh sumber sekunder.

Ketika kami mengutip sumber sekunder dalam sebuah studi penelitian, kami biasanya tidak menganalisisnya secara langsung. Tapi kami menggunakannya untuk mendukung argumen kami, merumuskan teori baru, atau membantah informasi yang ada di lapangan. Dengan kata lain, kami mengembangkan teori atau argumen kami tentang sumber primer menggunakan sumber sekunder. Sumber sekunder membantu kami mengumpulkan informasi dan menarik kesimpulan tentang sumber primer.

Perbedaan antara sumber primer dan sekunder

Definisi

Sumber primer adalah informasi mentah atau bukti langsung yang Anda kumpulkan dalam penelitian, sedangkan sumber sekunder adalah sumber yang menafsirkan atau menganalisis informasi dari sumber primer.

Informasi

Sementara sumber primer memberi kita informasi langsung dan tangan pertama, sumber sekunder adalah interpretasi orang lain terhadap informasi ini.

Fungsi

Sumber primer merupakan objek analisis utama dalam suatu kajian penelitian, sedangkan sumber sekunder mendeskripsikan, menginterpretasikan, menggeneralisasikan, atau menyintesiskan sumber primer.

objektivitas

Terkadang, sumber primer bisa bersifat subyektif dan pribadi, karena kisah seseorang tentang suatu kejadian dapat diwarnai oleh perspektif dan pengalaman mereka sendiri. Namun, sumber sekunder cenderung lebih objektif.

Contoh

Transkrip wawancara, hasil survei, dokumen resmi, karya seni, foto, rekaman video, dan buku harian adalah contoh sumber primer, sedangkan artikel jurnal, buku referensi, buku teks, ensiklopedia, dokumenter, dan makalah akademik adalah contoh sumber sekunder. .

Hasil

Perbedaan utama antara sumber primer dan sekunder adalah bahwa sumber primer adalah informasi mentah atau bukti langsung yang Anda kumpulkan dalam penelitian, sedangkan sumber sekunder adalah sumber yang menginterpretasikan atau menganalisis informasi dari sumber primer. Sumber primer dan sekunder penting dalam studi penelitian.

Referensi:

1. “Apa itu sumber primer?” Situs seluler Perpustakaan UCI.
2. Streifkerk, Raimo. “Sumber Primer dan Sekunder: Diilustrasikan dengan Contoh Mudah.” Scribbr, 26 Maret 2021.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Sumber Utama” Oleh Shonnmharen – Pekerjaan sendiri (CC BY 4.0) melalui Wikimedia Commons
2. “Sumber sekunder” Oleh Shonnmharen – Pekerjaan sendiri (CC BY 4.0) melalui Wikimedia Commons